9 Manfaat Kecambah untuk Kesehatan dan Kesuburan

Kecambah adalah tumbuhan muda yang baru saja tumbuh dan biasanya berasal dari biji-bijian seperti kacang hijau, gandum, kedelai dan lain sebagainya. Kecambah banyak dimanfaatkan orang untuk mencapai tujuan tertentu seperti kesehatan dan kecantikan. Hal ini tak lepas dari manfaat kecambah yang meningkat beberapa persen dibandingkan biji kacang aslinya yang siap panen.

Dalam proses perkecambahan terjadi beberapa perubahan biologis yang menyebabkan timbulnya senyawa – senyawa baru, bahkan peningkatan kandungan gizi didalamnya, yang diantaranya:

  • Peningkatan kadar protein dalam kecambah hingga 19 % karena adanya proses hidrolisis protein dimana protein diuraikan menjadi senyawa yang lebih sederhana yang kemudian menyebabkan naiknya kadar asam amino dalam kecambah.
  • Selain itu, terjadi pula hidrolisis karbohidrat, lemak menjadi senyawa yang lebih sederhana sehingga memudahkan ketika dicerna.
  • Peningkatan kandungan protein dan vitamin – vitamin selama proses perkecambahan serta penurunan kadar lemak.

Cara mengkonsumsi kecambah pun menjadi bahan penelitian yang memicu argumen dari para pakar. Ada pakar yang berpendapat mengkonsumsi kecambah mentah untuk mendapatkan nutrisi secara utuh. Namun, ada juga pakar yang berpendapat untuk mengkonsumsi kecambah setengah matang saja karena jika dimakan mentah dikhawatirkan mengandung bakteri serta tidak merusak kandungan manfaat vitamin C di dalamnya jika diolah setengah matang.

Kandungan gizi yang tinggi pada kecambah menjadi alasan kuat bagi orang-orang untuk memanfaatkannya. Seperti apakah pemanfaatan kecambah guna mendapatkan khasiatnya? Mari kita telusuri satu per satu di bawah ini :

Mengkonsumsi kecambah secara rutin dalam menu harian akan sangat bermanfaat untuk kesehatan, kecantikan hingga pakan hewan. Berikut ini diantaranya :

1. Menyehatkan pecernaan

Kandungan manfaat serat yang luar biasa tinggi pada kecambah akan sangat bermanfaat dalam mempercepat sistem pencernaan sehingga BAB akan lebih terpola dan tidak keras.

2. Mengoptimalkan kesuburan

Manfaat vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel – sel dalam tubuh sehingga dengan kadar vitamin E yang tinggi pada kecambah akan sangat bermanfaat untuk melindungi sel-sel dalam tubuh dari serangan radikal bebas. Dalam hal ini, vitamin E akan melindungi sel telur dan sperma dari serangan radikal bebas yang akan meningkatkan kesuburan.

3. Mencegah osteoporosis

Estrogen merupakan hormon yang dihasilkan secara alami oleh tubuh manusia. Namun demikian, ternyata kecambah juga memiliki kandungan estrogen yang tinggi. Sebagaimana hormon estrogen pada manusia, kandungan estrogen pada tumbuhan juga bertugas dalam menjaga kepadatan tulang sehingga menghindarkan dari penyakit osteoporosis.

4. Upaya pencegahan dari penyakit kanker kolon

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama sebelumnya, bahwa kecambah kaya akan kandungan serat. Mengkonsumsi kecambah dalam menu harian secara rutin akan sangat bermanfaat dalam melancarkan pencernaan sehingga BAB terbuang secara trratur. Pembuangan BAB secara teratur berarti pembuangan racun racun dan kotoran dalam tubuh. Kotoran dan racun yang tak terbuang dalam sistem pencernaan akan menyebabkan penyakit kanker kolon (usus).

5. Menu makanan sehari-hari

Banyak orang yang meyakini bahwa energi, enzim dan vitamin dalam kecambah dapat mencapai 800 % dibandingkan biji kacang aslinya yang siap panen. Bahkan, di dalam kecambah mengandung manfaat protein pra-cerna yang mudah diserap pencernaan sehingga memberi energi dan manfaat lebih besar pada tubuh manusia. Untuk mendapatkan manfaat yang besar dari kecambah ini, banyak bangsa di dunia memanfaatkannya dalam menu sehari-sehari dengan cara pengolahan tertentu, seperti dijadikan lalap, dikukus, dioseng, dijadikan sayuran berkuah, dijadikan pelengkap makanan utama.

6. Bahan pelengkap dalam formulasi bubur susu bayi

Protein disebut-sebut sebagai zat pembangun tubuh, karena manfaatnya untuk membantu pembentukan sel-sel tubuh dan meregeberasi sel atau jaringan tubuh yang rusak. Dengan demikian protein selalu dibutuhkan tubuh manusia dari bayi hingga dewasa. Pada bayi, protein membantu dalam proses pertumbuhan serta memberi energi. Kekurangan protein pada bayi akan berdampak pada terhambatnya masa pertumbuhan dan berbagai masalah gizi. Karena kualitas dan kuantitas protein dan vitamin yang tinggi pada kecambah, maka ini berpotensi untuk dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan gizi pada bayi. Dalam hal ini, kecambah kacang hijau dijadikan sebagai bahan pelengkap dalam formulasi susu bayi.

7. Dimanfaatkan dalam program diet

Percaya atau tidak, kecambah dapat dijadikan menu andalan dalam program diet penurunan berat badan. Kandungan kalori yang rendah, kandungan lemak yang rendah serta kandungan protein dan vitamin yang tinggi menjadi alasan yang kuat mengapa diet dengan memanfaatkan kecambah sangat dianjurkan. Alhasil, bobot tubuh turun, masa otot bertambah karena tinggi akan protein serta kulit menjadi lebih bercahaya karena tinggi akan vitamin yang baik tubuh dan kulit.

8. Sebagai pakan burung pemakan biji-bijian

Para penyuka burung sebaiknya mengetahui hal ini, bahwa kecambah memberikan stamina yang bagus bagi burung kesayangan. Pasalnya, kandungan manfaat vitamin B komplek, C, dan E pada kecambah meningkat sedangkan kandungan lemak turun. Berikan pakan kecambah dalam menu harian burung anda, niscaya burung kesayangan anda lebih sehat dan kuat. Apalagi jika burung anda akan menghadapi kompetisi, pakan kecambah akan memberikan stamina yang bagus agar burung anda dapat mengikuti kompetisi dengan penuh energi, tidak lesu dan malas.

Pakan kecambah pada burung, khusus diberikan pada burung penyuka biji-bijian seperti kenari, lovebird, parkit dan aneka burung pemakan biji lainnya. Cara membuat kecambah bagi burung-burung ini adalah dengan batang kecambah yang pendek sehingga bentuk bijinya masih kelihatan. Jadi, sebelum batang kecambah bertambah panjang dan selagi bentuk bijinya masih kelihatan adalah saat yang tepat untuk.diberikan sebagai pakan burung kesayangan anda.

9. Dimanfaatkan untuk kecantikan

Manfaat kecambah untuk kecantikan juga tidak kalah penting. Pemanfaatan kecambah untuk kecantikan diantaranya untuk:

  • Memperlambat penuaan dini karena kandungan vitamin C yang tinggi pada kecambah dapat menghasilkan kolagen yang bermanfaat untuk elastisitas kulit, sehingga kulit tetap lembab, bercahaya dan tidak keriput.
  • Mencegah jerawat karena kecambah mengandung kandungan vitamin E yang tinggi. Vitamin E sangat bagus untuk kecantikan kulit sehingga efektif membuat kulit terhindar dari jerawat dan menghilangkan flek – flek hitam akibat jerawat.

, ,
Post Date: Friday 13th, November 2015 / 03:56 Oleh :
Kategori : Sayuran