Manfaat Telur Mentah Untuk Otot dan Bahayanya

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang populer di Indonesia. Selain rasanya yang enak telur juga sangat disukai karena harganya yang cukup terjangkau dan pengolahannya yang sangat mudah. Telur bisa dimasak menjadi berbagai olahan seperti digoreng, direbus, atau digulai, atau yang paling mudah dimasak bersama mie instan. Telur juga kaya akan kandungan nutrisi terutama manfaat protein sehingga sangat baik dikonsumsi sehari-hari. Selain protein ada pula kandungan kolin, manfaat vitamin E, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, riboflavin, manfaat zat besi, asam amino, folat, dan manfaat fosfor.

Manfaat Telur

Oleh karena itu tidak heran jika konsumsi telur sangat dianjurkan karena dapat membawa beragam manfaat bagi kesehatan. Mulai dari pembentukan otot, meningkatkan kekebalan tubuh, sumber energi, kesehatan dan kecantikan kulit, kesehatan dan kecantikan rambut, kesehatan mata, hingga mendukung kesehatan tulang. Salah satu manfaat telur yang cukup dikenal adalah untuk pembentukan dan perkembangan otot dimana telur menjadi menu andalan bagi para binaragawan atau orang-orang yang ingin memiliki bentuk tubuh yang bagus.

Manfaat telur untuk pembentukan otot didukung oleh tingginya kandungan protein pada telur. Oleh karena itu konsumsi telur sebenarnya juga dapat digantikan dengan konsumsi bahan makanan sumber protein lainnya seperti manfaat susu, tempe, daging, daging ayam, dan lain sebagainya. Protein pada telur bermanfaat untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak akibat latihan yang dilakukan pada otot. Selain itu kandungan vitamin B12 pada telur juga sangat penting untuk membantu menghancurkan lemak pada tubuh sehingga bentuk tubuh anda semakin bagus.

Lalu bagaimana cara terbaik untuk mengolah telur. Salah satu cara yang disarankan adalah dengan perebusan karena tidak melibatkan tambahan minyak seperti ketika digoreng yang justru akan menambah nilai kalori telur. Apalagi jika minyak goreng yang digunakan bukanlah minyak yang sehat dan berkualitas. Justru akan menurunkan nilai manfaat dari telur dan berdampak kurang baik untuk kesehatan.

Manfaat Telur Mentah untuk Otot

Lalu bagaimana dengan konsumsi telur mentah yang dilakukan oleh sebagian orang? Begitu sering kita lihat orang-orang yang mengonsumsi telur dalam keadaan mentah, baik secara langsung atau diberi tambahan bahan lain. Apakah lebih bermanfaat dan memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi? Manfaat telur mentah untuk otot juga sangat baik untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya lebih kurang sama dengan telur rebus sehingga asupan protein yang dibutuhkan tubuh tercukupi dalam rangka meningkatkan massa otot. Bahkan ada sebagian orang yang mengonsumsi sekian butir putih telur dalam keadaan mentah demi mendapatkan otot tubuh yang bagus.

Namun manfaat telur mentah untuk otot juga memiliki sisi negatif yaitu kemungkinan kandungan bakteri salmonella. Bakteri ini biasanya berasal dari kotoran pada cangkang telur sehingga sebelum mengolah telur dianjurkan untuk membersihkan cangkangnya terlebih dahulu agar tidak mengontaminasi isi telur. Selain itu nutrisi pada telur yang telah dimasak seperti direbus lebih mudah diserap tubuh dibandingkan nutrisi pada telur mentah sehingga dianjurkan lebih baik mengonsumsi telur yang telah dimasak. Baik untuk tujuan pembentukan otot atau tujuan lainnya.

Manfaat telur mentah untuk otot memang sangat bermanfaat namun mengingat dampak negatifnya yaitu kontaminasi bakteri sebaiknya konsumsilah telur yang telah dimasak dengan baik. Anda mendapatkan manfaat kesehatan dan terhindar dari kemungkinan dampak negatif telur mentah. Apalagi dalam pembentukan otot diperlukan asupan protein yang tinggi yang membuat anda harus mengonsumsi lebih banyak telur sehingga harus benar-benar diperhatikan kehigienisan dan kesehatan makanan yang dikonsumsi.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan