8 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Wanita

Kemangi (Ocimum basilicum) merupakan tumbuhan beraroma berbentuk perdu dengan tinggi mencapai 100 cm. Kemangi memiliki tubuh yang dibalut bulu halus yang aman disentuh. Kemangi memiliki bunga yang tersusun pada tandan yang tegak serta daun yang panjang, tegak dan berbentuk bulat telur. Panjang daun dapat mencapai hingga 5 cm dengan ujung yang bisa tumpul maupun tajam. Kemangi terasa pahit dan memiliki aroma sangat khas sekali.

artikel terkait manfaat daun kemangi:

Masyarakat Indonesia sering menjadikan daun kemangi sebagai lalapan, yang biasanya dimakan bersama-sama dnegan daun kubis, irisan mentimun dan sambal. Daun kemangi juga dapat dijadikan campuran makanan seperti pepes dikarenakan aromanya yang pas yang berasal dari kandungan sitrat yang terdapat dalam daun kemangi. Aroma yang terdapat dalam kemangi ini bagi sebagian orang dijadikan sebagai peningkat nafsu makan. Selain itu, daun kemangi juga memiliki manfaat untuk dijadikan obat tradisional maupun obat herbal. Hal ini dikarenakan kemangi mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

Bagi Anda yang tidak tertarik untuk mengkonsumsi kemangi, mungkin Anda perlu mengetahui terlebih dahulu kandungan kemangi maupun khasiat yang dapat diperoleh dari kemangi, khususnya bagi wanita. Berikut merupakan informasinya.

Kandungan daun kemangi

Daun kemangi memiliki dua jenis kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu kandungan nutrisi maupun kandungan non nutrisi. Dari segi kandungan  nutrisi, daun kemangi setidaknya memiliki kandungan pro Vitamin A (beta karoten), Vitamin B, Vitamin C, Kolagen dan Fosfor. Dalam setiap 100 gram daun kemangi, teradpat setidatnya 5.000 SI Vitamin A, 45 mg Kalsium dan 75 mg fosfor. Kamudian dalam sebuah penelitian terhadap 10 gram daun kemangi, ditemukan beberapa kandungan nutrisi sebagai berikut.

Tabel 1. Kandungan Nutrisi Daun Kemangi per 10 gram

Kandungan Nutrisi Daun Kemangi Jumlah (per 10 gram)
Vitamin A 750 RE
Vitamin B 0,08 mg
Vitamin C 50 mg
Energi 46 kkal
Karbohidrat 8,9 gr
Kalsium 45 mg
Protein 4,0 gr
Lemak 0,5 gr
Fosfor 75 mg
Zat Besi 2 mg
Air 85 gr

Selain itu daun kemangi juga memiliki kandungan non nutrisi yang terdiri dari senyawa-senyawa Sitrat, Sineol, Stsiri, Zat Arigin, Senyawa Anetol, Zal Flavonoid, Boron, Eugenol, Betakarotin, Zat Triptofan dsb, juga terdapat kandungan minyak atsiri.

Bagaimana? Apakah Anda masih belum tertarik untuk mengkonsumsi daun kemangi meskipun telah mengetahui kandungan-kandungannya? Mungkin penjelasan berikut mengenai manfaat daun kemangi bagi Anda para wanita dapat membantu Anda.

artikel terkait: manfaat daun sirsak untuk dietmanfaat daun pepaya muda

Manfaat Daun Kemangi untuk Wanita

Meskipun sebagian orang tidak suka mengkonsumsi daun kemangi dikarenakan baunya yang khas, namun kemangi sebenarnya sangat bermanfaat untuk tubuh manusia, khususnya wanita. Salah satu manfaat yang paling esensial bagi wanita adalah kemangi dapat berguna untuk mengatasi masalah daerah kewanitaan.

artikel terkait: manfaat daun jambu biji untuk diare

Manfaat Daun Kemangi untuk Daerah Kewanitaan

Adalah dambaan bagi para wanita untuk memiliki organ kewanitaan yang harum dan keset. Bahan alami yang aman seperti daun kemangi dapat gigunakan untuk menjadikan organ kewanitaan Anda harum, bersih dan bebas bakteri. Daun kemangi memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat berguna untuk menjaga keharuman tubuh, termasuk organ intim kewanitaan. Selain itu, kandungan euganol pada daun kemangi juga dapat bermanfaat untuk membunuh kuman dan munculnya jamuryang menyebabkan timbulnya bau tak sedap pada organ intim kewanitaan. Kandungan senyawa euganol pada daun kemangi ini juga dapat berguna untuk membasmi jamur yang menyebabkan keputihan pada wanita.

Meskipun demikian, daun kemangi tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai sabun antiseptik yang langsung digunakan atau dibilas pada organ kewanitaan. Hal ini dikarenakan penggunaan daun kemangi sebagai sabun antiseptik lansung dapat menimbulkan resiko organ kewanitaan menjadi kering. Untuk itu, alangkah baiknya apabila daun kemangi dikonsumsi sebagai lalapan maupun ramuan minuman kesehatan.

Adapun cara membuat ramuan minuman kesehatan dari daun kemangi adalah sebagai berikut.

  • Ambil satu genggam daun kemangi yang masih segar, cuci hingga bersih dengan menggunakan air mengalir
  • Tumbuk hingga halus daun kemangi tersebut, peras airnya dan saring menggunakan sehelai kain halus yang bersih
  • Tambahkan satu sendok madu dan  juga garam seujung kuku pada perasan daun kemangi tersebut
  • Aduk ramuan hingga benar-benar tercampur rata
  • Minum ramuan daun kemangi ini di pagi hari secara rutin
  • Apabila Anda telah mendapatkan hasil yang diinginkan dari konsumsi ramuan daun kemangi ini, Anda dapat meminum ramuan ini setiap 2 minggu sehari

artikel terkait: manfaat akar kelapamanfaat wedang uwuhmanfaat binahong merah

Manfaat Kemangi untuk kesehatan wanita

Selain dapat digunakan untuk mengatasi masalah daerah kewanitaan, kemangi juga memiliki manfaat-manfaat berikut yang juga berguna bagi kesehatan wanita. Manfaat-manfaat itu antara lain sebagai berikut :

1. Merangsang Sel Telur

Daun kemangi sangat membantu wanita dalam proses pematangan sel terlur (ovulasi). Hal ini dikarenakan andungan zat Stigmaaterol pada kaun kemangi dapat merangsang pematangan sel telur pada wanita.

2. Menunda Menopouse

Kandungan zat Triptofan pada kemangi dapat menunda menopause pada wanita. Menopouse sendiri adalah berhentinya siklus menstruasi secara fisiologis pada wanita yang berkaitan dengan tingkat usia lanjut.

3. Memperlancar ASI

Konsumsi daun kemangi sangat berguna bagi kelancaran ASI ibu menyusui. Hal ii dikarenakan daun kemangi mengandung mineral yang sangat berguna sekali untuk memperlancar produksi ASI.

4. Manfaat bagi Ibu Hamil

Konsumsi daun kemangi dapat membantu menjaga perkembangan janin  pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan kemangi mengandung mineral dan kalsium yang berguna bagi ibu halmil. Selain itu, daun kemangi dapat mengatasi gangguan pencernaan pada ibu hamil serta dapat mencegah sariawan yang diderita oleh ibu hamil.

5. Mencegah Jerawat dan Komedo

Daun kemangi dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dikarenakan kandungan zat anti bakteri dan anti jamur yang dapat memurnikan darah dan membuang racun dari tubuh. Untuk mengatasi jerawat, daun kemangi dapat dijadikan sebagai pasta yang diaplikasikan di wajah untuk mencegah peradangan.

Selain itu, daun kemangi juga dapat digunakan untuk mencegah timbulnya komedo dengan cara menempatkan daun kemangi pada dua bagian atas kedua sisi hidung. Setelah 5 menit, lepas daun kemangi kemudian bilas.

6. Mencegah Rambut Rontok pada Wanita

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya penampilan meruapakan hal yang sangat penting bagi wanita, termasuk masalah rambut. Daun kemangi dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok dengan cara menambahkan daun kemangi pada minyak rambut sebelum diaplikasikan. Niscaya, kulit kepada Anda akan tetap dingin, rasa gatal berkurang dan pertumbuhan rambut pun meningkat.

artikel terkait: manfaat rebusan kayu manismanfaat daun srikayamanfaat jamur kombucha

Demikian merupakan informasi mengenai manfaat daun kemangi untuk wanita. Setelah Anda mengetahui manfaat-manfaat tersebut, ada baiknya bagi Anda yang tidak menyukai daun kemangi untuk mulai mengkonsumsinya secara rutin. Namun sayangnya, meskipun daun kemangi memiliki banyak manfaat, kemangi tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Hal ini dikarenakan daun kemangi memiliki kandungan asam yang tinggi yang dapat menyebabkan pegal dan linu pada penderita asam urat.

, ,
Post Date: Wednesday 24th, August 2016 / 13:38 Oleh :
Kategori : Herbal