10 Manfaat Televisi Bagi Masyarakat

Saat ini, televisi hampir menjadi salah satu kebutuhan pokok dari masyarakat. Ya, hampir semua orang memiliki televisi di rumahnya, dan televisi pun saat ini sudah bukan menjadi barang mewah. Dengan harganya yang sangat terjangkau, maka tidak heran saat ini sudah banyak sekali orang yang memiliki televisi, bahkan lebih dari satu di dalam rumahnya. Sejarah televisi sebenarnya sangat panjang, mulai dari televisi hitam putih, hingga saat ini sudah muncul televisi ultra HD atau high definition, membuat kita semakin nyaman dalam menonton televisi.

manfaat televisiTelevisi sendiri pada dasarnya memiliki bentuk umum persegi panjang, dengan ukuran dari televisi yang dinyatakan dalam diagonal inch. Secara umum, ukuran televisi yang biasa digunakan di rumah terdiri dari 19 inch, 21 inch, 23 inch, 29 inch, 32 inch, 40 inch, hingga 60 inch. Berbeda ukuran, berbeda pula pengalaman anda dalam menonton televisi.

Televisi sendiri memberikan banyak sekali manfaat untuk masyarakat. Apa saja manfaat dari televisi? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari televisi :

1. Sebagai media hiburan

Manfaat televisi bagi masyarakat yang pertama adalah sebagai salah satu media hiburan. Televisi menyajikan berbagai macam enis hiburan, mulai dari film, music, berita, komedi dan segala macam jenis hiburan yang pastinya kan menghibur anda semua yang menontonnya. Dan memang, salah satu tujuan utama dikembangkannya teknologi pada televesi adalah untuk mengedepankan unsur hiburan bagi penontonnya, termasuk dari stasiun – stasiun televisi yang menayangkan acaranya.

2. Media bermain game dan juga menonton film dari DVD dan juga player lainnya

Anda sering bermain game dan menonton film kalau begitu anda pasti sering sekali meamanfaatkan teknologi ini. Ya, manfaat lainnya dari televisi adalah sebagai sarana untuk memutar media seperti film dan juga permainan. Perangkat seperti konsol game, dan juga DVD player adalah beberapa contoh perangkat yang biasa dihubungkan dengan layar televisi untuk kepentingan hiburan.

3. Agar tidak ketinggalan informasi

Televisi banyak menyiarkan informasi-informasi terkeni mengenai apa yang sedang terjadi di luar sana. Gossip artis, bencana alam, kasus kejahatan, dan semua informasi lainnya termuat di dalam berita dan juga acara lainnya yang ditayangkan oleh televisi. Hal ini sangat bermanfaat bagi anda yang tidak ingin ketinggalan informasi secara umum, apa saja yang sedang terjadi di luar sana. Tentu saja, anda tidak ingin menjadi orang yang ketinggalan informasi bukan?

4. Sebagai media pendidikan

Manfaat televisi bagi masyarakat juga sebagai media pendidikan. Banyak sekali acara-acara televisi yang menayangkan tentang unsur-unsur pendidikan, seperti bagaimana membuat sesuatu, atau pendidikan mengenai alam liar dan sekitarnya. Dengan sering menonton acara berkualitas yang ditayangkan oleh televisi, maka tentu saja hal ini akan sangat bermanfaat untuk mendidik kita para penontonnya, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan juga masih harus mempelajari banyak hal.

5. Relaksasi dan menghilangkan stress

Merupakan salah satu manfaat penting dari televisi. Ketika anda sedang merasa lelah, penat, tertekan dan juga mungkin merasakan stress, maka cobalah untuk menonton televisi. Tayangan – tayangan dan juga acara – acara pada televisi ini memiliki bnyak sekali unsur hiburan dan sangat baik untuk efek relaksasi, dan dapat membuat anda merasa santai dan rileks, sehingga dapat terhindar dari rasa penat, tertekan, stress dan juga bahkan depresi.

6. Untuk memuaskan hobi

Anda hobi menonton? Atau hobi bermain game? Untuk memuaskan hobi anda, anda pasti membutuhkan televisi. Ya, televisi memilki manfaat yang penting bagi pemuasan hobi, terutama mereka yang hobi menonton dan uga bermain game. Dengan fitur-fitur canggih yang saat ini sudah terbenam pada perangkat televisi, maka tidak heran, televisi akan mampu untuk membantu memuaskan hobi anda dalam hal menonton film dan juga bermain game.

7. Mengetahui perkembangan ekonomi, olahraga, sosial dan juga berbagai berita terbaru

bagi anda yang mungkin seorang pengamat ataupun seorang yang concern pada bidangtertentu, maka televisi dapat menjadi sumber informasi anda. televisi dapat menyajikan perkembangan baru yang sesuai dengan minat anda. Misalnya adalah perkembangan di bidang ekonomi, sosial, olahraga dan bidang-bidang lainnya.

Belum lagi bagi anda yang merupakan seorang peneliti, terutama peneliti bidang ekonomi dan juga sosial, banyak sekali informasi mengenai perkembangan ekonomi dan juga sosial yang bisa anda dapatkan di televisi. Hal ini tentu saja dapat menjadi referensi bagi anda untk mencari fenomena-fenomena yang menarik yang bisa anda angkat menjadi bahan penelitian anda.

8. Untuk melihat dunia

Bumi dan luar angkasa adalah sesuatu yang sangat luas. Mungkin kita tidak sempat untuk mengelilingi bumi secara penuh. Namun demikian, terima kasih kepada televisi, karena dengan adanya televisi, kita semua bisa melihat dunia luas dari dalam rumah kita. Ya, banyak sekali acara yang meng-ekspos keragaman budaya dan juga Negara – Negara yang ada di dunia, yang mungkin belum sempat kita kunjungi. Paling tidak, dengan disiarkan di televisi, kita tahu bagaimana keadaan dunia di luar sana tanpa harus pergi ke lokasi tersebut secara khusus.

9. Sebagai output untuk kamera keamanan atau CCTV

Manfaat lainya dari televisi adalah dapat menjadi output layar untuk kamera pengintai dan keamanan, atau yang sering kita kenal dengan istilah CCTV. CCTV saat ini memang sedang populer, terutama pada perkantoran dan juga rumah – rumah pribadi. Dengan menggunakan televisi, kita dapat melihat apa saja hal yang terjadi pada rumah kita ketika kita sedang tidak ada di dalam rumah, atau kita juga bisa mengintai siapa saja orang yang lewat di depan rumah kita dengan menggunakan CCTV.

10. Mempererat persaudaraan

Manfaat televisi bagi masyarakat sebenarnya adalah mempererat persaudaraan. Ya, kebiasaan untuk menonton televisi dalam satu ruangan bersama dengan kerabat merupakan manfaat penting yang dapat kita peroleh. Dengan cara ini, maka ikatan persaudaraan dan kekeluargaan pun akan terjalin dengan baik, dimana semua orang berkumpul dalam satu ruangan untuk menonton televisi bersama-sama.

Itulah manfaat penting dari televisi bagi masyarakat. Semoga dengan adanya artikel mengenai manfaat televisi ini, pengetahuan dan juga wawasan anda menjadi semakin brtambah lagi. Terima kasih.