4 Manfaat Baku Mutu Lingkungan Hidup

Sebagian dari kita mungkin familiar dengan kata Baku Lingkungan Hidup. Baku Lingkungan Hidup ini merupakan istilah yang berkaitan dengan masalah lingkungan hidup, terlebih mengenai keadaan atau kondisi lingkungan tersebut. Baku mutu lingkungan ini merupakan batas atau kadar makhluk hidup, zat, energi, maupun komponen yang ada ataupun harus ada dan atau unsur pencemar lingkungan yang ditenggang adanya dalam suatu sumber daya tertentu sebagai unsur lingkungan hidup.

Pengertian baku mutu lingkungan secara lebih seksama adalah batas kadar yang diperkenankan atau diperbolehkan bagi zat ataupun bahan pencemar yang terdapat di lingkungan dengan tidak menimbulkan suatu gangguan terhadap makhluk hidup, hewan, maupun tumbuhan yang ada di lingkungan.

artiekl terkait lingkungan:

Baku mutu lingkungan ini sangat diperlukan adanya karena untuk menetapkan kadar zat pencemar yang ada di sekitar lingkungan. Bila kadar pencemar terlalu banyak maka hal tersebut akan membahayakan lingkungan beserta makhluk hidup yang ada di dalamnya, termasuk manusia, hewan, dan juga tumbuhan.

Jenis- jenis Baku Mutu Lingkungan

Baku mutu lingkungan hidup ini jenisnya ada bermacam- macam. Baku mutu lingkungan hidup ini setidaknya ada beberapa jenis, yakni ada 5 jenis. Jenis- jenis baku mutu lingkungan hidup ini adalah:

  1. Baku mutu air

Baku mutu air merupakan salah satu jenis dari baku mutu lingkungan. Baku mutu air terbagi menjadi dua macam, yakni baku mutu aliran dan juga baku mutu effluen.

Baku mutu aliran merupakan persyaratan mutu air bagi sumber air seperti sungai, danau, maupun air tanah yang disusun dengan memperhatikan pemanfaatan air tersebut, termasuk kemampuan mengencerkan dan juga kemampuan membersihkan diri terhadap beban pencemaran dan juga faktor ekonomis. Baku mutu air ini mempunyai ciri- ciri tertentu.

Sementara baku mutu effluen merupakan persyaratan mutu air limbah yang akan dialirkan ke sumber air, ke sawah, tanah, dan juga tempat- tempat lainnya dengan mempertimbangkan pemanfaatan sumber air yang bersangkutan dan juga faktor ekonomi pengelolaan air buangan.

artikel terkait: 20 manfaat tumbuhan lumut bagi manusia dan lingkungan manfaat hutan lindungmanfaat lingkungan bersih

  1. Baku mutu udara ambien

Jenis baku mutu ingkungan selanjutnya adalah baku mutu udara ambien. Yang dimaksud dengan baku mutu udara ambien ini adalah batas kadar yang masih diperbolehkan bagi suatu zat ataupun bahan pencemar yang terdapat di udara, namun tidak menyebabkan gangguan terhadap makhluk hidup atau benda- benda lainnya.

artikel terkait: manfaat penghijauan bagi lingkungan manusiamanfaat danau bagi kehidupan manusiamanfaat kapuk

  1. Baku mutu emisi gas dan partikel buang

Baku mutu emisi gas dan pertikel buang merupakan batas kadar yang diperbolehkan bagi zat ataupun bahan pencemar lainnya untuk dikeluarkan dari sumber pencemaran udara, sehingga tidak akan mengakibatkan batu mutu udara ambien terlampaui.

artikel terkait: manfaat pohon enaumanfaat kulit pisang untuk kesehatan tubuhmanfaat hair dryer

  1. Baku mutu air laut

Jenis baku mutu air selanjutnya adalah baku mutu air laut. Yakni batas kadar suatu makhluk hidup, zat, energi, maupun komponen lain yang ada ataupun harus ada, dan juga zat ataupun bahan pencemar yang keberadaannya ditenggang dalam air laut.

artikel terkait: manfaat pohon arenmanfaat pohon karetmanfaat pohon pisang

  1. Baku mutu limbah cair

Baku mutu limbah cair adalah jenis baku mutu yang terakhir. Baku mutu limbah cair ini merupakan batas kadar yang diperbolehkan bagi suatu zat ataupun bahan pencemar untuk dibuang dari sumber pencemaran  menuju ke sumber air, sehingga tidak akan menyebabkan batu mutu air terlampaui.

artikel terkait: manfaat pohon kelapamanfaat pohon damarmanfaat ketumbar

Manfaat Baku Mutu Lingkungan

Baku mutu lingkungan ini keberadaannya sangatlah brmanfaat karena untuk mengetahui apakah suatu lingkungan dalam keadaan tercemar maupun tidak. Secara umum Baku Mutu Lingkungan mempunyai manfaat sebagai berikut:

  1. Untuk menginformasikan atau menilai bahwa lingkungan telah rusak atau tercemar ataukah tidak.
  2. Untuk mengetahui terjadinya pencemaran atau perusakan pada suatu lingkungan.
  3. Memberikan ketetapan batas tercemarnya suatu lingkungan
  4. Untuk mencegah dan mengendalikan pencemaran lingkungan.

Itulah beberapa fungsi dari baku mutu lingkungan. Ya, memang baku mutu lingkungan ini ini mempunyai fungsi utama untuk menetapkan tingkat atau batas pencemaran yang ada di ligkungan. Setelah kondisi suatu lingkungan melebihi batas yang diperbolehkan, maka hal ini mengindikasikan bahwa lingkungan tersebut tercemar dan harus segera dilakukan penanganan.

artikel terkait:

Itulah beberapa informasi mengenai baku mutu lingkungan yang dapat saya berikan. Semoga artikel ini bermanfaat.