5 Manfaat Uang Giral sebagai Alat Pembayaran

Uang adalah alat tukar menukar yang digunakan dalam berbagai jenis transaksi pertukaran barang dan jasa. Keberadaan uang dalam kehidupan seperti tidak bisa dipisahkan dari manusia karena hampir semua kegiatan saat ini menggunakan uang. Tahukah anda bahwa uang yang ada saat ini tidak hanya berwujud sebagai uang yang biasanya digunakan dalam melakukan transaksi secara langsung saja namun juga ada beberapa jenis lainnya.

Jenis uang ada dua yaitu uang kartal dan uang giral. Fungsi utama dari kedua jenis uang tersebut sama yaitu sebagai alat transaksi pertukaran barang dan jasa. Namun ada perbedaan di dalam keduanya.

artikel terkait manfaat uang:

Perbedaan uang kartal dan uang giral

  • Uang kartal

Uang kartal adalah seperti yang kebanyakan orang gunakan yaitu uang yang memiliki bentuk fisik lembaran atau logam yang digunakan untuk transaksi secara langsung. Uang kartal ini biasanya lebih diterima oleh umum dan paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh uang kartal ini adalah uang kertas dan uang logam.

artikel terkait: manfaat jembatan

  • Uang giral

Sedangkan uang giral adalah jenis uang yang tidak bisa dilihat secara langsung bentuknya melainkan hanya pada beberapa alat tertentu saja yang sudah disepakati sebagai alat transaksi. Contoh dari uang giral ini adalah cek, giro, rekening Koran dan bit coin. Dewasa ini penggunaan uang giral mulai banyak digunakan karena disinyalir lebih aman apalagi jika melakukan transaksi dalam jumlah besar dan lintas negara.

artikel terkait: manfaat ikan karapu

Kedua jenis uang tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. jika bicara mengenai uang karta tentu saja anda sudah tidak bingung bukan karena setiap hari juga melihat dan menggunakannya. Namun untuk uang giral mungkin anda masih asing karena memang hanya beberapa kalangan tertentu saja yang menggunakannya. Namun tidak ada ruginya jika anda mengetahui apa saja manfaat dari uang giral ini.

Manfaat uang giral

Ada beberapa manfaat dari uang giral yang perlu anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Memudahkan pembayaran

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa menggunakan uang giral ini sangat mmenudahkan pembayaran terutama jika jumlah yang dibayar sangat besar dan lintas tempat seperti luar kota, luar provinsi atau lintas negara. Jadi bayangkan jika anda harus membayar uang sebesar 1 M dan anda harus menguangkannya maka bisa menjadi beberapa koper, sangat tidak efisien. Cukup menggunakan cek atau giro dan uang dapat langsung diterima oleh orang lain.

artikel terkait: manfaat antropologimanfaat pembangunan ekonomi

  1. Pembayaran tidak terbatas

Anda membeli barang yang sangat mahal dan jika harus mengambil uang dari bank harus ada jumlah maksimal? maka gunakanlah uang giral. Dengan uag giral anda dapat melakukan penarikan uang di rekening dalam jumlah yang tidak terbatas selagi saldo anda masih cukup.

artikel terkait: manfaat baku nutu lingkunganmanfaat adanya rumusan definitif pancasila

  1. Lebih aman

Membeli mobil seharga 1 M dan anda membawa uang dua koper? Sangat beresiko karena bisa menjadi incaran para penjambret jika mereka tahu. Cukup gunakan cek dan transaksi anda bisa berjalan dengan lancar dan aman.

artikel terkait: manfaat tcas telkomselmanfaat menabung di bank syariah

  1. Jika hilang bisa dilacak

Nah ini merupakan salah satu keunggulan dari uang giral. Jika anda mengeluarkan cek dan ternyata disalahgunakan maka anda bisa melacak siapa yang telah menarik uang anda dan proses hukum lebih mudah karena ada bukti valid.

artikel terkait: manfaat reuni alumnimanfaat mempelajari bahasa asing

  1. Tidak perlu menghitung uang

Tidak perlu lagi anda menghitung uang karena dengan uang giral anda hanya perlu menuliskan berapa nominal uang yang ingin anda bayarkan.

Itulah manfaat dari uang giral yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat.