Sponsors Link

7 Manfaat Extra Virgin Olive Oil

Sponsors Link

Minyak zaitun atau biasa dikenal dengan olive oil terbuat dari buah zaitun. Pohon zaitun biasanya tumbuh didaerah kering, seperti wilayah Timur tengah dan Afrika utara. Pohon zaitun bisanya tumbuh lambat, memiliki batang yang keriput dan bewarna abu-abu ramping dengan bentuk cabang yang pecah-pecah. Pertumbuhan dari pohon zaitun sendiri mampu tumbuh hingga 50 meter dan dapat hidup selama 500 tahun pada habitat alaminya. Olive oil sendiri diperoleh dengan cara mengekstraksi buah zaitun yang sudah tua hingga keluar sari minyaknya.

ads

Virgin olive oil adalah minyak nabati dengan kandungan minyak tak jenuh yang sangat tinggi, terutama kandungan asam oleik dan polifenolnya. Sejak zaman dahulu oilve oil sudah terkenal dengan julukan “cairan emas” yang bermanfaat sebagai obat luar, untuk mengatasi dan menanggulangi berbagai macam gangguan kulit dan rambut. Extra virgin olive oil juga dapat dikonsumsi karena memiliki banyak kandungan vitamin serta mineral yang baik untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi olive oil

Minyak zaitun murni memiliki banyak kandungan nutrisi serta vitamin yang berguna bagi kesehatan :

  • Squalene
  • Zat besi.
  • Kalsium
  • Pottasium
  • Polifenol
  • Triglesida
  • Oleic Acid
  • Tokoferol
  • Senyawa fenolik
  • Vitamin A, B1, B2, C, D, E, dan K

Ada terdapat 3 jenis olive oil, yaitu :

  1. Extra virgin olive oil – Jenis ini merupakan minyak zaitun yang paling murni dengan memiliki kadar keasidan 0.5-1 peratus. Ciri-ciri dari extra virgin olive oil adalah berwarna kehijauan dan memiliki aroma serta rasa yang jauh lebih tajam. Minyak jenis ini disarankan sebaiknya dikonsumsi secara langsung. Jangan digunakan untuk menumis apalagi menggoreng karena extra virgin olive oil memiliki kandungan minyak yang rendah.
  2. Virgin Olive Oil – Jenis ini memiliki kandungan asid sekitar 4 peratus. Virgin olive oil biasanya berwarna kuning kehijauan dan sering digunakan sebagai campuran masakan.
  3. Olive oil – Pada jenis ini mangandung keasidan lebih dari 4 peratus. Dari segi warna, jenis ini memiliki warna kekuning-kuningan serta biasanya digunakan sebagai pengganti minyak saat menggoreng masakan itali.

Nah, itulah beberapa jenis olive oil yang tersebar dipasaran dan memiliki khasiat masing-masing. Selanjutnya kita akan membahas lebih jauh mengenai manfaat apa saja yang terdapat dalam extra virgin olive oil. Berikut ini diantaranya :

1. Dapat menjaga kesehatan jantung

Extra virgin olive oil memiliki khasiat utama yaitu sangat baik bagi kesehatan jantung. Minyak jenis ini dapat menurunkan kadar lemak jahat yang ada dalam tubuh dan meningkatkan kadar lemak baik. Jika kolesterol dalam darah menurun, maka secara otomatis kesehatan pembuluh darah organ jantung juga akan terjaga. Mengkonsumi extra virgin olive oil dapat menghindari resiko terserang penyakit jantung seperti jantung koroner, stroke, dan berbagai penyakit lainnya.

2. Mengurangi rasa sakit pada payudara

Menjelang masa kelahiran bayi puting payudara sang ibu cenderung terasa sakit akibat payudara yang terus membesar. Oleskan extra virgin olive oil pada area puting secara teratur.

3. Dapat dijadikan sebagai antioksidan

Dalam extra virgin olive oil juga terkandung polifenol yang sangat tinggi, zat jenis polifenol ini juga terdapat dalam buah anggur, jeruk, apel, dan teh hijau. Fungsi dari polifenol itu sendiri ialah menghindari kita dari serangan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

ads

4. Mencegah konstipasi pada ibu hamil

Penggunaan extra virgin olive oil untuk bagian luar tubuh ibu hamil, dapat berfungsi untuk menghilangkan gurat-gurat putih pada perut yang diakibatkan karena perut yang terus melar. Tidak hanya untuk pemakaian luar saja, akan tetapi minyak jenis ini juga dapat dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mengatasi sembelit. Namun sebaiknya sebelum mengkonsumsi konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

5. Dapat memberikan kelembutan pada rambut

Rambut seseorang cenderung mengalami kerusakan akibat produk-produk kesehatan rambut yang mengandung sulfat, kandungan sulfat yang terdapat dalam produk tersebut bisa menghilangkan kelembaban pada rambut. Oleskan minyak ini pada seluruh rambut, gunakan minyak ini secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal sehingga rambut akan kembali lembut dan sehat berkilau.

6. Dapat menjaga kesehatan bibir

Bibir yang kering dan pecah-pecah di karenakan oleh kurangnya nutrisi yang diterima oleh bibir. Untuk mengembalikan kelembaban dan kesehatan bibir, sebaikknya oleskan extra virgin olive oil pada area bibir pada malam hari menjelang tidur.

7. Menjaga kesehatan kuku

Ternyata jemari tangan dan kaki yang direndam dengan larutan minyak zaitun dan air hangat memiliki khasiat untuk memperkuat kuku dan juga dapat melembutkan kuku. Cobalah rutin melakukan aktivitas ini satu kali seminggu selama 20 menit dan silahkan rasakan manfaatnya.

8. Dapat dimanfaatkan sebagai lotion tubuh

Minyak zaitun murni ini juga dapat digunakan sebagai lotion dan bisa dioleskan pada seluruh tubuh. Hal ini berguna untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit tubuh. Selain sebagai lotion, olive oil juga dapat dijadikan sebagai lulur atau sabun.

9. Dapat menghilangkan rasa nyeri

Terdapat senyawa yang bernama oleokantal dalam olive oil yang berguna untuk mencegah peradangan. Dengan menggunakan extra virgin olive oil dapat membantu pembentukan prostagladin yang merupakan salah satu penyebab nyeri.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan tambahan pengetahuan bagi kita semua.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 26th, November 2015 / 09:49 Oleh :
Kategori : Herbal