27 Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan

Daun sembung biasanya banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit, diantaranya penyakit maag, gatal-gatal dan lain sebagainya. Pada dasarnya daun sembung memiliki banyak manfaat karena banyak pula kandungan yang ada di dalam daun sembung tersebut. Adapun beberapa kandungan dari daun sembung adalah sebagai berikut

  • Zat Glikosida
  • Zat Tanin
  • Zat Limonene
  • Zat Cineole
  • Zat myristin
  • Zat Borneol
  • Senyawa flavonol
  • Zat pirokatechin
  • Zat limonene
  • Asam palmitin
  • Zat anti peradangan
  • Zat sesquiterpen
  • Minyak atsiri

Tanaman sumbung biasanya berada atau tumbuh di wilayah tropis ataupun sub tropis namun lebih sering tanaman sumbung ini tumbuh di daerah ladang wilayah asia tenggara. Biasanya bentuk dari daun sumbung ini adalah tegak dan pohonnya pun lumayan tinggi bisa mencapak 4 meter, selaini tu daun daunan dari daun sumbung seperti memiliki rambut yang halus-halus.

Daun sumbung biasanya berbentuk agak kasar agianatasnya sedangkan daun yang bagian bawah halus-halus sehingga sangat enak seperti selimut ketika dipegang. Bagian bawah dari daun ini bertangkai.

Daun sumbung ini memiliki kaya akan manfaat, karena adanya kandungan yang telah diruaika di atas dapat membawa manfaat yang banyak untuk kesehatan. Adapun beberpa manfaat daun sumbung untuk kesehatan adalah sebagai berikut

1. Menjaga kesehatan jantung

Jantung memiliki fungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh, jadi kesehatan jantung harus dijaga. Apalagi jantung memiliki otot khusu yang bertugas untuk berdetak. Tentu ketika jantung tidak berdetak maka akan berbahaya bagi pemilikinya. Jantung tidak hanya mengedarkan darah ke seluruh tubuh saja, tetapi juga mengendarkan oksigen keseluruh tubuh

Untuk itu karena kesehatan jantung sangat perlu, maka gunakan daun sumbung untuk mengatasi kesehatan jantung. Cara yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung sangatlah muda. Cukup membuat ramuan dari daun sumbung saja kemudian konsumsilah sebnayak 2 sampai 3 kali setiap harinya, tentu hal ini akan membantu untuk meberikan rasa sehat pada jantung


2. Mengatasi penyakit Maag

Hampir seluruh orang memiliki penyakit Maag, oleh sebab itu perlu diketahui bagaimana cara megnatasi maag baik mengatasi maag untuk anak maupun untuk orang dewasa. Dengan adanya Maag ini dapat membuat aktivitas terhambat

Pada dasarnya penyakit maag dapat dikarenakan oleh makanan yang pedas atau terlalu banyak beraktivitas, oleh karena itu daun sembung yang memiliki sifat yang hangat ini sangat efektif apabila digunakan untuk mengatasi penyakit maag

3. Sebagai Deuretik

Tanaman sembung memang memiliki sifat deuretik yang sangat kuat, sehingga hal ini akan membantu tubuh untuk mendetoksifikasi racun racun yang ada didalam tubuh

Racun di dalam tubuh sangat penting untuk segera di basmi, karena semakin banyak racun yang ada di dalamtubuh akan semakin banyak pula penyakit yang akan menumpuk di dalam tubuh.

4. Mengatasi Ambien

Penyakit ambien biasnaya dikarenakan karena maengonsumsi makanan yang pedas secara berlebihan, dengan mengonsumsi makanan yang pedas, dengan mengonsumsi makanan yang pedas dapat membuat pembuluh darah menjadi melebar. Hal ini lah yang membuat tubuh merasakan ambeien

Selain itu aktivitas duduk yang terlalu lama pun dapat memicu ambien, selain itu karena mengangkan beban yang terlalu berat juga dapat memicu adanya ambien.

Cara mengatasi ambien dengan daun sumbung pun sangatlah mudah, oleh karena itu daun sumbung sangat efektif jika digunakan untuk megatasi ambien.

5. Mengatasi Penyakit Batuk

Batuk sering terjadi, apalagi pada saat pergantian musim. Maka dari itu mengetahui bagaimana mengatasi batuk terutama menggunakan daun sumbung sangatlah penting.

Adaun cara untuk mengatasi penyakit batuk dengan menggunakan daun sumbung adalah dengan membuat ramuan dengan komposisis sebagai berikut : ambilah  5 lembar daun sumbung yang sudah cukup tua, namun jangan terlalu tua, kemuidan ambilah 2 gelas air, rebuslah 5 lembar daun sumbung yang telah diambil tadi dengan 2 gelas air sampai mendidih. Usahakan merebus daun sumbung sampai air menjadi seperuhnya.

Setelah ramuan sudah jadi maka konsumsilah secara rutin setiap hari, dengan mengonsumsi secara rutin tentu akan membantu untuk mengatasi batuk tersebut.

6. Mengatasi Penyakit Pilek

Tidak hanya dapat mengatasi batuk saja, tetapi ternyata dengan adanya daun sumbung ini pun dapat mengatasi penyakit pilek. Cara yang digunakan cukup sama antara obat untuk batuk maupun obat untuk pilek. Biasanya batuk dan pilek terjadi bersamaan.

7. Mengatasi Penyakit Diare

Daun sumbung dapat digunakan untuk mengatasi diare, kandungan anti bakteri yang ada  di dalam daun sumbung ini akan membantu daun sumbung bekerja untuk mengatasi rasa sakit yang dirasakan akibat merasakan diare.

8. Meredakan nyeri pada saat Haid

Nyeri pada saat haid biasanya dirasakan oleh hampir setiap wanita, oleh karena itu ketika kamu seorang wanita mengalami nyeri pada saat hadi tidak usah khawatir karena hal terseubt dapat diatasi dengan daun sembung

9. Anti Inflamasi

Kandungan anti inflamasi tentu dapat membantu untuk mengatasi segala penyakit yang ada di dalam tubuh manusia. Oleh karena itu hampir setiap obat herbal atau dedaunan yang biasanya digunakan sebagi obat selalu memiliki kandungan anti inflamasi.

10. Meningkatkan nafsu makan

Nafsu makan yang berkurang akan menyebabkan berbagai macam penyakit, untuk itu meningkatkan nafsu makan yang berkurang tentu harus segera dilaksanakan.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh dari memanfaatkan daun sembung, tetapi perlu kamu ketahui manfaat daun sembung tidak hanya itu saja, masih teradapat beberapa manfaat daun sembung yang belum dijelaskan di atas, namun akan disebutkan dibawah ini.


Berikut ini adalah manfaat lain dari daun sembung yang juga harus kamu ketahuii. Manfaat daun sembung dapat dimanfaatkan untuk kesehtaan maupun kecantikan.

11. Mengatasi Masuk angin

12. Meredakan sakit perut

13. Menjaga kesehatan ginjal

14. Melancarkan saluran kemih

15. Mengatasi rematik

16. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi

17. Mencegah penyakit stroke

18. Mencegah penyakit kardiovaskular

19. Mencegah penyakit kanekr

20. Memiliki sifat anti bakteri

21. Memiliki sifat anti kanker

22. Mengatasi gatal pada kulit

23. Menurunkan kadar kolestero

24. Membantu menetralisir radikal bebas

25. Memiliki sifat anti trombotik

26. Melancarkan peredaran darah

27. Menjaga kesehatan sel tubuh

Itulah 27 Manfaat daun sumbung yang dapat kamu peroleh. Sangat banyak manfaat dari daun sumbung, oleh karena itu budidaya daun sumbung untuk bebudidaya tanaman herbal dapat pula dilakukan dan tidak akan menjadi rugi. Karena pada dasarnya daun ini kaya akan manfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal