Sponsors Link

14 Manfaat Daun Ginseng Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Seringkali masyarakat mengenal tanaman ginseng berasal dari Korea, padahal jenis tanaman ginseng lain juga ditemukan di pasaran seperti tanaman ginseng Jepang, Amerika, Himalaya, Siberia, padang pasir dan juga Jawa. Namun masyarakat lebih familiar dengan ginseng Korea. Salah seorang botanis ternama bernama C.S Meyer memberi nama sebuah tanaman ginseng, Korea dengan sebutan Panax ginseng, yang artinya pan adalah semua dan ax dari axos yang berarti obat. Sehingga diartikan obat dari segala penyakit.


Jenis Tanaman Ginseng

Jenis tanaman gingseng dibawah ini merupakan tanaman yang diakui oleh herbalis dunia seperti berikut ini :

manfaat daun ginseng

Nama Tanaman GingsengNama latin
Gingseng Korea/CinaPanax gingseng (Araliaceae)
Gingseng JepangPanax japonicum (Araliaceae)
Gingseng AmerikaPanax quinquefolius (Araliaceae)
Gingseng HimalayaPanax pseudogingseng (Araliaceae)
Gingseng SiberiaEleutherococcus senticocus (Araliaceae)
Gingseng Padang pasirRumex hymenosepalus (Polygonaceae)
Gingseng JawaTalinum paniculatum (Portulacaceae)

Ciri-ciri daun ginseng berwarna hijau terang atau agak keputihan. Kedudukan daun berhadapan atau bersilangan, tangkainya pendek, bulat telur sungsang. Pada tepi daunnya rata dengan tulang yang menyirip. Pada ujung dan pangkal runcing. Ukuran panjangnya 3-10 cm dengan lebar 1,5-5 cm. Permukaan daun yang lembut dan licin tersebut pada bagian lapisan bawah daun berwarna hijau muda.


Khasiat Umum Tanaman Ginseng

Untuk di Cina sendiri, tanaman ini dianggap memiliki khasiat ajaib, semakin tua usia ginseng tersebut maka semakin baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kaitannya dengan mental seorang manusia. Selain menambah stamina juga menstabilkan fisiologis tubuh, dapat menurunkan kolesterol dan dapat mencegah sakit kanker. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat ginseng dapat menangani penyakit alzhemer jika dikonsumsi teratur. Selain itu, penyakit diabetes dapat menurunkan kadar gula serta sebagai anti aging atau anti penuaan.


1. Digunakan untuk Obat Kuat

Hal ini diyakini secara jamak oleh masyarakat. Dalam komposisi ginseng sendiri, mengandung saponin dimana merupakan glikosida yang dapat merangsang selaput lendir, menambah jumlah darah dan memperbaiki sirkulasi darah pada tubuh. Selain itu, kemampuannya dapat mengatur kelebihan gula darah dan juga tidak kekurangan, merupakan manfaat dari panaxoside dalam tanaman ini, sehingga badan lebih fit.

2. Kandungan Antioksidan

Jika tubuh sedang sakit, hal ini terjadi karena adanya radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit. Inilah akar mula sakit terjadi. Sel pada jaringan yang rusak dapat mengakibatkan ateroklerosis, jantung, stroke, gagal ginjal dan penuaan dini. Pada daun ginseng mengandung manfaat senyawa flavanoid yang dapat dijadikan antioksidan yang tinggi. Begitu juga dengan senyawa fenoliknya yang mengandung manfaat antioksidan alami. Senyawa antioksidan dari fenolik ini memiliki beberapa peran diantaranya mampu mereduksi. Menangkap radikal bebas, peredam terbentuknya oksigen singlet.

3. Obat Alzheimer 

Manfaat daun ginseng yang dimakan mentah atau dimasak, bisa juga di seduh menjadi manfaat teh herbal. Jika diminum teratur maka teh daun ginseng dapat  mengobati Alzheimer. Pencegahan alzheimer juga bisa didapatkan dari :

4. Pencegah Iskemia Jantung

Pada ekstrak daun ginseng sendiri memiliki efek pada sistem jantung dan pembuluh darah dapat mencegah iskemia. Iskemia adalah gejala menurunnya aliran darah pada sel yang dapat menyebabkan perubahan secara fungsional.

5. Efek Anti Kanker

Efek anti kanker pada manfaat daun ginseng adalah fungsi farmakologi yang penting. Efek anti kanker ditemukan dalam ekstrak daun ginseng Cina, penemuan ini ditemukan setelah polisakarida asam dari ginseng Cina daun ditingkatkan efek terapinya. Hal ini untuk mengurangi komplikasi hematopoietik yang disebabkan oleh penderita kanker yang menjalani kemoterapi sistemik atau terapi radiasi.

Polisakarida asam dapat menjadi agen immunotropik dan ampuh untuk meningkatkan imunitas, juga sebagai obat anti kanker untuk mengobati pasien kanker urologis. Begitu juga pada ekstrak daun ginseng India (Ashwagandha) yang juga memiliki aktivitas anti kanker. Kandungan saponin dari Panax ginseng ini pada daunnya dilindungi oleh siklofosfamid (yang biasa digunakan untuk senyawa anti-kanker). Hal ini dibuktikan dalam penelitian dimana hewan coba diinduksi genotoxicity dan apopotosis dalam sel sumsum tulang dan limfosit perifer pada tikus, kemudian ditemukan ekstrak daun ginseng menjadi obat anti kanker.

6. Efek anti hiperglikemia

Pada sepertiga dari pasien diabetes menggunakan suplemen makanan atau obat-obatan alternatif. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa ginseng adalah obat alternatif yang bagus untuk mengobati diabetes dan ekstrak daun ginseng juga memiliki efek anti-diabetes. Hal ini ditemukan pada daun ginseng Cina dan Amerika yang dikenal memiliki efek anti hiperglikemia. Penelitian pada ekstraknya untuk mengurangi hiperglikemia dan pada tikus. Ekstrak daun ginseng dan akarnya akan meningkatkan kemampuan pada sekresi glukosa untuk insulin dalam darah.

Obat anti diabetes ini juga terdapat pada :

7. Efek anti obesitas

Obesitas adalah kelebihan berat badan yang dapat membuat gangguan medis yang serius sehingga dapat berpengaruh terhadap banyak masalah kesehatan. Seperti berkembangnya menjadi penyakit jantung, hipertensi dan diabetes. Ekstrak daun ginseng Amerika dan Cina memiliki aktivitas anti obesitas. Hal ini ditemukan dalam penelitian bahwa ekstrak daun ginseng Amerika secara signifikan mengurangi berat badan pada orang dewasa.

8. Efek anti penuaan

sponsored links

Pada sebuah uji klinis menunjukkan bahwa formula obat yang mengandung manfaat daun ginseng Cina, dapat meningkatkan berbagai gejala yang berhubungan dengan penuaan. Hal ini disebabkan daun ginseng dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan hormon, juga menghalangi radikal bebas.

Manfaat Daun Gingseng Jawa

Salah satu jenis daun ginseng yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan adalah daun ginseng jawa. Kandungan zat daun ginseng jawa memiliki komposisi dan manfaatnya sebagai berikut :

  1. Saponin, rasanya manis dan netral dapat menguatkan paru-paru, melancarkan sirkulasi darah dan mengatur maksimal pada sistem syaraf pusat dan tepi, anti infalamasi.
  2. Flavanoid, sama dengan manfaat saponin pada daun ginseng, mengurangi pembengkakan, anti bakteri, antioksidan, antiviral dan anti histamin.
  3. Steroid, berkhasiat dalam meningkatkan nafsu makan.
  4. Minyak atsiri, berkhasiat sama dengan steroid. 

Beberapa manfaat yang didapatkan dari daun gingseng Jawa adalah dapat menyembuhkan bisul, melancarkan asi dan jika seseorang mengalami penurunan nafsu makan, maka dapat diatasi dengan daun gingseng Jawa ini.

5. Gingseng jawa untuk mengatasi bisul

Cara menghilangkan Bisul dengan daun gingseng jawa adalah sebagai berikut.

Bahan :Daun gingseng jawa segar sejumput dan gula merah secukupnya
Cara meramu :Daun dicuci bersih lalu ditambah gula merah dan ditumbuk hingga halus
Cara pakai :Hasil tumbukkan ditempel pada bisul dan lakukan dua kali sehari

 6. Gingseng jawa untuk melancarkan ASI

Cara membuat ramuan pelancar ASI dengan daun gingseng jawa adalah sebagai berikut.

Bahan :Daun gingseng jawa segar secukupnya
Cara meramu :Daun dicuci bersih lalu ditumis
Cara pakai :Hasil tumisan gingseng dapat dimakan 2-3 kali dalam sehari

Cara mengolah daun ginseng tidak bisa disimpan terlebih dahulu dalam waktu yang lama karena mudah membusuk. Pemanenan daun ginseng sendiri bisa dilakukan sekali atau beberapa kali. Untuk penyimpanan yang lama daun ginseng biasanya dipetik bersama tangkai, kemudian di simpan didalam wadah yang sedikit di genangi air, sehingga daun tetap segar. Untuk konsumsi, daun dapat bertahan kesegarannya 2-3 hari dalam suhu ruang.


Daun ginseng dijual di supermarket dan berjajar dengan sayuran yang lain. Akan tetapi daun gingseng harus disiapkan dalam keadaan segar, karena bisa cepat membusuk. Daun ginseng dapat dimasak seperti manfaat sayur-sayuran biasa, dapat sebagai campuran atau tambahan sayuran kedalam mi rebus. Sayur bening atau tumis daun ginseng bisa dicoba.


Demikian informasi terkait daun ginseng, dimana tanaman ini tak harus didatangkan dari Korea atau Cina karena Indonesia pun memilikinya bahakan tumbuh secara liar.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 27th, April 2015 / 07:56 Oleh :
Kategori : Herbal