14 Manfaat Bunga Gemitir untuk Kesehatan dan Obat Herbal

Bunga gemitir (Tagetes erecta L) atau yang dikenal sebagai bunga marygold merupakan bunga yang berasal dari daerah Bali dan hampir digunakan setiap hari untuk upacara keagamaan. Bahkan, bunga ini juga sangat terkenal di India sebagai bunga yang sangat suci karena digunakan sebagai hiasan pada patung dewa.

Bunga gemitir tidak hanya mampu digunakan sebagai hiasan, namun juga sebagai obat herbal yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan alami pada bunga gemitir yaitu karotenoid (manfaat karoten adalah mencegah penyakit jantung dan meningkatkan sistem imun), translutein, dan senyawa lainnya. Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam bunga gemitir bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit.

Berikut ini adalah manfaat bunga gemitir bagi kesehatan manusia, yaitu:

  1. Mencegah kanker

Bunga gemitir berfungsi sebagai antikarsinogenik atau sering dikenal sebagai solusi kanker.

  1. Antioksidan

Kandungan yang terkandung dalam bunga gemitir berfungsi untuk melawan radikal bebas pada tubuh, yang secara tidak langsung berguna untuk mencegah terjadinya kanker dan kemungkinan adanya penuaan dini. Manfaat antioksidan adalah membantu diri Anda agar selalu terlihat cerah dan awet muda.

  1. Mengobati masalah pencernaan

Bunga gemitir mampu melindungi lambung dan usus, sehingga mampu membantu mengobati diri dari penyakit tukak lambung, gastritis, dan kanker lambung. Selain itu, bunga gemitir mampu membantu sistem pencernaan agar berjalan lancar, dalam hal ini termasuk melancarkan buang air besar.

  1. Mencegah serangan bakteri

Bunga gemitir sangat bermanfaat untuk mencegah serangan bakteri di dalam tubuh.

  1. Mengobati demam

Bunga gemitir mampu mengatasi gejala demam yang melanda, dimana kandungannya mampu menurunkan panas demam dan mengontrolnya agar tidak mudah naik kembali.

  1. Mengatasi sakit tenggorokan, mengencerkan dahak, obat batuk
  2. Mengatasi nyeri menstruasi dan menopause

Nyeri selama menstruasi seringkali menjadi permasalahan yang sangat mengganggu bagi seorang wanita. Namun, hal ini dapat diatasi dengan meminum teh bunga gemitir sebab kandungan di dalamnya bersifat sebagai emmenagogic (herba yang membantu menstimulasi aliran darah di area panggul dan uterus, sehingga mampu merangsang menstruasi) yang mampu menenangkan rahim. Selain itu, mengonsumsi teh ini mampu meringankan gejala menopause.

  1. Membantu melembabkan kulit

Minyak yang dihasilkan oleh bunga gemitir mampu menjadi obat yang cukup efektif dalam mengobati kulit yang kering. Minyak bunga gemitir juga dikenal mampu menyembuhkan masalah kulit lainnya seperti eksim, psoriasis, gatal-gatal, bahkan ruam popok yang umumnya dapat dijumpai pada tubuh bayi.

  1. Mengurangi peradangan

Minyak bunga gemitir diketahui mengandung zat yang berfungsi sebagai antiinflamais yang sangat baik dalam mengurangi peradangan dan mengurangi pembengkakan akibat cedera yang melanda.

  1. Menjaga kesehatan mata

Bunga gemitir mengandung vitamin A yang membantu menjaga kesehatan mata serta membantu memperbaiki penglihatan. Manfaat vitamin A bagi kesehatan adalah mata Anda akan semakin tajam setelah mengonsumsi bunga gemitir. Berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan mata dapat terhindarkan setelah konsumsi bunga tersebut, termasuk penyakit katarak yang akan sangat mengganggu penglihatan.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Bunga gemitir juga memiliki kandungan vitamin C. Manfaat vitamin C adalah membuat daya tahan tubuh semakin meningkat. Daya tahan tubuh yang semakin meningkat ini mampu menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit menular.

  1. Peluruh kencing
  2. Detoksifikasi

Bunga gemitir mampu bersifat sebagai detoksifikasi. Manfaat detoksifikasi yaitu membantu membersihkan racun dari dalam tubuh, terutama dari hati dan kantung empedu. Hal ini akan sangat membantu tubuh menjadi bugar dan terhindar dari berbagai penyakit, serta efek negatif yang mungkin melanda tubuh.


  1. Agen penyembuhan luka yang cepat

Bunga gemitir juga memiliki sifat antimikroba dan antiseptic yang mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Pembuatan Teh Bunga Gemitir

Membuat teh bunga gemitir tidaklah sulit. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah dengan mengikuti langkah berikut :

  • Bunga gemitir disiapkan dan diletakkna di dalam mangkok sebanyak 20 – 30 buah atau dengan berat 5 – 15 gram. Kemudian bunga dicuci bersih dengan menggunakan air mengalir dan ditiriskan.
  • Bunga gemitir dihambur-hamburkan dari kelopak bunganya sehingga membentuk helaian kecil. Setelah membentuk helaian kecil, maka helaian bunga akan dikeringkan dengan alat pengering seperti oven. Jika tidak ada alat pengering, maka dapat dijemur di bawah sinar matahari terik selama 2 – 3 hari hingga kering secara total, selanjutnya bunga dimasukkan ke dalam kantung teh.
  • Saat akan menikmati teh bunga gemitir, maka air hangat perlu disiapkan dalam gelas, kemudian persiapkan seperti mengonsumsi teh biasa. Sediaan bunga gemitir yang telah siap di dalam kantong teh, dicelupkan. Namun, jika bunga gemitir tidak dikemas dalam kantung teh, maka dilakukan dengan merebus bunga gemitir yang telah kering dengan air mendidih hingga warnanya berubah menjadi cokelat keemasan. Apabila warna telah berubah, air rebusan bunga gemitir disaring dan teh bunga gemitir telah siap dihidangkan.

Namun, apabila bunga gemitir ingin digunakan sebagai obat luar, maka bunga gemitir ditambahkan dengan cuka beras putih dan digunakan pada tempat yang sakit seperti gondongan, radang payudara, dan pegal linu.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal