5 Manfaat Hutan Secara Langsung bagi Makhluk Hidup dan Lingkungan

Hutan biasa disebut dengan paru-paru dunia, karena memiliki berbagai manfaat dan peran penting bagi semua makhluk hidup di bumi. Hutan dapat memproduksi dan menyimpan cadangan oksigen terbesar, tempat hidup bagi makhluk hidup dan berbagai manfaat lain untuk kehidupan di bumi. Setelah artikel sebelumnya membahas mengenai manfaat hutan secara tidak langsung, artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat hutan bagi manusia dan lingkungan secara langsung.

Pada dasarnya hutan memiliki fungsi yang vital bagi keberlangsungan dan kehidupan semua makhluk hidup di bumi. Manfaat hutan tidak hanya menyediakan oksigen, tapi juga memberikan daya dukung terhadap aspek penting lain seperti air, kesuburan tanah, kuaitas udara dan lain sebagainya. Di bawah ini adalah beberapa penjelasan manfaat hutan secara langsung mengenai bagi manusia dan lingkungan.

1. Mencegah banjir dan erosi

Akar pohon memiliki fungsi dan kemampuan sebagai penahan air, yang dapat mendukung tanah agar dalam penyerapan air ketika terjadi banjir. Misalnya saja manfaat hutan mangrove yang dapat mencegah terjadinya luapan air laut dan mencegah terjadinya erosi akibat ombak laut. Selain akar pohon yang dapat mencegah banjir, pohon juga memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya bencana lain seperti tanah longsor dan kekeringan.

2. Menghasilkan oksigen

Luas hutan di dunia adalah sepertiga dari seluruh jumlah daratan di bumi. Keberadaan hutan ini dapat menyerap karbondioksida yang berada di udara dan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh manusia dan hewan untuk bertahan hidup. Jika tidak ada pohon atau hutan di dunia ini, maka kehidupan makhluk hidup lain juga akan punah.

3. Tempat tinggal makhluk hidup lain

Selain hutan adalah tempat hidup pohon, hutan juga menjadi tempat hidup hewan bahkan manusia. Sampai sekarang masih banyak manusia yang hidup di tengah hutan dan menggantungkan hidupnya dari apa yang dihasilkan hutan. Beberapa manfaat hutan secara langsung bagi manusia adalah tempat tumbuhnya sumber pangan, sebagai tempat manusia mencari nafkah atau manfaat lain seperti mengambil manfaat kayu jati bagi manusia ssebagai bahan untuk membangun tempat tinggal.

4. Menyediakan sumber obat

Selain menyediakan oksigen, hutan juga dapat menyediakan sumber obat karena sebagai tempat hidup berbagai macam tumbuhan. Contoh tumbuhan obat yang tumbuh di hutan adalah tumbuhan sambung ura, urio dan tumbuhan obat  lain yang hidup di hutan. Bahkan tumbuhan bakau yang dapat mencegah erosi juga dapat dimanfaatkan sebagai antibiotik, juga dapat digunakan sebagai bahan pengobatan penyakit tumor.

5. Mengurangi polusi udara

Di samping beberapa manfaat sumber daya hutan bagi kehidupan makhluk hidup di atas, hutan juga memiliki peran untuk mengurangi polusi udara yang dapat berasal dari industri, kendaraan atau lainnya. Udara yang tercemar oleh polusi akan terbawa angin, lalu udara tecemar tersebut akan diserap dan disaring oleh hutan. Polusi yang banyak mengandung gas seperti karbondioksida akan terserap oleh pepohonan di hutan, kemudian akan menghasilkan oksigen yang bersih.

Demikian ulasan mengenai beberapa manfaat hutan secara langsung bagi kehidupan makhluk hidup dan lingkungan sekitar. Banyaknya manfaat hutan bagi kehidupan makhluk hidup bumi, peran manusia di sini adalah harus senantiasa menjaga kelestarian hutan dengan melakukan penghijauan dan tidak merusak ekosistem hutan. Dengan begitu keberlangsungan hutan dapat terjaga, bukan hanya demi kebaikan hutan tapi juga demi kebaikan manusia sendiri di masa depan. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan