10 Manfaat Teh Celup untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Manfaat Lainnya

Teh celup bisa dikatakan inovasi yang sangat membantu memudahkan kehidupan manusia. Jika dulu kita harus repot-repot menyaring serbuk teh yang telah diseduh air panas kini dengan adanya teh celup kegiatan menyeduh teh menjadi lebih praktis dan mudah. Tinggal seduh, celup, dan minum maka berbagai manfaat teh sudah bisa kita rasakan. Teh celup pun tersedia dalam beberapa varian seperti manfaat teh hijau dan manfaat teh hitam anugerah yang dapat dikonsumsi sesuai kebutuhan.

Tidak hanya dalam kondisi baru, setelah diseduh dan diambil saripatinya teh celup masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal baik kesehatan, kecantikan, atau keperluan lainnya. Berikut beberapa manfaat teh celup untuk kesehatan, kecantikan, dan urusan rumah tangga lainnya:

1. Mengatasi sariawan

Teh celup yang telah dipakai jangan buru-buru dibuang dulu karena masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Salah satunya untuk mengatasi sariawan yang meskipun tidak tergolong penyakit berbahaya namun sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Dengan menempelkan kantong teh celup pada bagian mulut yang terkena sariawan maka akan memberi dampak positif pada kesehatan mulut dan sariawan pun bisa teratasi. Alternatif lain yang dapat dicoba untuk mengatasi sariawan adalah manfaat manggis dan manfaat labu air yang dikenal sebagai bahan makanan alami untuk mengatasi sariawan.

2. Menenangkan dan memulihkan kulit terbakar

Tinggal di daerah tropis yang sengatan mataharinya sangat kuat berpotensi menyebabkan kulit menjadi terbakar. Untuk mengatasinya anda juga bisa memanfaatkan teh celup dan menempelkannya pada bagian kulit yang terbakar. Ini akan menenangkan kulit dan memulihkannya secara berangsur. Jika anda tidak sempat menggunakan manfaat sunblock untuk kulit sehingga kulit tubuh menjadi terbakar maka alternatif lain adalah dengan menggunakan manfaat yoghurt untuk kulit sehingga kulit terbakar dapat diatasi.

3. Mengatasi mata bengkak

Mata bengkak akibat kurang tidur, terlalu lama bermain game, atau penyebab lainnya dapat merusak penampilan dan terasa tidak nyaman sehingga harus segera diatasi. Jika biasanya anda menggunakan manfaat timun bagi kulit dan manfaat es batu untuk meredakan mata bengkak maka kini anda juga bisa memanfaatkan teh celup agar mata bengkak kembali normal.

4. Membersihkan kotoran membandel pada alat dapur

Kotoran atau kerak membandel yang sulit dibersihkan dapat diangkat dengan menggunakan teh celup yang telah digunakan atau diseduh. Caranya sangat mudah yaitu dengan merendam teh celup bekas pada panci berisi air panas kemudian diamkan selama satu malam. Esok harinya tinggal gosok sedikit dan panci atau alat dapur anda lainnya akan kembali bersih.

5. Menghilangkan bau tidak sedap

Bawang merah dan bawang putih merupakan bumbu wajib di dapur yang hampir selalu digunakan pada setiap jenis masakan. Tidak hanya sebagai bumbu dapur namun ada banyak manfaat bawang merah dan manfaat bawang putih mentah bagi kesehatan. Namun sayangnya kedua jenis bumbu dapur ini meninggalkan bau tidak sedap di tangan setelah memasak. Untuk menghilangkannya anda bisa memanfaatkan teh celup yang telah dipakai sehingga tangan terbebas dari bau tidak sedap.


6. Menjadikan rambut lebih berkilau

Manfaat teh celup tidak hanya untuk wajah, kulit, ataupun mata namun juga dapat digunakan untuk merawat rambut sehingga terlihat lebih berkilau. Caranya dengan menggunakan campuran 1 liter air dengan 6 kantung teh celup untuk membilas rambut. Dengan pemakaian secara rutin rambut indah berkilau akan menjadi milik anda. Selain itu anda juga dapat menggunakan manfaat bengkuang untuk rambut dan manfaat nanas untuk rambut.

7. Pendingin kulit sehabis bercukur

Teh celup yang telah dipakai dapat dimanfaatkan kembali untuk mendinginkan kulit yang masih terasa panas atau bahkan terluka akibat pisau cukur. Anda cukup menempelkan kantung teh celup yang sebelumnya telah didinginkan pada bagian kulit yang terasa panas atau terluka. Kulit akan terasa lebih adem dan pendarahan pun bisa dihentikan. Ditambah lagi adanya kandungan manfaat antioksidan pada teh membuat proses penyembuhan luka lebih cepat.

8. Sebagai pupuk kompos

Umumnya pupuk kompos terbuat dan diolah dari kotoran hewan seperti manfaat kotoran sapi dan manfaat kotoran kelinci. Namun ternyata teh celup juga dapat diolah menjadi pupuk kompos sehingga dapat menyuburkan tanaman di sekitar rumah anda. Daripada dibuang ke tong sampah lebih baik diolah menjadi pupuk. Ada dua cara untuk melakukannya. Pertama, teh celup bisa diproses bersama bahan-bahan pembuat pupuk lainnya sebagaimana membuat pupuk kompos pada umumnya. Kedua, anda bisa menyeduh teh celup semalaman kemudian menyiramkan atau mengairi tanaman menggunakan air seduhan tersebut.


9. Menyegarkan ruangan

Aroma khas dan harum dari teh celup menjadikannya juga bermanfaat untuk menyegarkan dan mengharumkan ruangan pengap yang berbau kurang sedap. Hal ini juga bisa diterapkan pada sepatu lama atau lemari yang pengap dan berbau. Untuk menyegarkan ruangan, lemari, atau sepatu anda tinggal menggantung atau menaruh beberapa teh celup dan membiarkannya beberapa lama. Setelah itu bau tidak sedap dari ruangan, lemari, atau sepatu anda akan menghilang dan berganti dengan bau segar. Selain menggunakan teh celup anda juga bisa mengharumkan dan menyegarkan ruangan dengan menggunakan manfaat daun pandan dan manfaat akar wangi.

10. Mencegah dan menghilangkan bau mulut

Teh celup memiliki kandungan antibakteri sehingga dapat digunakan untuk membunuh bakteri jahat yang ada di mulut yang menjadi penyebab timbulnya bau mulut. Untuk melakukannya tidaklah sulit dan mahal. Anda cukup menggunakan teh celup bekas yang telah dipakai kemudian merendamnya dalam air panas. Setelah air mulai dingin anda dapat menggunakannya untuk berkumur dimana dapat menggantikan peran obat kumur sehingga turut menghemat pengeluaran anda.  Selain menggunakan teh celup anda juga dapat menggunakan manfaat rebusan daun sirih dan manfaat berkumur dengan air garam untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut.

Dapat kita lihat bahwa manfaat teh celup tidak hanya bisa didapatkan pada teh celup baru namun ternyata juga ada begitu banyak manfaat bekas teh celup yang bisa digunakan untuk berbagai hal. Oleh karena itu sebaiknya mulai sekarang teh celup yang telah digunakan jangan buru-buru dibuang dulu. Lebih baik disimpan sehingga nantinya bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

, , , ,
Post Date: Wednesday 18th, October 2017 / 20:00 Oleh :
Kategori : Minuman