33 Manfaat Buah Kuini Bagi Kesehatan

Buah kuini atau buah kueni ; kweni merupakan salah satu jenis buah berdaging manis dan berwarna oranye. Buah kueni masih satu family dari buah oranye lainnya, yaitu buah mangga. Memiliki bentuk dan rasa, serta tekstur buah yang mirip seperti buah manga, buah kueni sendiri dapat menjadi alternative bagi anda yang suka dengan buah mangga. Namun demikian mungkin buah kueni agak sulit diperoleh dibandingkan buah mangga.

Perbedaan Kuini dan Mangga

Buah kueni memiliki pohon yang juga mirip seperti pohon mangga. Perbedaan antara buah kueni dengan mangga adalah tekstur seratnya yang lebih halus dan daging buahnya yang lebih lembut. Satu lagi jenis mangga yang dapat dibandingkan adalah jenis bacang. Buah kueni dinilai sebagai gabungan antara buah bacang dengan buah mangga.

manfaat-buah-kuiniBuah kueni biasanya ditanam di pekarang rumah dan dipelihara sebagai jenis tanaman pekarangan, seperti jenis buah-buahan lainnya. Tidak ada perlakuan khusus dari pohon buah kueni ini. Kueni sendiri memiliki keunggulan dibandingkan saudaranya, si buah mangga, antara lain :

  1. Daging buahnya yang lebih lembut
  2. Wangi yang tidak begitu menyengat
  3. Daging yang tidak terlalu memiliki serat
  4. Memiliki banyak sari buah.

Dari segi manfaat dan kegunaan, buah kuini memiliki keunggulan yang tidak jauh berbeda dengan manfaat mangga pada umumnya. Hal ini dikarenakan buah mangga dan buah kueni berasal dari jenis yang sama, sehingga memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang hampir sama pula. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah kueni :

1. Anti Kanker

Sama seperti buah mangga, buah kueni memiliki kandungan manfaat antioksidan yang cukup tinggi. Hal ini akan membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Dan juga yang paling penting adalah sanggup untuk mencegah terjadinya penyakit kanker.

2. Indeks glikemik yang rendah.

Buah kueni memiliki indeks kandungan gula darah atau glikemik yang rendah. Itu artinya, buah kueni apabila dikonsumsi secara wajar, tidak akan menaikkan kadar gula darah secara signifikan, dan aman dikonsumsi bagi yang menderita penyakit diabetes.

3. Mengatasi Jerawat

Beberapa ahli mengatakan bahwa buah kueni dapat membersihkan pori-pori kulit yang mengalami penyumbatan. Hal ini karena manfaat buah kuini berpotensi untuk membersihkan kulit, agar menjadi lebih cerah dan dapat menghilangkan jerawat yang mengganggu. Hal ini tentu saja akan menambah rasa percaya diri.

Manfaat Buah Kuini di dalam Kandungan Gizinya

Buah kueni memiliki kandungan nutrisi yang baik dan berguna juga bagi tubuh kita. Apa saja kandungan nutrisi dan manfaatnya? Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang dimiliki oleh buah kueni :

1. Serat

Buah kueni mengandung serat yang cukup tinggi. Sama seperti manfaat buah-buahan lain, serat ini sangat penting bagi tubuh kita sehari-hari. Serat dapat bermanfaat dan berguna untuk :

  • Melancarkan pencernaan
  • Mencegah terjadinya sembelit
  • Mencegah terjadinya gangguan pencernaan, seperti gagal ginjal dan batu ginjal
  • Mengikat lemak yang masuk di dalam tubuh

2. Vitamin A

Buah kueni juga mengandung banyak vitamin A. Janganlah hanya berpikir bahwa vitamin A hanya ada pada manfaat wortel saja. Buah-buahan lain seperti kuini juga memiliki kandungan vitamijn A yang tinggi dan baik untuk tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari vitamin A dalam kuini :

  • Menjaga kesehatan mata
  • Meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah terjadinya gangguan pada mata, seperti rabun jauh, mata minus, mata plus, dan silindris

3. Vitamin B6

Sama seperti saudaranyayaitu mangga, buah kueni juga mengandung vitamin B6 yang tinggi. Vitamin B6 yang ada di dalam buah kueni jumlahnya kira-kira sekitar 10%. Cukup besar bukan? Berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin B kompleks yaitu vitamin B16 :

  • Meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh
  • Membantu proses pencernaan dari kandungan protein yang masuk ke dalam tubuh
  • Membantu proses pertumbuhan dan perkembangan dari sel-sel

4. Vitamin C

Ini dia salah satu kandungan tertinggi dari buah kueni yaitu Vitamin C. Kandungannya bisa mencapai separuh atau kurang lebih 40-50 % kandungan vitamin C per 100 gr buah kueni. Hal ini merupakan kandungan nutrisi tertinggi yang dimiliki oleh buah kueni, mangga dan bacang. Berikut ini merupakan manfaat vitamin C :

  • Meningkatkan dan menjaga imunitas atau sistem kekebalan tubuh
  • Sebagai zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas
  • Mencegah dan mengobati terjadinya sariawan
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Dapat membunuh kuman-kuman serta bakteri

5. Kalsium

Walaupun hanya sedikit, buah kueni ternyata memiliki kandungan kalsium yang juga baik untuk tubuh kita. Paling tidak, kalsium yang terkandung di dalam manfaat buah kuini dapat membantu pemenuhan kebutuhan akan kalsium setiap harinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat kalsium :

  • Menjaga kesehatan tulang
  • Mencegah terjadinya gangguan pada tulang, seperti osteoporosis dan keretakan tulang
  • Memperkuat struktur tulang dan gigi
  • Menambah tinggi badan

6. Zat besi

Buah kueni juga memiliki kandungan zat besi yang untuk memnuhi kebutuhan zat besi dalam satu hari. Manfaat zat besi sendiri memiliki banyak kegunaan, antara lain :

  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Menambah kandungan darah di dalam tubuh.

7. Fosfor

Dalam 100 gr buah kuini, kira – kira terdapat 11 mg fosfor atau sekitar 2 %. Fosfor memiliki manfaat yang berdampingan dengan kalsium yang diserap oleh tubuh, yaitu dalam hal menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi manusia.

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda peroleh dari konsumsi buah kueni. Namun perlu diingat, sama seperti buah mangga, anda harus dapat mengontrol dan menjaga agar tidak mengkonsumsi buah ini secara berlebihan. Karena walaupun memiliki indeks glikemik yang rendah, tetap saja akan berpotensi mengalami kelebihan gula ketika mengkonsumsi secara berlebihan.

, , , ,
Post Date: Monday 06th, April 2015 / 03:25 Oleh :
Kategori : Buah Buahan