Sponsors Link

18 Manfaat Kulit Lemon untuk Kesehatan – Kecantikan – Kehidupan Sehari-hari

Sponsors Link

Lemon merupakan salah satu jenis jeruk yang memiliki warna kuning cerah dan sangat mencolok. Rasa dari lemon ini sangat asam dan biasanya lebih banyak digunakan sebagai bahan campuran minuman atau sebagai hiasan dari berbagai jenis makanan dan minuman di dalam dunia tata boga. Pohon lemon yang memiliki nama latin citrus lemon sama halnya dengan pohon jeruk pada umumnya dengan ketinggian yang bisa mencapai 6 meter. Pohon lemon biasanya ditanam di daerah yang iklimnya hangat dan cukup dingin. Manfaat dari buah lemon ini cukup banyak bagi kesehatan karena mengandung vitamin C tinggi.

Namun bukan hanya buahnya saja ternyata yang bisa dimanfaatkan dan baik bagi kesehatan, kulit lemon pun memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk kehidupan sehari-hari. Jadi jika anda makan jeruk lemon sebaiknya jangan buang kulitnya ya. kulit lemon ini di dalamnya mengandung nutrisi dan gizi juga yang bermanfaat bagi tubuh dan bisa diolah menjadi beberapa jenis olahan makanan dan minuman sehat.

artikel terkait manfaat kulit buah:

Bagi Kesehatan

Kulit lemon sudah banyak digunakan sebagai pengobatan herbal dan tradisional pada beberapa jenis gangguan kesehatan. Mungkin anda sampai saat ini belum mengetahui hal ini, oleh karena itu berikut ini adalah beberapa manfaat kulit lemon untuk kesehatan yang perlu anda ketahui.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah lemon memang terkenal akan kandungan vitamin C nya yang tinggi namun ternyata ini juga ada di dalam kulit lemon lho. Kulit lemon yang mengandung vitamin C ini bisa dijadikan sebagai antioksidan alami sehingga mampu menjadi perlindungan bagi tubuh dan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih sehat. anda bisa membuat minuman infused water yang terbuat dari kulit lemon ini dan bisa menjadi cadangan minuman sehat untuk senantiasa membuat tubuh anda sehat dan tidak mudah sakit karena antioksidan alami akan menangkal segala radikal bebas, bakteri, kuman dan virus penyebab sakit.

artikel terkait: manfaat jamu bersih darah

  1. Mencegah kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak merenggut nyawa di dunia juga di Indonesia. ada banyak jenis kanker yang ada saat ini seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker hati, kanker prostat, kanker kulit dan masih banyak lainnya. kulit lemon memiliki manfaat untuk menangkal segala jenis kanker karena memiliki kandungan alami yang mampu mencegah tumbuhnya sel kanker yang tidak normal dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat puasa kulit untuk kulit

  1. Mencegah gangguan tulang

Di dalam kulit lemon juga mengandung kalsium cukup tinggi yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Setiap harinya kalsium akan terkikis perlahan dan terbuang melalui urin sehingga kepadatan tulang dan gigi akan berkurang seiring dengan berjalannya usia. Jadi, sangatlah penting untuk mengonsumsi kalsium setiap hari. Salah satu sumber kalsium selain susu yang bisa anda konsumsi adalah dari kulit lemon ini. buatlah minuman dengan menggunakan campuran kulit lemon untuk mendapatkan kepadatan tulang yang sehat dan membuat tulang tetap kuat.

artikel terkait: manfaat kulit buah naga

  1. Melancarkan pencernaan

Siapa sangka bahwa di dalam kulit lemon pun mengandung banyak kandungan serat tinggi yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Serat akan membuat makanan dalam lambung dan usus menjadi seperti gel sehingga anda akan menjadi lebih tahan terhadap lapar dan kenyang lebih lama. Ini akan sangat cocok bagi anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan atau diet. Serat juga bisa melancarkan pencernaan dan menghindarkan anda dari susah buang air besar atau sembelit yang bisa membuat pencernaan menjadi tidak sehat. dengan ini penumpukan kotoran di dalam usus dapat diminimalisir dan menghindarikan anda dari berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya seperti kanker usus besar yang sangat berbahaya bagi tubuh.

artikel terkait: manfaat biji salak

  1. Menghaluskan kulit siku

Kulit merupakan bagian tubuh yang menjadi pelindung utama dan pertama tubuh. karena tugasnya inilah terkadang membuat kulit menjadi tidak terlindungi dan berubah menjadi kasar, hitam dan kusam. Hal ini terutama akan terjadi pada bagian kulit pada bagian siku yang memang rata-rata warnanya lebih hitam dibandingkan dengan warna kulit lainnya. untuk membantu menghaluskan dan membuatnya tidak hitam bisa menggunakan bantuan dari kulit lemon. Caranya adalah dengan menggosok-gosokan kulit lemon pada bagian siku secara rutin setiap harinya. Setelah beberapa hari anda bisa melihat perbedaan dari siku karena lebih putih dan lebih halus.

artikel terkait: manfaat strawberry bagi kulit

  1. Menurunkan kolesterol

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari kulit lemon adalah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. hal ini disebabkan karena di dalam kulit lemon mengandung zat polifenol flavonoid yang sangat aktif dalam menurunkan kolesterol. Seperti yang kita ketahui bahwa kolesterol sangat tidak baik karena bisa membuat berbagai penyumbatan dalam pembuluh darah yang bisa memicu terjadinya berbagai jenis penyakit lainnya yang lebih serius seperti jantung, stroke dan tekanan darah tinggi. selain itu vitamin C yang tinggi dalam kulit lemon juga sangat baik untuk membersihkan pembuluh darah sehingga peredaran darah pun menjadi lebih lancar.

artikel terkait: manfaat green tea

  1. Menjaga kesehatan mulut

Vitamin C sudah sangat terkenal untuk kesehatan mulut dan bisa meredakan berbagai jenis keluhan pada mulut seperti sariawan, bau mulut dan lainnya. selain itu kandungan asam sitrat dalam kulit lemon juga sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut dan tetap membuatnya menjadi tetap sehat. konsumsilah kulit lemon dengan mengolahnya menjadi makanan atau minuman yang sehat bagi kesehatan anda dan keluarga.

artikel terkait: manfaat vitamin A untuk kulit

  1. Melawan radikal bebas

Kandungan vitamin C dalam kulit lemon juga bisa menjadi penangkal radikal bebas secara alami bagi tubuh. seperti yang diketahui bahwa radikal bebas saat ini sudah sangat merajalela dengan adanya berbagai polusi serta sengatan sinar ultraviolet yang sangat berbahaya bagi tubuh. oleh karena itu dengan mengonsumsi kulit lemon ini bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

artikel terkait: manfaat vitamin C untuk kulit

  1. Merawat kulit

Kandungan asam sitrat dan vitamin C dalam kulit lemon juga bisa menjadi perawat kulit yang baik. kandungan tersebut mampu menghilangkan sel-sel kulit mati dan meregenerasi sel kulit menjadi lebih sehat dan cerah. Antioksidan alami di dalam kulit lemon juga bisa membuat detoksifikasi alami bagi kulit supaya menjadi lebih sehat.

artikel terkait: manfaat natur E advanced

  1. Mencegah obesitas

Di dalam kulit lemon mengandung zat pectin dimana fungsi utama dari zat ini adalah sebagai pengendali berat badan. Jadi dengan mengonsumsi kulit lemon ini berat badan anda dapat dikendalikan dan tidak menjadi obesitas. Obesitas harus dihindari bukan saja karena menganggu penampilan namun juga tidak baik bagi kesehatan yang bisa beresiko terkena berbagai jenis penyakit misalnya saja diabetes, stroke, jantung dan tekanan darah tinggi.

artikel terkait: manfaat kulit pisang untuk kesehatan tubuh

Itulah manfaat dari kulit lemon yang baik untuk kesehatan yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya. so, mulai saat ini anda tidak mau membuang kulit lemon bukan?

Untuk Kecantikan

Manfaat kulit lemon ternyata juga sangat baik untuk kecantikan terutama kecantikan kulit dan wajah. Berikut ini adalah panduan menggunakan kulit lemon untuk kecantikan yang bisa anda gunakan.

  1. Kulit lemon bisa menjadi media pengusir jerawat secara ampuh. Caranya adalah dengan mencampurkan kulit lemon dengan air kelapa. Kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama semalaman. Lakukanlah dengan rutin dan anda akan menemukan wajah anda bebas dari jerawat.
  2. Anda juga bisa menggunakan kulit lemon untuk menghaluskan kulit anda. Caranya adalah dengan mencampurkan kulit lemon yang sudah diparut halus dengan jus jeruk dan kemudian oleskan pada kulit atau wajah atau area kulit lainnya yang ingin dibuat halus. Oleskan selama 30 menit dan kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.
  3. Ingin terhindar dari kerutan di wajah? Anda bisa menggunakan parutan kulit lemon yang dicampur dengan jus papaya. Oleskan campuran kedua bahan tersebut pada wajah dan leher selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih. Jangan lupa untuk melembabkannya dengan minyak zaitun supaya hasilnya menjadi lebih bersih.
  4. Kulit lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Caranya adalah dengan menyiapkan kulit lemon yang sudah diparut halus sebanyak satu sendok makan saja dan kemudian campurkan dengan air mawar serta satu sendok garam. Gunakan ramuan tersebut seperti menggunakan peeling pada wajah dan leher anda supaya sel-sel kulit mati bisa menghilang dengan cepat.

Kulit lemon ternyata sangat baik untuk kesehatan kulit. Jangan ragu untuk menggunakan kulit lemon untuk mempercantik kulit dan wajah anda ya.

artikel terkait: manfaat BB cream garniermanfaat BB cream oriflamemanfaat BB crea the body shop

Untuk kehidupan sehari-hari

Selain dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan, kulit lemon juga sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari lainnya. oleh karena itu jika anda memakan jeruk lemon jangan buang kulitnya ya. manfaatnya antara lain adalah :

sponsored links

1. Pembersih bekas teh dan kopi

Bekas teh dan kopi yang terlalu lama mengendap di perabotan seperti gelas dan teko bisa membuat bekas di dalamnya dan menjadi susah dihilangkan. Padahal bekas teh dan kopi bisa merusak warna dari perabot yang digunakan. untuk membantu membersihkannya anda bisa menggunakan bantuan dari kulit lemon ini. caranya adalah dengan merendam perabot dengan menggunakan kulit lemon dan diamkan selama 1 jam. Kemudian gosok dengan keras dan ditambahkan garam untuk membantu menghilangkan bekasnya.

artikel terkait : manfaat bengkoang untuk wajah

2. Membersihkan microwave

Kulit lemon juga bisa membersihkan oven atau microwave yang kotor. Caranya yaitu dengan merendam kulit lemon di dalam setengah mangkuk air. Kemudian mangkuk tersebut dipanaskan di dalam oven atau microwave. Setelah mendidih kemudian biarkan saja di dalamnya sampai oven mengembun. Kemudian bersihkan noda di oven atau microwave dengan lap kering.

artikel terkait: manfaat acnes UV tint

3. Menghilangkan bau sampah

Jika terdapat bau sampah yang menyengat maka anda bisa mencoba menghilangkannya dengan kulit lemon ini. caranya sangat mudah yaitu dengan meletakan kulit lemon di area yang terdapat bau sampah maka seketika bau akan digantikan dengan bau kulit lemon yang segar dan wangi. Anda bisa menggunakannya di dalam maupun di luar ruangan sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing.

artikel terkait: manfaat sunblock cream la tulipe

4. Pengharum ruangan

Anda mungkin sudah sering menemukan pengharum ruangan yang beredar di pasaran dimana terdapat aroma lemon atau jeruk lainnya. ya memang aroma dari lemon atau jeruk ini sangat segar sehingga banyak digunakan sebagai bahan pengharum ruangan. Namun jika anda ingin memangkas anggaran belanja anda maka anda bisa menggunakan kulit lemon ini secara alami untuk menjadi pengharum ruangan. Caranya adalah dengan meletakan kulit lemon di dalam mangkuk yang berisi air panas dan kemudian letakan di sudut ruangan. Cara ini memang sederhana namun cukup ampuh dalam mengharumkan ruangan dan juga melembabkan ruangan.

artikel terkait: manfaat ohysiogel cream

Demikian ulasan mengenai manfaat dari kulit lemon yang bisa anda dapatkan baik untuk kesehatan, kecantikan dan kehidupan sehari-hari lainnya. semoga ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang suka dengan buah lemon namun sering membuang kulitnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 12th, June 2016 / 05:35 Oleh :
Kategori : Buah Buahan