59 Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Advertisement

kacang panjangManfaat kacang panjang yang paling fenomenal dalam dunia kesehatan adalah perannya dalam membentuk jantung yang sehat. Sayuran ini menjadi salah satu jenis sayuran yang mudah kita temui dimana-mana, hampir tiap pedagang sayur menjualnya. Banyak pula kuliner Indonesia yang menggunakan kacang panjang sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatannya.

Tentang Kacang Panjang

Tanaman kacang panjang tumbuh subur di tanah yang mengandung banyak humus yang subur pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Tanaman kacang panjang ini dapat dengan mudah ditanam, sehingga disetiap pelosok negeri dapat ditemui budidaya untuk sayuran ini. Harganya yang relatif terjangkau dan mudah penanamannya ini menjadikannya sangat digemari, selain itu kandungan pada kacang tanah pada zat gizinya tidak kalah penting jika dibandingkan dengan kacang-kacangan seperti manfaat kacang tanahmanfaat kedelai atau pun manfaat kacang merah.

Kandungan Gizi

Berbagai jenis kacang-kacangan merupakan sumber asupan gizi yang baik bagi tubuh, termasuk dengan kacang panjang. Kandungan vitamin B1 dan B2, fosfor, zat besi riboflavin, zat besi, pektin dan serat merupakan kombinasi yang mampu menjaga kesehatan tubuh.

Pencegahan terhadap berbagai jenis berbahaya dan merangsang enzim-enzim yang baik bagi tubuh dapat diperoleh manfaat kacang panjang. Pada kenyataannya, sumber protein nabati seperti kacang panjang lebih ramah terhadap sistem pencernaan ketimbang protein hewani. Sehingga kacang tanah dapat menjadi pilihan menu bagi para vegetarian dan menjadi menu diet sehat. Berikut kandungan gizi kacang panjang / 125 Gram (sajian)1):

gizi kacang panjang

Gizi Kacang Panjang (125 Gr Sajian) Sumber : WHFoods (/angka kebutuhan gizi harian)

Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Pada sumber makanan yang alami seperti kacang panjang, pasti terdapat efek yang baik pula bagi kesehatan. Berbagai jenis kacang-kacangan kaya akan kandungan memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh, berikut adalah rincian manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh :

1. Mencegah Diabetes

Hampir seluruh jenis sayuran kacang-kacangan dapat mengontrol kadar gula berlebih yang mencegah terjadinya penyakit diabetes. Selain itu, kacang panjang juga rendah akan kalori dan gula sehingga sangat aman untuk anda yang bermasalah dengan gula darah.

Cara Penggunaan :

Jus kacang panjang mentah 3-4 batang setiap pagi, dicampur sedikit air lalu minum secara rutin setiap pagi. Jika anda tidak tahan dengan baunya, bisa menambahkan dengan tomat atau buah.

Berkhasiat untuk diabetes :

2. Kesehatan Kardiovaskuler & Jantung

Terdapat pula kandungan pada kacang panjang yang menyehatkan jantung, sehingga membuat terhindar dari masalah penyakit jantung, kandungan vitamin K yang tinggi dalam nutrisi sayuran kacang panjang dapat mencegah pengerasan pembuluh darah, yang merupakan faktor umum dalam penyakit arteri koroner dan gagal jantung. Penelitian terbaru menunjukkan salah satu kategori vitamin K yakni vitamin K2, yang dikombinasikan dengan vitamin D dapat mencegah pengapuran pada arteri koroner sehingga mencegah penyakit kardiovaskular.

Baik untuk jantung :

3. Sumber antioksidan

Manfaat antioksidan sangat penting bagi tubuh, yaitu mencegah dan memerangi radikal bebas. Kacang panjang merupakan salah satu sumber penting yang kaya akan antioksidan, Selain nutrisi antioksidan konvensional seperti vitamin C dan beta-karoten, kacang panjang juga mengandung mineral mangan yang penting untuk antioksidan. Kacang hijau mengandung berbagai macam karotenoid (termasuk lutein, beta-karoten, violaxanthin, dan neoxanthin) dan flavonoid (termasuk quercetin, kaemferol, catechin, epicatechins, dan procyanidins) yang semuanya telah terbukti memiliki sifat sebagai antioksidan.

Sumber antioksidan lainnya:

4. Mencegah Osteoporosis

Tingginya kandungan vitamin K dalam kacang panjang merupakan salah satu faktor yang dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis. Kandungan vitamin K yang ada pada sayuran ini setidaknya dapat memenuhi lebih 20 % kebutuhan harian vitamin K yang dibutuhkan tubuh.

Baik untuk mencegah osteoporosis:

5. Baik Untuk Pencernaan

Fiber atau serat pada kacang panjang memberikan efek yang baik pada sistem pencernaan yang dapat memperlancar sekresi yang Menghindarkan permasalahan pencernaan seperti sembelit atau penyakit yang lebih berbahaya yaitu kanker usus besar.

Baik untuk pencernaan:

6. Kesehatan Tulang

Selain Osteoporosis, ada berbagai penyakit kelainan yang terjadi pada tulang yang sangat penting untuk kita hindari. Vitamin k dan Mangan yang terdapat pada kacang panjang sangat efektif untuk menjaga kesehatan tulang dan menjadikannya kuat sampai tua.

Baik untuk tulang:

Selain manfaat utama di atas, khasiat kacang panjang juga dapat kita kita jabarkan berdasarkan kandungan gizi yang terdapat dalam kancang panjang tersebut. Berikut manfaat kacang panjang sesuai dengan gizi yang terdapat di dalamnya.

Vitamin K

  1. Menjaga kesehatan jantung
  2. Mencegah kanker
  3. Mencegah osteoporosis
  4. Mencegah alzheimer
  5. Mencegah diabetes

Mangan

  1. Produksi kesehatan tulang
  2. Membantu menjaga kesehatan kulit
  3. Mengontrol gula darah
  4. Mencegah radikal bebas
  5. Mencegah epilepsi

Serat

  1. Melancarkan pencernaan
  2. Mencegah sembelit
  3. Menjaga berat badan
  4. Mencegah stroke
  5. Kesehatan kulit

Vitamin C

  1. Mencegah katarak
  2. Menjaga kesehatan kulit
  3. Mencegah kesulitan bernafas
  4. Mencegah serangan jantung dan stroke
  5. Meningkatkan kelancaran sistem peredaran darah
  6. Mencegah stress

Asam Folat

  1. Mencegah anemia
  2. Nutrisi untuk otak
  3. Meningkatkan produksi sel darah merah
  4. Sintesis DNA dan RNA
  5. Membantu pembelahan dan pembagian sel
  6. Sangat penting untuk wanita hamil

Vitamin B2

  1. Mencegah katarak
  2. Mencegah migrain dan sakit kepala
  3. Sumber Energi
  4. Mencegah anemia
  5. Sebagai antioksidan

Tembaga

  1. Mencegah osteoporosis
  2. Mencegah anemia
  3. Membantu kesehatan janin (ibu hamil)
  4. Mencegah pigmentasi kulit
  5. Mencegah kelainan tiroid

Vitamin B1

  1. Mencegah gangguan metabolisme
  2. Mencegah kelainan pada otak
  3. Mencegah osteoporosis
  4. Menjaga sistem imun
  5. Mencegah katarak
  6. Mencegah gangguan ginjal

Magnesium

  1. Menjaga kesehatan tulan
  2. Baik untuk diabetes
  3. Menjaga kesehatan jantung

Sungguh beraneka ragam manfaat yang akan diperoleh dari mengkonsumsi kacang panjang. Konsumsilah kacang panjang dengan beragam menu lezat dengan bahan makanan kacang panjang ini. Tidak hanya lidah anda yang merasakan nikmatnya, namun tubuh tetap sehat dengan manfaat kacang panjang.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,

Referensi   [ + ]

1. WhFoods, What’s New and Beneficial about Green Beans. Diakses 24 November 2014
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:55 Oleh :
Kategori : Sayuran