11 Manfaat Jamu Akar Pinang untuk Kesehatan

Ada kalanya ketika kita mengunjungi tempat tradisional atau toko minuman berbeda jika anda melihat manfaat talas dalam kehidupan manusia, anda tidak asing dengan toko ataupun warung bahkan orang yang menjual jamu. Kebanyakan orang menjual jamu dengan cara menggendongnya dan biasanya yang menjual jamu adalah wanita. Gayanya pun sangat tradisional dengan memakai kebaya dan sewek mereka biasa menjual jamunya hingga berkilo- kilo meter jauhnya. Seiring perkembangan jaman, para penjual jamu yang seperti ini sudah jarang sekali dijumpai.

Berkat perkembangan teknologi yang ada, jamu mulai dipasarkan lewat toko secara langsung dan online. Hanya sekali klik anda sudah bisa mendapatkan berbagai macam jenis jamu mulai dari jamu botolan, jamu serbuk hingga jamu yang berbentuk kapsul ataupun pil. Jamu sendiri memiliki banyak sekali jenisnya. Mulai dari jamu dengan rasa manis seperti sirup, asam, hingga jamu dengan rasa pahit. Dan jamu yang saat ini telah menjadi perbincangan banyak orang yaitu jamu akar pinang.

Jamu akar pinang merupakan jenis jamu berupa serbuk dan biasanya dipasarkan dengan bungkus plastik dengan tulisan jamu akar pinang. Berbeda dengan jenis jamu lainnya, jamu akar pinang terbuat dari berbagai campuran tumbuhan herbal dan rempah- rempah. Dalam pembuatannya sendiri jamu akar pinang diolah dengan cara mencampurkan semua bahan dengan perbandingan yang tepat ke dalam sebuah mesin dan memprosesnya. Alat serta mesin yang digunakan tergolong sangat canggih dan sudah melewati tahap sterilisasi dan pengecekkan lab sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Adapun rincian mengenai komposisi dari jamu akar pinang, tentunya merupakan bahan- bahan alami berkualitas baik.

Komposisi Jamu Akar Pinang

  • Curcumae rhizome
  • Kaempferiae rhizome
  • Andrographidis herba
  • Zingiberis rhizome
  • Sochus folium
  • Coaryophylliflos
  • Myristicae seme
  • Piperis albiifruetus

Dilihat dari banyaknya komposisi dari jamu akar pinang di atas maka dapat disimpulkan pula jamu akar pinang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi serta zat yang baik. Tentunya dengan banyaknya kandungan nutrisi atau zat tersebut itulah maka jamu akar pinang memiliki segudang manfaat. Manfaatnya tentu tidak sebatas sebagai minuman penyegar saja berbeda dengan manfaat daun kenikir untuk mengatasi asam urat, masih ada banyak sekali manfaat pada jamu akar pinang yang bisa anda dapatkan. Berikut merupakan manfaat jamu akar pinang beserta penjelasannya.

Manfaat Jamu Akar Pinang

  1. Obat Sakit Pinggang

Bagi anda yang sering mengalami sakit pinggang, anda bisa meredakan nyeri yang anda alami dengan mengkonsumsi jamu akar pinang. Untuk mengkonsumsinya sangat mudah, anda bisa menuangkan segelas air panas ke dalam gelas dan menyeduh jamu akar pinang. Adapun dosis yang dianjurkan yaitu sehari sebanyak satu bungkus saja.

  1. Obat Rematik

Selain dapat menyembuhkan sakit pinggang berbeda dengan manfaat jamur boletus edulis, jamu akar pinang mengandung berbagai macam zat yang mampu menyembuhkan rematik. Untuk menyembuhkannya sama dengan mengobati sakit pinggang yaitu dengan mengkonsumsi jamu akar pinang secara teratur.

  1. Mengatasi Darah Tinggi

Bagi anda yang memiliki riwayat darah tinggi anda sebaiknya waspada terhadap kambuhnya gejala darah tinggi. Darah tinggi sendiri merupakan salah satu gangguan pada tekanan darah, biasanya anda akan mengalami pusing dan keringat dingin saat darah tinggi anda kambuh. Untuk mengatasinya anda sebaiknya mengkonsumsi jamu akar pinang yang dicampur dengan madu saat darah tinggi anda kambuh.

  1. Menalcarkan Peredaran Darah

Untuk anda yang sering merasa kesemutan atau kram berbeda dengan manfaat buah langsat, bisa jadi itu merupakan salah satu gejala kurang lancarnya peredaran darah anda. Untuk itu anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi jamu akar pinang. Dengan mengkonsumsi jamu akar pinang secara berkala ini sangat efektif untuk melancarkan peredaran darah anda.

  1. Obat Pegelinu

Pegelinu merupakan salah satu gangguan yang sering dialami para pekerja saat ini terlebih bagi mereka yang bekerja secara fisik. Ada berbagai cara untuk mengatasinya dan salah satunya anda bisa mengkonsumsi jamu akar pinang yang dicampur dengan satu butir telur ayam kampong.

  1. Obat Asam Urat

Bagi anda yang memiliki riwayat asam urat, anda bisa mengobatinya dengan mengkonsumsi segelas jamu akar pinang dicampur dengan madu. minumlah jamu tersebut ketika masih hangat agar lebih enak.


  1. Mengatasi Kolesterol

Selain mengobati asam urat berbeda dengan manfaat buah jambe muda untuk stroke, jamu akar pinang juga sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki riwayat kolesterol. Terutama bagi anda yang mengalami kesulitan dalam menurunkan kadar kolesterol.

  1. Obat Nyeri Otot

Nyeri otot kadang sangat mengganggu aktivitas anda sehari- hari untuk itu anda bisa mengobatinya dengan mengkonsumsi jamu akar pinang.

  1. Mengatur Gula Darah

Salah satu manfaat jamu akar pinang yang sangat ampuh yaitu mengatur kadar gula darah dan menyeimbangkannya.

  1. Obat Stroke

Jamu akar pinang juga dapat anda gunakan sebagai obat stroke karena dapat menstimulasi sistem syaraf anda menjadi lebih peka.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung anda agar tidak mudah terkena gangguan. Untuk itu anda bisa mengkonsumsi jamu akar pinang campur madu secara berkala.

Itulah berbagai manfaat dari jamu akar pinang yang sangat baik untuk kesehatan anda, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Minuman