9 Manfaat Makan Ubi Rebus Solusi Sehat yang Nikmat

Ubi yang dalam bahasa Inggris disebut dengan yam merupakan tanaman tuberous yang menjalar dengan daun berbentuk hati atau lobed. Warna ubi sendiri juga sangat beragam dari mulai putih, oranye, ungu sampai kuning pucat tergantung dari varietas, jenis tanah, iklim dan juga mineral yang tersedia. Untuk varietas ubi berwarna oranye memiliki daging yang lebih keras dan lebih kering dibandingkan dengan ubi berwarna putih dan kuning. Aroma ubi juga akan semakin tercium ketika diolah dengan cara rebus atau goreng. Semakin oranye warna ubi, maka akan semakin kuat aroma yang ditimbulkan karena beta karoten juga semakin meningkat pada ubi yang berwarna cerah. Selain nikmat, ternyata manfaat makan ubi rebus juga sangat baik seperti yang akan kami ulas dalam kesempatan kali ini.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat serat dalam ubi jalar jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kentang ditambah rasanya yang juga lebih nikmat. Selain itu, manfaat magnesium yang ada dalam ubi rebus juga membuat fasilitator semakin baik untuk pencernaan. Ubi lebih mudah dicerna karena kandung pati yang bisa menenangkan perut serta usus sehingga terhindar dari kesulitan mencerna makanan.

  1. Meningkatkan Berat Badan

Manfaat ubi jalar rebus mengandung banyak pati kompleks serta vitamin, mineral dan protein yang sehat serta sangat mudah dicerna. Dengan begitu, ubi rebus bisa memberikan sumber energi serta pembangun massal yang sangat baik untuk menambah berat badan. Seseorang yang baru sembuh dari sakit atau terlalu kurus sangat baik mengkonsumsi ubi rebus bahkan sudah dijadikan suplemen makanan pembentuk tubuh sintetis.

  1. Mengatasi Peradangan

Ubi rebus mengandung sifat anti inflamasi khususnya karena kandungan beta karoten, manfaat vitamin C dan magnesium didalamnya. Untuk itu mengkonsumsi ubi rebus bisa mempercepat proses penyembuhan peradangan internal maupun eksternal.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ubi jalar merupakan penguat sistem kekebalan tubuh yang sangat baik sehingga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Ubi kaya akan beta karoten yang merupakan sumber antioksidan utama bersama dengan vitamin C dan vitamin B kompleks, fosfor dan zat besi yang semuanya penting untuk memperkuat kekebalan dan menjaga kesehatan tubuh menyeluruh.

  1. Meringankan Asam

Ubi rebus efektif dikonsumsi untuk menyembuhkan masalah hidung tersumbat, solusi batuk, bronkus dan juga paru paru sehingga bisa memberikan bantuan untuk penderita asma.

  1. Mengobati Bronkitis

Ubi rebus juga diyakini bisa menghangatkan tubuh karena rasa manis dan berbagai nutrisi lain dalam ubi yang bisa mempengaruhi suhu tubuh. Semua ini sangat penting untuk penderita bronkitis. Sedangkan konsentrasi vitamin C, manfaat zat besi dan beberapa nutrisi lain bisa membantu untuk menyembuhkan bronkitis.

  1. Mengurangi Nyeri Arthritis

Beta karoten, magnesium seng dan juga manfaat vitamin B kompleks dalam ubi merupakan sumber energi makanan yang penting untuk mengatasi peradangan sendi. Bahkan, air rebusan ubi juga bisa digunakan secara eksternal untuk mengurangi rasa sakit nyeri arthritis.

  1. Mengatasi Kanker

Beta karoten merupakan juara antioksidan dan juga zat antikarsinogenik yakni pigmen yang memberikan warna pada kulit ubi. Beta karoten dan vitamin C dalam ubi ini bisa berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit termasuk solusi kanker khususnya usus besar, prostat, ginjal dan organ internal lainnya.

  1. Mengontrol Diabetes

Berlawanan dari anggapan banyak orang, ternyata ubi rebus bisa bermanfaat bagi penderita diabetes. Hebatnya lagi, ubi rebus juga sangat efektif untuk mengatur kadar gula darah dengan cara membantu sekresi dan fungsi insulin yang tepat. Ubi rebus ini bisa dikonsumsi untuk mengganti nasi atau asupan dengan manfaat karbohidrat lain yang jauh lebih sehat.

  1. Mengobati Ulkus Perut

Ubi jalar rebus bisa memberikan efek menenangkan pada lambung serta usus anda. Vitamin B kompleks, vitamin C, kalium, beta karoten dan juga manfaat kalsium semuanya efektif digunakan sebagai solusi maag. Selain itu, ubi rebus juga bisa mencegah konstipasi dan pembentukan asam sehingga bisa mengurangi kemungkinan sakit maag serta sifat anti peradangan dan menenangkan yang bisa mengurangi sakit dan radang ulkus.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan