Sponsors Link

3 Manfaat Biji Cabe bagi Tubuh

Sponsors Link

Biji cabe terdapat didalam buah cabe dengna jumlah yangbanyak. Saat Anda ingin memasak cabe terlebih dahulu pasti membersihkan cabe secara keseluruhan. Biji cabe memiliki banyak fungsi salah satunya adalah sebagai penambah cita rasa bagi hidangan. Berbagai jenis masakan memerlukan cabe untuk rasa pedasnya. Dan tahukah Anda bahwa rasa pedas yang dirasakan saat makan dengan cabe berasal dari biji cabe dan serat putih didalamnya. Namun bagi beberapa orang yang tidak suka dengan rasa pedas biasanya membuang biji cabe dan serat putih didalam buah tersebut. (Baca juga: Manfaat cabai)

ads

Kalau Anda ingin melihat bentuk biji cabe dan serat putih didalamnya Anda dapat membelah buah cabe. Dibalik raanya yang pedas terdapat banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini penjelasan mengenai manfaat biji cabe antara lain :

1.Melancarkan sistem pencernaan

Sistem pencernaan didalam tubuh berfungsi untuk mencerna makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh. Sistem pencernaan secara garis besar terdiri dari usus halus dan usus besar. Fungsi dari usus tersebut memiliki peranan yang berbeda-beda dengan tujuan yang sama yaitu untuk menunjang sistem pencernaan didalam tubuh. Sistem pencernaan yang sehat ditandai dengan rutinnya tubuh untuk mengeluarkan buang air besar setiap hari tanpa adanya kendala seperti sembelit. Sedangkan masalah yang biasanya terjadi pada sistem pencernaan adalah diare dan sembelit. Untuk sembelit sendiri merupakan keadaan dimana tubuh kekurangan asupan serat dari makanan yang dikonsumsi. Akibatnya buang air besar menjadi sulit dan keras. Keadaan ini jika dibiarkan terus menerus dapat mengakibatkan resiko wasir pada penderita.

Serat banyak terdapat pada buah dan sayuran itu sebabnya sangat dianjurkan untuk konsumsi buah dan sayuran agar tercukupinya kebutuhan serat harian bagi tubuh.Sedangkan diare sendiri merupakan masalah sistem pencernaan yang berkaitan dengan virus yang menyerang sistem imunitas. Akibatnya tubuh kehilangan banyak cairan dan dapat mengakibatkan dehidrasi. Langkah pertolongan bagi penderita diare dapat dibantu dengan larutan oralit agar cairan tubuh yang keluar dapat teratasi dengan pemberian oralit. Selain itu melancarkan sistem pencernaan juga didapat dari biji cabe.Jadi untuk Anda yang suka makanan pedas maka sudah termasuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

Artikel terkait :

2. Mencegah kanker

Manfaat dari biji caber selanjutnya adalah mencegah kanker. Kanker merupakan pembelahan sel didalam tubuh yang membelah dengan tidak terkendali. Akibatnya tumbuh sel-sel baru yang abnormal dan menjadi kanker. Menrutu penelitian kanker merupakan penyebab kematian nomor dua setelah penyakit jantung. Disisi lain kanker kadang memang sulit untuk dideteksi pada stadium awal. Dan kebanyakan penderita kanker mengetahui jika mereka mengindap kanker pada stadium lanjut. Akibatnya sulit untuk melakukan pertolongan untuk sembuh total. Lain halnya jika penderita telah mengetahui terlebih dahulu distadium awal. Maka kemungkinan untuk sembuh total ada.  Biji cabe mengandung senyawa bernama capsaicin yang dapat berfungsi untuk mencegah penyakit kanker pada tubuh. Jadi konsumsi cabe tanpa membuang bijinya baik untuk mencegah kanker karena senyawa ini berada didalam biji cabe tersebut.

Sponsors Link

Artikel terkait :

3. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol merupakan cairan yang berwarna kuning dan diproduksi langsung oleh organ hati. Manfaat kolesterol bagi tubuh sangat penting untuk meregenerasi sel-sel lama menjadi sel-sel baru. Hanya saja kadar kolesterol yang berlebihanlah yang dapat meningkatkan resiko bagi kesehatan seperti stroke. Itu sebabnya penting untuk menjaga kadar kolesterol didalam darah. Biji cabe baik untuk menurunkan kadar kolesterol menjadi normal. Karena jika kadar kolesterol berlebih didalam tubuh maka kolesterol akan mengendap di saluran pembuluh darah sehingga menyempitkan jalannya. Kasus ini merupakan penyebab meningkatnya resiko serangan stroke. Untuk Anda yang senang makanan pedas selama dalam batas yang normal maka kabar gembiranya adalah baik untuk menurunkan kadar kolesterol.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat dari biji cabe untuk kesehatan tubuh Anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 20th, March 2017 / 04:05 Oleh :
Kategori : Kesehatan