14 Manfaat Sinar Inframerah dalam Kehidupan Sehari Hari

Taukah anda apa itu infra merah ? mengapa ada infra merah dan apa kegunaannya ? Infra merah merupakan salah satu radiasi elektromagnetik yang terjadi akibat dari panjang gelombang tetapi panjang gelombang ini tidak lebih panjang dari cahaya dan juga panjang gelombang ini lebih pendek dari pada gelombang radio. Panjang gelombang yang dihasilkan dari infram mearh sekitar 700 nm dan 1 mm. Sejarah infra merah ini ditemukan pada jaman kerajaan Inggris diman SEORANG Wiliam mengadakan suatu penelitian yang sedang dilakukan untuk mencari bahan penyaring optims. Maka ditemukanlah sinar infra merah ini. Ternyata semakin berkembangnya zaman, infra merah memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia

Berikut manfaat sinar infra merah bagi kehidupan manusia :

Bagi Komunikasi

1. Sebagai Sistem Sensor

Sistem sensor ini berfungsi untuk menghubungkan dua perangkat yang saling berubungan, pada sensor infra ini berfungsi pula untuk mengendalikan jarak jauh antara dua benda komunikasi tersebut sehingga dapat digunakan untuk beberapa hal seperti otomatisasi sistem, alarm kemaanan sebuah tempat, dan pengendali jarak jauh.  Dengan adanya fungsi sistem sensor ini tentu akan memudahkan berbagai aktivitas yang akan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kemampuan sesor infra merah ini pun ternyata baik untuk kesehatan.

Baca juga : manfaat it

2. Sebagai Kamera Tembus Pandang

Sinar infra merah in bermanfaat ntuk meneruskan cahaya pada sinar infra merah agar kemampuan kamera maupun kemampuan video menjadi lebih meningkat. Kemampuan ini sudah banyak pula diaplikasikan pada kamera hp. Dengan demikian, adanya inframerah dalam handphone atau kamera dan video ini akan membantu kualitas gambar pada kamera ataupun video menjadi lebih baik. Maka dari itu sinar inframerah kini banyak digunakan untuk pelengkap alat komunikasi.

Baca juga : Manfaat pendidikan

3. Sebagai Pencitraan Pandangan

Salah satu contoh manfaat infra merah bagi komunikasi adalah sebagai pencitraan pandangan, salah satu contohnya adalah nightscoop. Nightscoop merupakan alat pengelihatan yang dapat digunakan dimalam hari, dengna adanya sinar infra merah ini tentu membantu pengelihatan di malam hari akan lebih tampak dan lebih mudah lagi.

Baca juga : Manfaat penelitian

4. Sebagai Komunikasi Jarak Dekat

Manfaat lain yang diberikan oleh infra merah adalah untuk mengkontrol remot tv, dan beberapa benda lainnya yang tembus pandang, karena pada dasarnya sinar infra merah ini tidak dapat menembus benda yang tidak tembus pandang seperti tembok.

Baca juga : Manfaat riset pasar


5. Sebagai Komunikasi Jarak Jauh

Selain bermanfaat untuk komunikasi jarak dekat, inframerah memiliki manfaat kontrol jarak jauh. Kurang lebih kerja inframerah akan baik sampai pada 10 meter, jarak inipun terhitung tanpa adanya penghalang.

Baca juga : Manfaat perdagangan internasional

6. Sebagai Komunikasi Tanpa Kabel

Saat ini banyak sekali alat komunikasi yang ada di dunia tanpa menggunakan kebel, ternyata alat komunikasi tersebut merupakan manfaat dari infra merah karena inframerah dapat memberikan konektivitas dari perangkat satu ke perangkat lainnya dengan menggunakan aplikasi inframerah. Seperti layaknya bluethoot, sinar inframerah pun memiliki manfaat yang sama, namun sayangnya sinar infra merah ini memiliki kekurangan yaitu dalam proses konektivitas dengan perangkat lain ia tidak boleh terlalu jauh. Bahkan terkadang posisi dalam konektivitas infra merah ini harus dihadapkan satu dengan yang lainnya.

Baca juga : Manfaat bersosialisasi dengan orang lain

Bagi Kesehatan

7. Meningkatkan Sirkulasi

Pada tingkat inframerah ini penginkatan sirkulasi yangdapt dilakukana dalah peningkatan sirkulasi mikro. Adanya inframerah pada molekol air ini akan memberikan raa panas sehingga dapat menyebabkan pembuluh kapiler menjadi membesar sehingga dapat membuat meningkatnya suhu kulitt dan akibat peningkatan suhu kulit tersebut akan membantu memperbaikan sirkulasi darah sehingga mampu mengurangi tekanan jantung sehingga tidak menyebabkan gagal jantung.

Baca juga : Manfaat daun ginseng

8. Meningkatkan cairan pada Tubuh

Molekul yang ada ditubuh ternyata ketika ia terkana inframerah akan bergetar. Sinar inframerah membuat molekul air bergetar dan membuat molekul air menjadi pecah sehingga membuat molekul itu menjadi melekul utnggal dimana melekul tunggal tersebuat dapat membantu meningkatkan cairan tubuh yang hilang karena terlalu banyak melakukan aktivitas.

Baca juga : Manfaat air

9. Mencegah Asam Urat

Inframerah dapat mengembangkan Ph yang ada didalam tubuh, bahkan inframerah dapat membantu memberishkan darah serta dapat membantu memperbaiki tekstur kulit anda, hal ini tentu akan membantu tubuh anda terhindar dari asam urat, serta dapat menghindari tubuh anda dari penyakit rematik.

Baca juga : Manfaat daun binahong

10. Sebagai Alat Kesehatan

Kalin ini sangat banyak alat-alat kesehatan yang memanfaatkan sinar inframerah ini untuk mengobati bergai macam penyakit dengan merancang alat-alat medis yang mengandung inframerah sinar inframerah yang ada pada alat-alat kesehatan dapat digunakan sebagai penyembuhan. Hal ini dikarenakan pancaran yang diberikan sinar inframerah mampu membantu organ-organ tubuh memancarkan informasi bagi dokter kesehatan yang sedang dialami oleh pasien, sehingga hal ini akan membantu dokter mempermudah mengetahui penyakit apa yang sedang menyerang  dan bagaimana penyembuhanya.

Baca juga : Manfaat daun sirsak

11. Menyembuhkan Cacar

Pancaran dari sinar inframerah ini ternyata memiliki intensitas tertentu sehingga ancaran panas dalam inframerah tersebuat dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit cacar. Bahkan saat ini terdapat gelang kesehatan, dimana gelang tersebuat mengandung inframerah yang dapat mencegah dari penyakit dan menyembuhkan bebagai macam penyakit.

Baca juga : Manfaat daun afrika

Bagi Pengiriman Data

12. Biaya lebih murah

Saat ini banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk mengerimkan data, bahkan tidak hanya aplikasi beberapa layanan jasa banyak pula yang dapat mengirimkan data dengan biaya yang murah seperti kantor pos, jne, tiki dan beberapa aplikasi lainya seperti bluethoot, share it dan masih banyak yang lainnya. Begitu pula dengan inframerah, inframerah merupakan salah satu sinar yang dikemas dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan untuk mengirim data dalam jarak yang cukup dekat.


Baca juga : Manfaat bisnis sendiri untuk keuangan masa depan

13. Dapat dikirim Kapan saja

Memang benar, dengan menggunakan inframerah ini dapat mengirim dapat kapan saja, bahkan tidak membutuhkan waktu sampai berhari-hari. Hanya membutuhkan waktu bebreapa menit saja data sudah dapat ditrasper dari perangkat satu ke perangkat yang laiinnya

Baca juga : Manfaat laporan keuangan

14. Merupakan Alat yang cukup Sederhana

Infra merah merupakan salah satu alat yang cukup sederhana yaitu dalam bentuk aplikasi dalam perangkat, dengan adanya inframerah ini pengiriman data akan lebih cepat dan mudah.n

Baca juga : manfaat media sosial di berbagai bidang

Itulah beberapa fungsi atau manfaat infra merah dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun inframerah ini terkadang tidak kasat mata, tetapi sangat banyak fungsi yang dapat diberikan inframerah dalam mempermudah kehidupan sehari-hari.

, ,
Post Date: Saturday 19th, August 2017 / 03:28 Oleh :
Kategori : Kesehatan