8 Manfaat Kacang Tanah Mentah Bagi Kesehatan

Siapa yang tak kenal dengan salah satu jenis polong-polongan dengan nama latin Arachis Hyypogaea atau yang sangat kita kenal dengan kacang tanah. Tumbuhan yang sudah tidak asing ini banyak dikonsumsi sebagai camilan maupun bumbu untuk beberapa sayuran atau makanan seperti cilok, batagor dan beberapa jenis makanan lainnya. Meskipun kacang tanah dikenal sebagai salah satu jenis polong yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat, namun tetap banyak orang yang mengkonsumsi kacang tanah dalam berbagai olahan. Walaupun sebenarnya, menurut penelitian yang pernah dilakukan menyatakan bahwa kacang tanah tidak menyebabkan masalah timbulnya jerawat.

artikel terkait:

Kacang tanah memang biasa dikonsumsi setelah direbus, digoreng, maupun diolah menjadi camilan ataupun bumbu makanan. Akan tetapi, bagaimana jika mengkonsumsi kacang tanah dalam keadaan masih mentah? Dan ternyata, kacang tanah yang dikonsumsi dalam keadaan mentah memiliki khasiat tersendiri. Kandungan dalam kacang tanah mentah menghasilkan fungsinya sendiri untuk menjaga kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi kacang tanah mentah:

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang tanah mentah mengandung kandungan lemak yang cukup tinggi. Akan tetapi, kandungan lemak yang dihasilkan kacang tanah mentah adalah lemak tak jenuh yang sebenarnya baik untuk menjaga kesehatan terutama jantung dengan membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. 81 persen kandungan lemak tak jenuh dalam kacang tanah mentah mampu menurun kolesterol dalam darah sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Beberapa kandungan lain dalam kacang tanah mentah yang mampu membantu menjaga kesehatan jantung yakni kandungan asam oleat dan antioksidannya.

artikel terkait: manfaat kacang macadamia

  1. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Asam folat yang terkandung dalam kacang tanah mentah merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Pada masa awal kehamilan asam folat sangat dibutuhkan untuk membantu menguatkan janin dan dapat menghindarkan janin terhadap risiko bayi terlahir dalam keadaan cacat.

artikel terkait: manfaat air rebusan kacang hijau

  1. Mencegah Terjadinya Perkembangan Sel Kanker

Kanker merupakan penyakit berbahaya yang terus masih dicari bahan pengobatannya agar dapat mudah dicari dan didapatkan oleh penderitanya. Meskipun tidak dapat dijadikan bahan utama untuk mengatasi penyakit kanker, mengkonsumsi kacang tanah mentah dapat mencegah teradinya pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena kacang tanah mentah mengandung fitoserol, yakni salah satu jenis zat yang mampu mencegah dan menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat kacang almond

  1. Membantu Regulasi Gula Darah

Kacang tanah mentah memiliki kandungan nutrisi seperti mangan dan mineral. Nutrisi inimemiliki peran untuk membantu proses metabolisme karbohidrat, lemak dan juga kalsium. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam kacang tanah mentah ini juga mampu membantu penyerapan guladarah, atau lebih tepatnya membantu proses regulasi guladarah dalam tubuh.

artikel terkait: 10 manfaat kacang pinus bagi kesehatan

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Memberikan nutrisi yang cukup kepada otak, akan membantu otak untuk meningkatkan daya ingat serta menjaga memori otak agar tetap tersimpan dengan baik. Orang yang memiliki otak dengan suplai nutrisi yang baik biasanya akan mudah mengingat sesuatu serta akan mengingatnya dalam jangka waktu yang lama. Memenuhi kebutuhan nutrisi otak dapatdilakukan dengan mengkonsumsi kacang tanah mentah. Mengkonsumsi kacang tanah mentah baik untuk menjaga kesehatan otak karena mengandung vitamin B3 atau yang biasa disebut dengan niacin. Kandungan niacin memang dipercaya mampu meningkatkan daya ingat otak dan mencegah kepikunan pada orang yang sudah mengalami usia lanjut.

artikel terkait: manfaat kacang panjang

  1. Mengatasi Beberapa Masalah Kulit

Meskipun banyak orang menganggap bahwa kacang tanah merupakan salah satu makanan yang dapat menjadi salah satu penyebab terjadinyajerawat, ternyata kacang tanah apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah dapat mengatasi masalah kulit. Beberapa masalah kulit yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi kacang tanah mentah diantaranya yakni :

  • Pembengkakan Dan Kemerahan Pada Kulit. Kandungan vitamin E dalam kacang tanah mentah serta kandungan seng dan magnesium di dalamnya mampu menjaga kulit untuk tetap bersinar alami. Ketiga kandungan tersebut mempu menekan pertumbuhan bakteri dalam wajah yang dapat menjadi salah satu faktor timbulnya jerawat. Dengan kulit yang bersinar dan terhindar dari jerawat, kulit akan terlihat sehat dan terhindar dari pembengkakan yang timbul akibat munculnya jerawat.
  • Kulit Kasar dan Keriput. Kacang tanah mentah mengandung lemak tak jenuh yang berfungsi untuk mengontrol stress pada otak. Dampaknya yakni pada perubahan suasana hati yang bebasdari stress yang dialami. Hal ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya keriput dan terjadinya garis halus pada kulit serta dapat mencerahkan kulit agar tidak kusam.
  • Kulit Kusam dan Minyak Berlebih. Kacang tanah mentah mampu mengeluarkan racun dalam pada tubuh yang nantinya juga akan berpengaruh pada kesehatan kulit. Racun yang keluar dari dalam tubuh akan membawa zat yang tidak dibutuhkan seperti minyak berlebih dan zat lain yang dapat menjadikan kulit kusam.

artikel terkait: manfaat kacang mete

  1. Menjaga Kesehatan Rambut Dan Kulit Kepala.

Kacang tanah mentah mengandung omega 3 yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut dengan menguatkan folikel. Mengkonsumsi kacang tanah mentah juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sehingga dapat menghindarkan dari terjadinya kebotakan. Kacang tanah mentah juga mampu mengatasi kebotakan pada pria karena merupakan sumber arginin. Arginin berupa asam amino pada kacang tanah mentah mampu mengatasi kebotakan pada pria dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk asam lambung

Mungkin untuk sebagian orang akan merasa aneh dengan rasa kacang tanah yang mentah. Akan tetapi, jika dilihat dari manfaa yang diperoleh, mengkonsumsi kacang tanah dalam keadaan mentah dapat dijadikan salah satu rujukan untuk mengatasi masalah kesehatan yang terjadi sesuai dengan manfaat kacang tanah mentah seperti yang telah diuraikan di atas.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.