Sponsors Link

7 Manfaat Kacang Panjang Mentah Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Siapa yang tidak mengenal kacang panjang? Sayuran ini sangat populer terlebih bagi masyarakat Indonesia. Kaacang panjang (vigna unguiculata sesquipedalis (L.) verdc.) merupakan sejenis tumbuhan melilit atau memanjat yang menghasilkan kacang-kacangan berwarna hijau panjang dan biasa dijadikan sayuran maupun lalap. Biasanya, buah kacang panjang yang dijadikan sayuran merupakan buah yang masih muda dan serat-seratnya masih lunak. Kacang panjang termasuk dalam jenis sayuran buah semusim atau berumur pendek layaknya tanaman palawija lainnya.

ads

artikel terkait:

Tanaman kacang panjang berbentuk perdu ataupun semak dengan tanaman yang mencapai tinggi 2 meter atau lebih. Buah kacang panjang berbentuk bulat panjan dan ramping dan biasa disebut polong. Polong kacang panjang ini memiliki ukuran panjang yang bervariasi tergantung pada jenis dan varietasnya yaitu antara 30 cm-100 cm. Warna polong kacang panjang inipun bervariasi tergantung pada jenis dan varietasnya yaitu antar putih dan kekuning-kuningan (polong tua), hijau, hijau muda bahkan hijau keputih-putihan (polong muda). Kacang panjang ini memiliki bentuk bulat panjang dan agak pipih, namun kadang-kadang juga agak sedikit melengkung.

Seperti yang tela disebutkan di atas, kacang panjang biasanya digunakan sebagai sayuran maupun lalapan. Namun apakah Anda tahu, kacang panjang mentah memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Mari kita simak informasinya!

Kandungan Gizi Kacang Panjang

Kacang panjang memiliki kandungan protein, vitamin A, vitamin B (thiamin), besi, fosfor, kalium, vitamin C, vitamin K, folat, magnesium dan mangan. Selain itu, dalam 100 gram kacang panjang mentah juga mengandung:

  • Energi 196 kJ (47 kcal)
  • Karbohidrat 8 gram
  • Diet serat 3,6 gram
  • Lemak 0 gram, serta
  • Protein 3 gram

artikel terkait: manfaat kacang polongmanfaat kulit ari kacang tanahmanfaat kacang tanah mentah

Manfaat Kacang Panjang Mentah

Selain dapat dimanfaatkan sebagai lalapan ketika dimakan mentah, kacang panjang mentah juga memiliki manfaat yang berguna bagi tubuh manusia antara lain:

  • Menjaga kesehatan jantung

Kacang panjang mentah memiliki kandungan vitamin K yang bagus untuk memperlancar peredaran darah dan mencegah timbulnya pengerasan pada pembuluh darah sehingga penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner dan gagal jantung tidak akan terjadi pada tubuh kita.

artikel terkait: manfaat kulit ari kacang tanah

ads
  • Meningkatkan stamina tubuh

Kandungan vitamin B pada kacang panjang mentah dapat membantu tubuh untuk menjadikannya selalu bugar dan sehat. Konsumsi kacang panjang mentah secara rutin dapat menghindarkan Anda dari rasa cepat lelah bahkan membuat tubuh Anda menjadi segar.

artikel terkait: manfaat kacang polong

  • Mencegah osteoporosis

Kandungan vitamin K pada kacang panjang mentah juga sangat bagus untuk tubuh dalam membantu mencegah penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis. Konsumsi kacang panjang mentah setidaknya dapat membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin K sebanyak 20% lebih untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

artikel terkait: manfaat kacang tanah untuk jantung

  • Sumber antioksidan

Kacang panjang mentah dapat dijadikan sebagai sumber antioksidan bagi tubuh dikarenakan kandungan vitamin C, mineral serta betakaroten di dalamnya. Konon, kacang panjang juga mengandung berbagai macam karetonoid seperti lutein, beta-karoten, violaxanthin, neoxhantin dan flavonoid seperti quercetin, kaemferol, catechin, epicathecihs, procyanidins yang kesemuanya telah terbukti memiliki sifat sebagai antioksidan. Antioksidan dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas agar tubuh tetap sehat.

artikel terkait: manfaat kacang macadamia

  • Mencegah diabetes

Layaknya sayuran kacang-kacangan pada umumnya, kacang panjang mentah juga dapat berguna untuk mengontrol kadar gula berlebih dalam darah untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes. Kacang panjang mentah juga memiliki kandungan kalori dan gula yang sangat rendah yang sangat aman bagi Anda yang memiliki masalah dengan gula darah. Untuk memanfaatkan kacang panjang mentah dalam mencegah diabetes, Anda dapat membuat 3-4 batang kacang panjang mentah sebagai jus dengan mencampurnya dengan sedikit air untuk dikonsumsi secara rutin setiap pagi. Apabila Anda tidak tahan dengan bau yang dihasilkan dari jus kacang panjang mentah, Anda dapat menambahkan buah lain dalam jus kacang panjang mentah Anda.

artikel terkait: manfaat kacang almond

  • Baik untuk pencernaan

Kacang panjang mentah memiliki kandungan diet serat yang dapat memberikan efek yang baik pada sistem pencernaan sehingga dapat memperlancar sekresi. Sehingga dapat dikatakan bahwa konsumsi kacang panjang mentah dapat menghindarkan Anda dari gangguan pencernaan seperti sembelit maupun penyakit yang lebih berbahaya seperti kanker usus besar.

artikel terkait: manfaat kacang merah

  • Memperindah payudara

Konon, kacang panjang mentah dapat dijadikan sebagai bahan tradisional untuk memperindah payudara Anda. Caranya mudah, tumbuk kacang panjang mentah kemudian sapukan pada payudara Anda hingga rata. Namun sebelum itu kompres payudara Anda terlebih dahulu dengan air hangat. Diamkan tumbukan kacang panjang mentah selama 1 jam pada payudara Anda lalu bersihkan dengan handuk lembut. Silahkan Anda lakukan selama 1 bulan tanpa putus, sedangkan untuk perawatan silahkan lakuka selama 2 hari sekali.

artikel terkait: manfaat kacang tanah

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat kacang panjang mentah. Setelah Anda membaca mengenai artikel ini, silahkan Anda jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi kacang panjang mentah selain mengkonsumsinya setelah dimasak. Terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 10th, November 2016 / 17:11 Oleh :
Kategori : Sayuran