7 Manfaat Pohon Kina untuk Kesehatan

Tanaman satu ini  yang memiliki nama latin Cinchona calisaya  yang  merupakan tanaman herbal dengan berbagai manfaat yang dimiliki. Tanaman ini biasanya dikenal oleh masyarakat dengan tanaman kina. Tanaman kina merupakan suatu tanaman herbal yang biasanya tumbuh secara liar dihutan yang basah dan juga berlumut.

Seperti yang kita tahu bahwa tanaman kina memang dapat tumbuh di Indonesia namun tanaman ini bukan berasal dari Indonesia melainkan dari pegunungan Andes yang terletak diketinggian 1050-1500 mdpl. Tanaman kina ini memiliki ciri-ciri daun yang bebentuk bundar seperti telur dengan permukaan bagian bawah pada daun memiliki rambut halus, memiliki kulit yang terasa pahit,memiliki buah yang berwarna kemerahan berbentuk seperti telur dan memiliki biji berbentuk elips.

Adapun manfaat yang kamu peroleh dari manfaat pohon kina adalah sebagai berikut

1. Meningkatkan nafsu makan

Pohon kina dapat digunakan sebagai obat untuk meningkatkan tingkat nafsu makan pada seseorang atau bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan pada anak-anak dengan menggunakan kulit pohon kina atau ekstrak yang dicampur dengan beberapa sayuran yang akan dimakan. Mengalami sulit makan sangat tidak baik untuk keseahtan tubuh. Jadi selain dengan pohon kina gunakan manfaat ketumbar untuk menambah nafsu makan.

2. Sebagai anti kejang otot

Seseorang yang memiliki pekerjaan berat dimana membutuhkan ototnya untuk bekerja terlalu berlebih biasanya akan mengalami kejang pada otor makadari itu anda dapat menggunakan kulit pohon kina yang sudah dihaluskan dan dioleskan pada otot yang kejang.

3. Menurunkan demam

Dengan memanfaatkan kulit pohon kina yang sudah direbus dan meminum air rebusannya dapat membantu dalam menurunkan demam pada seseorang. Kulit pohon kina memang sangat efektif untuk mengatasi demam dengan cepat. Selain pohon kina, obat kimia seperti manfaat paracetamol juga efektif untuk menurunkan demam

4. Menjaga kesehatan jantung

Adanya kandungan senyawa alkanoid yang terdapat pada pohon kina dapat membantu dalam melindungi jantung sesorang. Khususnya menjaga dalam pembekuan darah dan menetralkan jantung dari bakteri juga kuman.

5. Mengatasi diare

Jika anda mengalami diare mungkin anda dapat memanfaatkan air rebusan dari kulit kayu kina untuk diminum sehingga diare yang anda alami akan segera sembuh. Mengatasi diare juga dapat memanfaatkan manfaat jambu biji. Jadi tidak hanya kulit pohon kina saja yang baik untuk kesehatan perut agar tidak diare, tetapi jambu biji pun dapat digunakan untuk mengatasinya.

6. Mencegah Kanker

Seperti yang kita tahu bahwa kanker merupakan suatu jenis penyakit yang lumayan berat, tidak ada orang yang mau untuk terkena penyakit ini selain pengobatannya juga susah resiko seseorang bisa meninggal juga akan besar maka dari itu kita perlu menjaga diri agar tidak terkena penyakit kanker yaitu salah satu caranya dengan mengkonsumsi pohon kina dari air rebusan kulitnya. Dengan adanya sidat anti inflamasi yang dikandungnya maka resiko terkena penyakit kanker akan sedikit. Dengan memanfaatkan manfaat daun kelor juga dapat memberikan efek anti kanker karena memiliki sifat anti inflamasi pula. 


7. Mengatasi malaria

Adanya kandungan senyawa alkaloid  dan zat kinin dari pohon kina bisa digunakan untuk membunuh parasit malaria yang berada dalam aliran darah penderita malaria  selain itu juga bisa digunakan untuk mengganggu pertumbuhan dan reproduksi parasit malaria sehingga pohon kin dapat digunakan sebagai obat untuk penderita malaria.

Itulah beberapa manfaat dari pohon kina, semoga pembaca dapat mengambil ilmu dari yang sudah disampaikan. Sekian. Terima Kasih.

, ,
Oleh :
Kategori : Hasil Bumi