Manfaat Kacang Panjang Merah Untuk Tubuh

Apakah Anda kenal dengan sayursan bernama kacang panjang merah? Tidak? Hmmm. Apabila kacang panjang biasanya memiliki warna hijau, kali ini kacang panjang memiliki warna lain yaitu merah keunguaan sehingga dapat disebut dengan kacang panjang merah atau ungu. Kacang panjang merah diduga berasal dari selatan China dan juga dikenal dengan nama changjiang dou, cheung kung tau, Chinese Red Noodle Bean maupun asparagus bean. Layaknya kacang panjang pada umumnya, kacang panjang merah dapat diolah menjadi berbagai lauk yang menggugah selera Anda.

artikel terkait:

Kandungan Gizi Kacang Panjang Merah

Selain memiliki rasa yang enak untuk dikonsumsi, kacang panjang memiliki kandungan nutrisi yang berguna untuk tubuh manusia. Dalam 100 gram kacang panjang merah, terdapat kandungan  berbagai macam nutrisi sebagai berikut yang dapat terlihat dalam tabel 1.

Tabel 1. Kandungan Nutrisi Kacang Panjang Merah per 100 gram

Kandungan Nutrisi Jumlah
Energi 197 kJ (47 kcal)
Karbohidrat 8,35 gr
Lemak 0,4 gr
Protein 2,8 gr
Vitamin A equiv. 43 mg
Vitamin B1 (Tiamin) 0,107 mg
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,11 mg
Vitamin B3 (Niacin) 0,41 mg
Vitamin B 5 (Asam Pantotenat) 0,55 mg
Vitamin B6 0,024 mg
Vitamin B9 (Folat) 62 mg
Vitamin C 18,8 mg
Kalsium 50 mg
Besi 0,47 mg
Magnesium 44 mg
Mangan 0,205 mg
Fosfor 59 mg
Kalium 240 mg
Sodium 4 mg
Seng 0,37 mg

artikel terkait: manfaat kacang bogormanfaat kacang tanah mentahmanfaat kacang tanah untuk diet

Manfaat Kacang Panjang Merah untuk tubuh Manusia

Karena kandungan-kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang panjang merah tersebut, kacang panjang merah konon dipercaya memiliki beberapa manfaat berikut bagi tubuh manusia antara lain sbb:

  • Mencegah penuaan dini

Kacang panjang merah atau disebut juga dengan kacang panjang ungu memiliki zat warna alami berwarna keunguan. Nah setiap sayuran maupun buah-buah yang berwarna ungu memiliki zat pigmen yang dikenal dengan antosidan yang merupakan antioksidan yang kuat untuk melindungi tubuh dari resiko serangan kanker, membantu meningkatkan daya ingat maupun mencegah penuaan dini.

artikel terkait: manfaat kacang almond –  manfaat kulit ari kacang tanah


  • Melindungi jantung

Sayuran yang berwarna ungu seperti kacang panjang merah in juga dipercaya memiliki kandungan flavonoid yang bernama resveratrol. Resveratrol ini terbukti menghambat salah satu penyebab penyakit jantung (endhotelin-1), bermanfaat bagi sistem kardiovaskular serta dapat menyehatkan jantung. Selain itu resveratrol yang terdapat pada kacang panjang merah ini juga berguna untuk memperlancar aliran darah ke otak, mengurangi resiko stroke, mencegah kanker bahkan sebagai anti peradangan.

artikel terkait: manfaat kacang polong

  • Mencegah kanker payudara

Makanan yang berwarna ungu seperti kacang panjang merah ini juga memiliki kandungan ellagic acid atau asam elagik yang dapat membantu mencegah penyakit kanker seperti kanker payudara. Hal ini sesuai dengan penelitian Dr. Daniel Nixon dari Medical University of South Carolina (1993) bahwa asam elagik dapat membantu melawan dan menghambat pertumbuhan sel kanker serta menghentika proses pertumbuhan sel kanker tersebut (mitosis). Bagi Anda para wanita, sebaiknya Anda banyak mengkonsumi sayuran dan buah berwarna ungu termasuk kacang panjang merah ini kerana kandungan asam elagiknya dapat mengurangi efek dari estrigen dalam mempengaruhi pertumbuhan sel kanker payudara.

artikel terkait: manfaat kacang merahmanfaat kcang macadamia

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat kacang panjang merah. Setelah membaca mengenai artikel ini, silahkan Anda banyak-banyak mengkonsumsi kacang panjang merah karena memiliki beragam manfaat yang berguna bagi tubuh. Terimaksih telah membaca, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.