20 Manfaat Tahu Mentah Untuk Tubuh dan Kulit Menyeluruh

Tahu merupakan produk sampingan dari kedelai yang menawarkan banyak manfaat tahu bagi kesehatan sangat bervariasi. Tahu yang juga disebut dengan bean curd ini juga menjadi makanan sangat ideal untuk vegetarian di seluruh dunia karena tidak mengandung protein hewani sama sekali. Tahu menjadi makanan organik murni yang memiliki nilai gizi tinggi dan bisa disantap dalam keadaan mentah ataupun dimasak dengan berbagai cara. Dalam tahu mentah juga mengandung kalori yang sangat rendah namun tetap memiliki banyak nutrisi dan senyawa organik penting yang lengkap. Mineral yang terkandung di dalam tahu juga sangat beragam seperti fosfor, tembaga, magnesium, selenium dan kalsium yang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Sedangkan untuk kandungan vitamin tahu diantaranya adalah vitamin C, thiamin, riboflavin, vitamin B6 dan juga folat serta mengandung sejumlah kecil asam pantotenat dan niasin. Ada begitu banyak manfaat tahu mentah yang bisa anda dapatkan jika dikonsumsi setiap hari seperti ulasan kami berikut ini.

  1. Mengatasi Asam Urat

Dari penelitian menunjukan jika tahun merupakan sumber protein yang lebih baik khususnya untuk dikonsumsi penderita asam urat untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh sekaligus mencegah asan urat kambuh kembali.

  1. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi menjadi salah satu penyebab dari penyakit yang berkaitan dengan jantung. Tahu mentah sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh karena kemampuannya dalam menyerap minyak serta cairan lain yang terakumulasi di dalam tubuh. Tahu juga menjadi sumber lesitin dan asam linoleat yang ampuh dalam mengatur metabolisme sekaligus mengurangi timbunan lemak di dalam tubuh.

  1. Mencegah Anemia

Manfaat dari tahu mentah berikutnya adalah menurunkan risiko anemia. Sebuah penelitian yang dilakukan di China membuktikan jika mengkonsumsi tahu mentah secara teratur akan menurunkan risiko anemia pada orang dewasa.

  1. Mengatur Berat Badan

Mengkonsumsi tahu sangat baik untuk mengatur berat badan agar selalu stabil. Sebuah penelitian memperlihatkan jika diet rendah kalori berbasis kedelai seperti tahu akan memberikan efek menguntungkan untuk menurunkan berat badan dan juga lipid darah.

  1. Bersifat Anti Kanker

Tahu mengandung isoflavin yang dikenal memiliki sejuta manfaat sebagai solusi kanker. Penelitian tentang asupan kedelai seperti tahu dengan kanker endometrium menunjukan jika mengkonsumsi banyak tahu akan menurunkan risiko kanker endometrium untuk wanita pasca menopause. Senyawa organik dalam tahu yakni isoflavin berperan penting dalam mengatasi gejala menopause wanita sekaligus juga menurunkan risiko kanker prostat dan kanker payudara.


  1. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Asupan makanan tepat dan seimbang memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan kardiovaskular. Mengkonsumsi produk kedelai seperti tahu mentah secara teratur akan menurunkan kadar lemak jenuh serta kolesterol sehingga risiko penyakit kardiovaskular bisa dikurangi.

  1. Menjaga Kekuatan Tulang

Tahu menjadi sumber kalsium baik yang menjadi bahan utama dalam pross pembentukan tulang. Mengingat bukanlah hal mudah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan mineral dalam jumlah yang tepat untuk tulang, maka tahu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena merupakan sumber kalsium yang tinggi. Mengkonsumsi tahu akan mencegah osteoporosis, penuaan tulang dan juga meningkatkan pembentukan tulang yang baik.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Besi memiliki peranan penting dalam memasok oksigen ke semua bagian tubuh dimana ini menjadi tugas dari hemoglobin untuk mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh. Hemoglobin yang ada di dalam darah terbentuk dengan memakai zat besi dalam tubuh. Kandungan zat besi dan tembaga tinggi yang ada dalam tahu sangat penting untuk meningkatkan sirkulasi darah, mengatasi lelah, mencegah gejala anemia sekaligus menjaga organ tubuh agar berjalan lebih lancar.

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Tahu mentah juga mengandung lesitin yang merupakan nutrisi penting untuk otak. Mengkonsumsi tahu dengan teratur sangat baik untuk membantu penderita alzheimer karena juga mengandung phytosterol yang akan meningkatkan fungsi sel saraf di area otak.

  1. menguatkan Jaringan dan Organ

Tahu bisa membantu merangsang penyerapan vitamin larut dalam lemak sehingga akan menguatkan jaringan sekaligus organ dalam tubuh. Tahu juga dikenall sebagai olahan kedelai yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol, memperbaiki metabolisme lipid sekaligus mencegah aterosklerosis koroner.

  1. Meningkatkan Energi

Kandungan protein tinggi dalam tahu bisa merangsang korteks serebral yang berguna untuk meningkatkan efisiensi disaat belajar dan juga bekerja sebagai sumber energi. Tahu sangat baik dikonsumsi untuk memperbaiki mood khususnya saat sedang depresi dan stress.

  1. Mencegah Oksidasi

Saponin yang terkandung dalam tahu mentah merupakan sumber antioksidan yang efektif untuk membersihkan radikal bebas di dalam tubuh. Tahu juga sekaligus mengurangi pertumbuhan sel tumor dan menguatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

  1. Mengurangi Lemak Darah

Tahu yang merupakan produk dari kedelai ini mengandung sterol tumbuhan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tahu akan mengurangi penumpukan kolesterol dalam usus sehingga tingkat LDL atau kolesterol jahat bisa diturunkan khususnya untuk penderita hiperlipidemia.

  1. Baik Untuk Perkembangan Janin

Tahu juga menjadi makanan yang tinggi akan beberapa vitamin seperti B, C dan juga E. Sedangkan beberapa mineral yang ada dalam tahu diantaranya magnesium, besi, kalsium, tembaga dan mangan serta vitamin K dan folat sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin.

  1. Mencegah Depresi

Dalam tahu juga mengandung folat cukup yang akan meningkatkan produksi serotonin yakni hormon untuk menghilangkan depresi. Mengkonsumsi tahu setiap hari sangat disarankan untuk memperbaiki mood sekaligus menghilangkan masalah depresi yang sedang dialami.

  1. Mencegah Migrain

Magnesium dalam tahu mentah bisa mengurangi risiko sakit kepala migrain dimana hanya dengan mengkonsumsi tahu dengan teratur setiap hari, maka sudah bisa mencegah terjadinya migrain dan sakit kepala.


  1. Melembabkan Kulit

Kulit yang terhidrasi dengan baik sudah menjadi keharusan agar kulit tetap terjaga kesehatannya. Tahu bertindak sebagai pelembab kulit kombinasi dan juga berkhasiat untuk menyingkirkan kulit kering dan terkelupas sebagai solusi kecantikan kulit. Apabila anda memiliki jenis kulit berminyak, maka bisa memakai tahu mentah ini untuk mengurangi kelebihan minyak dari permukaan kulit.

  1. Menguatkan Kuku

Kuku yang rapuh bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi tahu dalam menu makanan sehari hari. Melakukan diet tahu mentah selama 6 bulan saja sudah bisa menguatkan tekstur kuku sekaligus menambah kilau alami kuku anda. Tahu dikenal sebagai makanan untuk memberikan kelembaban berlebih sekaligus mengobati infeksi jamur kuku. Untuk membasmi infeksi jamur kuku hanya perlu dilakukan dengan menghaluskan tahu lalu mencelupkan kuku pada bubur tahu tersebut.

  1. Memperlambat Penuaan Kulit

Tahu tidak hanya baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh namun ternyata juga menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan kulit. Protein yang ada dalam tahu akan memperbaiki tingkat elastisitas kulit sekaligus mengencangkan beberapa otot wajah. Selain itu, tahu juga akan membuat wajah terlihat lebih kenyal dan awet muda dan akhirnya mencegah tanda tanda penuaan dini seperti garis halus, keriput dan flek hitam sekaligus mengangkat sel sel kulit mati.

  1. Mencegah Bayi Terlahir Prematur

Mengkonsumsi tahu selama masa kehamilan sangat baik untuk meningkatkan perkembangan bayi dalam kandungan. Kandungan kalsium, protein dan zat besi dalam tahu akan mencegah bayi terlahir prematur, mengurangi kolesterol jahat dan juga mencegah morning sickness sekaligus membangun tulang bayi agar lebih kuat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan