20 Manfaat Buah Gorek untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sebagian masyarakat Indonesia dan Malaysia pasti sudah tidak asing lagi dengan buah gorek. Buah yang merupakan tanaman obat ini banyak ditemukan tumbuh liar di daerah Sabah, Malaysia dan Pekan Baru, Indonesia. Karena persebarannya yang kurang meluas tanaman ini tidak mudah didapatkan. Padahal manfaatnya sangat banyak baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Di Malaysia buah gorek telah diolah dan diproduksi dalam bentuk kapsul sehingga lebih mudah didapatkan dan lebih praktis dikonsumsi. Namun di Indonesia hal ini belum dilakukan sehingga masyarakat masih mengonsumsi buah ini secara tradisional.

Artikel terkait: manfaat buah buahan

Buah ini dapat dikenali dari bentuknya yang bulat agak tidak beraturan. Batangnya agak keras dan cukup panjang, di bawah 10 meter, serta tumbuh merayap. Meskipun kaya manfaat namun buah gorek dapat diperoleh dengan harga yang cukup murah. Kekayaan manfaat buah gorek tentu didukung oleh kandungan gizi yang dimilikinya seperti senyawa flavonoid yang memiliki peran sebagai antioksidan yang sangat baik bagi tubuh.

Berikut manfaat-manfaat yang dapat diperoleh ketika mengonsumsi buah gorek:

  1. Menjaga daya tahan tubuhDaya tahan tubuh yang baik sangat diperlukan agar kita tidak mudah terserang penyakit. Karena seperti yang kita ketahui ada begitu banyak virus dan bakteri sumber penyakit di sekitar kita yang siap berkembang dan menyerang terutama ketika daya tahan tubuh tengah menurun. Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap baik salah satunya dengan mengonsumsi buah gorek.

    Artikel terkait: manfaat daun sambiloto

  2. Mencegah kerusakan selMengonsumsi buah gorek juga dapat membantu mencegah kerusakan sel sehingga fungsi-fungsi tubuh dapat berjalan dengan normal.

    Artikel terkait: 15 manfaat labu siam bagi kesehatan

  3. Menjaga kesehatan jantungJantung merupakan organ vital dalam tubuh yang mesti dijaga kesehatannya. Gangguan pada jantung dapat merembet pada berbagai gangguan tubuh lainnya. Untuk itu kita dapat mengonsumsi buah gorek agar jantung tetap sehat.

    Artikel terkait: 42 manfaat kulit manggis bagi kesehatan

  4. Membantu menyembuhkan penyakit kulit seperti eksim dan gatalPenyakit kulit seperti eksim dan gatal tidak hanya mengganggu namun juga dapat merusak penampilan. Tersedia berbagai obat baik obat dokter maupun ramuan herbal untuk membantu menyembuhkan penyakit kulit. Salah satu yang dapat menjadi pilihan kita adalah buah gorek.

    Artikel terkait: 36 manfaat daun sirsak untuk kesehatan rambut dan kulit

  5. Mengatasi hipertensiTekanan darah tinggi merupakan kondisi kesehatan yang tidak normal yang harus segera diatasi. Tekanan darah yang tinggi dapat menekan pembuluh darah sehingga dapat membahayakan kesehatan. Selain menggunakan obat-obatan dokter hipertensi juga dapat diatasi dengan mengonsumsi berbagai tanaman obat salah satunya buah gorek. Murah dan minim efek samping.

    Artikel terkait: manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi

  6. Menambah tenaga, stamina, dan vitalitas priaBuah gorek juga sangat dianjurkan untuk pria dewasa agar tenaga, stamina, dan vitalitasnya selalu terjaga.

    Artikel terkait: manfaat minyak zaitun untuk vitalitas pria

  7. Menjaga kadar gula darahKonsumsi buah gorek juga sangat membantu menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil. Mengapa demikian? Karena baik kadar gula darah dalam keadaan rendah ataupun tinggi sama-sama tidak baik bagi kesehatan. Kadar gula darah rendah menandakan kita kekurangan asupan nutrisi dan kurang istirahat. Sementara kadar gula darah tinggi menandakan asupan gula yang berlebihan, stress, atau kurang berolahraga.

    Artikel terkait: manfaat pare

  8. Mengatasi diabetesDengan kemampuannya menjaga kestabilan gula darah buah gorek sangat bermanfaat bagi penderita diabetes mellitus yang memang harus selalu menjaga kadar gula darahnya dalam batas normal.

    Artikel terkait: manfaat daun ceri untuk diabetes

  9. Mengatasi asma atau sesak napasBuah gorek juga sangat baik untuk melancarkan pernapasan termasuk pada penderita asma dan sesak napas.

    Artikel terkait: manfaat semut jepang untuk asma

  10. Mengatasi nyeri haidNyeri yang dirasakan kaum wanita ketika masa haid merupakan hal yang wajar. Namun ketika rasa nyeri tersebut terlalu kuat ada baiknya diperiksakan ke dokter. Mengonsumsi buah gorek dapat membantu para wanita dalam mengatasi nyeri haid.

    Artikel terkait: manfaat asam jawa saat haid

  11. Mengatasi keputihanKeputihan merupakan masalah kebanyakan wanita yang sangat mengganggu. Ada banyak contoh tanaman obat seperti daun sirih yang terkenal dapat mengatasi keputihan. Namun ternyata buah gorek juga memiliki manfaat yang sama sehingga sangat baik dikonsumsi oleh kaum wanita.

    Artikel terkait: manfaat kunyit putih untuk keputihan

  12. Melancarkan pencernaanMengonsumsi buah gorek juga sangat baik untuk kelancaran sistem pencernaan sehingga kita terhindar dari berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.

    Artikel terkait: manfaat yakult

  13. Meredakan gejala sakit kepalaSakit kepala yang menyerang sungguh menyiksa dan mengganggu kelancaran aktivitas sehari-hari. Apalagi jika terjadi begitu sering. Untuk mengatasinya anda dapat mencoba mengonsumsi buah gorek. Sifat analgesiknya sangat baik untuk meredakan nyeri.

    Artikel terkait: manfaat parasetamol

  14. Mengatasi ambeien atau wasirPenderita ambeien atau wasir pasti merasa sangat kesakitan ketika harus duduk lama atau ketika buang air besar karena pembuluh darah di sekitar anus mengalami peradangan atau pembengkakan. Meskipun tidak berbahaya namun penyakit ini sungguh memalukan. Untuk mengatasi penyakit ini kita dapat memanfaatkan obat tradisional seperti buah gorek.

    Artikel terkait: manfaat daun sirsak untuk wasir

  15. Membantu penurunan berat badanBuah gorek juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan sehingga layak dimasukkan dalam program diet. Daripada mengonsumsi obat-obat pelangsing yang tidak jelas lebih baik mengonsumsi obat tradisional ini.

    Artikel terkait: manfaat daun salam untuk diet

  16. Menjaga kesehatan ginjalOrgan tubuh lain yang juga mendapatkan manfaat dari buah gorek adalah ginjal. Karena seperti yang kita ketahui ginjal merupakan organ tubuh yang berperan penting dan bekerja cukup keras sehingga harus dijaga kesehatannya.

    Artikel terkait: manfaat kulit manggis untuk ginjal

  17. Membantu mengatasi asam uratManfaat lain buah gorek adalah untuk mengatasi asam urat. Asam urat ditandai dengan gejala berupa persendian yang terasa sangat nyeri, bengkak, dan panas.

    Artikel terkait: manfaat daun kelor untuk asam urat

  18. Membantu mengatasi strokeSerangan stroke merupakan hal yang sangat berbahaya bagi kesehatan serta harus ditangani dengan cepat dan tepat. Obat tradisional yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi stroke adalah buah gorek.

    Artikel terkait: manfaat obat statin

  19. Sebagai sumber antioksidanBuah gorek juga kaya akan senyawa flavonoid yang memiliki fungsi sebagai antioksidan sehingga dapat membantu tubuh menangkal perkembangan radikal bebas dalam tubuh.

    Artikel terkait: manfaat daun kelor

  20. Mencegah penuaan diniManfaat lain dari buah gorek yang tidak boleh dilupakan adalah untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan lebih awal seperti keriput di bagian wajah.

    Artikel terkait: manfaat wortel

Cara Mengolah Buah Gorek untuk Dijadikan Obat

Untuk mendapatkan kandungan buah gorek beserta semua manfaat di atas tentu kita harus meramu dan mengonsumsi buah gorek dengan benar. Buah ini biasanya diolah dengan cara direbus atau disangrai. Cara perebusan yaitu dengan merebus buah gorek yang telah dicuci bersih hingga mendidih. Kemudian air hasil rebusan yang masih hangat bisa langsung diminum. Sementara cara penyangraian melewati tahapan yang lebih panjang namun hasilnya lebih tahan lama. Caranya, buah gorek yang telah dibersihkan disangrai hingga warnanya agak kehitaman. Kemudian buah gorek dihaluskan hingga menjadi bubuk. Selanjutnya ketika akan mengonsumsi, bubuk ini cukup diseduh dengan air mendidih, setelah hangat bisa langsung diminum.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat-manfaat yang bisa kita dapatkan dari konsumsi buah gorek beserta cara mengolahnya sebagai obat. Semoga bermanfaat.

, ,
Post Date: Thursday 20th, April 2017 / 11:41 Oleh :
Kategori : Buah Buahan