Sponsors Link

12 Manfaat Biji Binahong Hitam Untuk Obat

Sponsors Link

Binahong atau tanaman yang di Indonesia sendiri biasa disebut dengan nama gendola memiliki nama latin Basella rubra linn. Binahong dapat tumbuh liar di area perkebunan atau daerah semak. Tanaman merambat ini berasal dari negara korea, hanya saja juga banyak tumbuh di wilayah di Indonesia. Binahong banyak digunakan juga sebagai tanaman pagar yang dirambatkan pada gapura rumah dan mudah hidup di wilayah yang dingin dan lembab. Meskipun tergolong dalam tanaman liar, binahong memiliki berbagai manfaat pada setiap bagiannya seperti daun, umbi, batang bahkan bijinya.

ads

artikel terkait:

Bagian yang paling dikenal dapat mengatasi berbagai macam penyakit yakni daun binahong, akan tetapi bagian lain seperti biji binahong juga memiliki fungsi dan manfaat yang sangat baik untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan yang dialami oleh beberapa penderita penyakit tersebut.

Ciri Biji Binahong Hitam

Binahong juga termasuk tumbuhan yang memiliki buah dan biji. Biji binahong memiliki tekstur yang keras  digunakan untuk perkembangbiakan binahong selain perkembangbiakan melalui akar atau umbi binahong. Biji binahong berukuran bulat dengan diameter 4-7 mm saja. Awalnya biji binahong berwarna hijau, dan kemudian akan berubah warna menjadi keunguan dan ungu tua bahkan hitam jika bijinya sudah tua.

artikel terkait: manfaat binahong

Kandungan Biji Binahong Hitam

Tidak kalah dengan daunnya, biji binahong juga memiliki beberapa zat atau kandungan yang juga dapat mengatasi beberapa jenis penyakit. Beberapa kandungan yang terdapat pada biji binahong diantaranya, zat antioksidan, flavonoid, alkaloid, saponin dan beberapa senyawa lainnya. beberapa kandungan dalam biji binahong hitam tersebut dapat digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

artikel terkait: manfaat daun binahong untuk kolesterol

Manfaat Biji Binahong Hitam Untuk Kesehatan

Ukuran biji binahong hitam yang kecil, memiliki berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan dan mengatasi  masalah kesehatan, seperti:

  1. Mengatasi Radang Selaput Mata

Senyawa dalam biji binahong hitam dapat dijadikan obat untuk mengatasi radang selaput mata dengan pemakaian luar. Dengan mencuci 10 butir biji binahong, kemudian menumbuknya hingga keluar air dari biji binahong dan saring diambil airnya saja. Air yang keluar dari biji binahong ini dapat digunakan sebagai obat tetes mata yang dapat mengatasi radang selaput mata.

artikel terkait: manfaat buah delima merah

  1. Mengatasi Sakit Diare

Mengalami diare apabila tidak segera diatasi dapat menyebabkan tubuh lemas karena tubuh akan kehilangan banyak cairan. Agar tidak terjadi diare berkepanjangan, biji binahong hitam dapat digunakan sebagai salah satu obatnya. Biji binahong hitam memiliki kandungan flavonoid yang dapat mengeluarkan bakteri penyebab diare agar tidak berkembang dan menyebabkan diare yang lebih parah.

artikel terkait: manfaat diatom bagi manusia

  1. Mengurangi Kadar Diabetes

Biji binahong hitam memiliki kandungan anti diabet yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Dengan biji binahong hitam, maka masalah diabetes yang dialami dapat diatasi. Caranya dengan merebus biji binahong dan diambil airnya untuk diminum, kadar gula darah dalam tubuh dapat teratasi.

artikel terkait: manfaat batang jagung

ads
  1. Mencegah Terjadinya Kanker

Dalam kandungan biji binahong hitam terdapat kandungan flavonoid dan juga zat antioksidan di dalamnya. Flavonoid dapat bekerja aktif untuk mengurangi risiko penyakit kanker, sedangkan antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah radikal bebas  yang berbahaya masuk dan menyerang tubuh.

artikel terkait: manfaat biji mangga

  1. Mengatasi Radang Usus

Radang usus dapat terjadi karena adanya bakteri, virus maupun parasit yang menempel pada usus besar. Kolesterol dalam usus besar juga dapat menjadi salah satu faktor timbulnya radang usus. Untuk mengatasinya, biji binahong hitam dapat dimanfaatkan karena memiliki kandungan saponin. Saponin dalam biji binahong hitam dapat mengusir kolesterol dalam usus besar sebelum terserap ke dalam tubuh, serta menghilangkan bakteri dan virus dari dalam usus. Sehingga usus akan terhindar dari radang usu,terlebih pada usus besar.

artikel terkait: manfaat kenekaragaman hayati

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Tidak hanya bekerja pada usus saja, saponin dari biji binahong hitam dapat berfungsi mengikat kolesterol pada aliran darah. Kolesterol akan diikat dan dikeluarkan dari dalam tubuh. sehingga kadar kolesterol dalam tubuh menurun dan aliran darah menjadi lebih lancar.

artikel terkait: manfaat daun kersen untuk diabetes

  1. Mengobati Nyeri dan Mengurangi Rasa SAkit

Nyeri dapat diatasi dengan biji binahong hitam,karena kandungan alkaloid di dalamnya. Biji binahong hitam mengandung alkaloid yang mampu digunakan untuk menghilangkan rasa sakit termasuk nyeri pinggang, dan nyeri pada beberapa bagian tubuh lainnya. Umumnya, senyawa alkaloid ini dimanfaatkan oleh dunia medis untuk mengurangi rasa sakit saat pasien menjalani operasi. Namun, dapat juga digunakan sebagai obat untuk meredakan rasa sakit jika terjadi rasa pegal dan nyeri pada beberapa bagian tubuh.

artikel terkait: manfaat rumput gajah

  1. Mengatasi Pembengkakan Jantung

Memiliki masalah pada jantung sangatlah membahayakan, karena jantung merupakan organ yang memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung mengalami kelainan seperti pembengkakan dan tersumbat, maka aliran darah dalam tubuh akan terganggu. Untuk mengatasinya, dapat dengan memanfaatkan biji binahong hitam. Biji binahong hitam mengandung flavonoid yang memiliki fungsi untuk mengatasi penyakit mematikan seperti penyakit jantung.

  1. Mengobati Luka Dalam Dan Luka Luar

Memanfaatkan obat alami untuk mengatasi beberapa luka dalam dan luka ringan dapat membatu tubuh terhindar dari obat kimia yang memiliki efek samping. Dengan mengatasi luka luar maupun dalam, bahan alami seperti biji binahong dapat digunakan daripada menggunakan obat kimia.

  1. Mengatasi Penyakit Malaria

Biji binahong hitam, dapat digunakan sebagai obat malaria karena kandungan alkanoid di dalamnya. Penyakit malaria yang disebabkan oleh  nyamuk ini dapat membahayakan tubuh apabila tidak segera diobati. Jika belum sempat berobat, gunakan biji binahong hitam untuk mengatasi malaria sebagai obat alami.

  1. Sebagai Obat Batuk

Kandungan alkaloid yang terdapat dalam biji binahong tidak hanya dapat digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri, akan tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi batuk. Beberapa jenis dapat diatasi dengan mengkonsumsi biji binahong hitam.

artikel terkait: manfaat ikan kol

  1. Mengatasi Pusing dan Sakit Kepala

Orang yang sering menderita sakit kepala akan mengalami gangguan penyakit lain apabila selalu mengobatinya dengan obat kimia. Obat alami seperti biji binahong hitam dapat digunakan untuk mengatasi pusing dan sakit kepala yang terjadi tanpa efek samping.

artikel terkait: manfaat asinan sayuran

Mengatasi berbagai jenis penyakit pada umumnya dengan menggunakan obat kimia. Selain itu, juga dapat digunakan bahan alami seperti biji binahong hitam untuk mengatasi beberapa penyakit agar tidak terus menerus menggunakan obat kimia. Meskipun hanya dikenal sebagai tumbuhan liar, namun tidak ada salahnya mencoba bahan alami dari biji binahong hitam untuk mengatasi beberapa jenis penyakit.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 15th, February 2017 / 03:16 Oleh :
Kategori : Herbal