3 Manfaat Kelapa Tua untuk Kesehatan

Kelapa memiliki nama latin Cocos nucifera, termasuk kedalam salah satu suku aren – arenan. Kelapa mmiliki warna buah hijau dan kuning tergantung dari jenis pohon kelapanya sendiri. Secara alami pohon kelapa ini dapat mencapai tinggi 30 meter. Dan untuk buah kelapa sendiri memiliki diameter antara 10 sampai dengan 20 sentimeter. Buah kelapa dapat dikonsumsi baik masih saat muda ataupun saat buah kelapa sudah tua. Namun, kali ini kita akan membahas mengenai manfaat kelapa tua.

Seperti di ketahui manfaat kelapa tua tidaklah jauh berbeda dengan kelapa muda. Di dalam kelapa tua juga mengandung air dan buahnya yang padat dan lezat. Banyak sekali manfaat kelapa tua karena kandungan gizi yang terdapat di dalamnya antara lain adalah sebagai berikut ini :

  • Mineral dimana kandungan mineral yang terdapat dalam air kelapa tua adalah 91 %.
  • Protein dimana manfaat protein adalah untuk memelihara sel – sel dalam tubuh.
  • Lemak dimana manfaat lemak adalah untuk menunjang fungsi otak.
  • Karbohidrat dimana manfaat karbohidrat adalah sebagai sumber energi untuk melakukan aktifitas harian.
  • Vitamin c dimana manfaat vitamin c adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.

Itulah beberapa kandungan manfaat kelapa tua. Sedangkan manfaat air kelapa tua untuk kesehatan antara lain :

1.Kesehatan sistem pencernaan

Sistem pencernaan dalam tubuh memiliki peran untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Pada sistem pencernaan ini nantinya akan di saring makanan yang bisa digunakan oleh tubuh dan makanan yang nantinya harus di keluarkan oleh tubuh melalui feses. Manfaat kelapa tua terutama airnya berperan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan karena di dalam air kelapa tua terkandung serat. Serat merupakan kandungan yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan yang biasanya banyak terdapat di dalam buah – buahan dan sayur – sayuran. Selain manfaat kelapa tua, manfaat daun senna juga baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

2. Menambah kalori

Manfaat kalori untuk tubuh berperan untuk meningkatkan aktifitas harian karena dapat menjadi sumber energi. Kalori terdapat di dalam makanan yang mengandung karbohidrat serta minuman yang mengandung elektrolit. Nah, air kelapa tua ini memiliki kandungan elektrolit yang tinggi sekali sehingga dapat membantu menambah kalori yang Anda butuhkan dalam menjalankan aktifitas harian. Dengan mencukupi kebutuhan elektrolit dalam tubuh maka dapat membuat Anda sehat dan fresh selalu. Dan kalori merupakan salah satu rahasia untuk menambah berat badan. Rumusnya jika ingin menaikan berat badan makan kalori yang masuk ke dalam tubuh haruslah lebih besar dari kalori yang keluar. Begitupun untuk menurunkan kalori, maka rumusnya di balik saja.

3. Mengatasi dehidrasi

Manfaat kelapa tua yang terakhir adalah untuk mengatasi dehidrasi. Dehidrasi pada tubuh mudah sekali terjadi jika Anda banyak melakukan aktifitas seperti berjalan, berdiri dan duduk serta cuaca yang sangat panas. Dehidrasi di tandai dengan rasa haus yang Anda alami karena kekurangan cairan dalam tubuh. Dehidrasi dalam kondisi ringan dapat mengakibatkan kondisi tubuh yang kurang fokus. Sehingga kondisi ini tidak bisa di abaikan begitu saja karena dapat menganggu rutinitas harian Anda. Ada baiknya segera mengganti cairan tubuh yang hilang. Minum air kelapa tua bisa jadi salah satu pilihan Anda. Namun agar tidak merepotkan Anda bisa membelinya terlebih dahulu di luar kemudian masukkan ke dalam botol dan bawa saat akan berangkat untuk bekerja.

Nah, itulah manfaat dari air kelapa tua untuk kesehatan.