5 Manfaat Sirsak Untuk Diet yang Aman Bagi kesehatan



Manfaat sirsak untuk diet mungkin sudah banyak diketahui. Penggunaan sirsak merupakan cara alami dan tradisional yang dapat diterapkan guna mengurangi berat badan. Sirsak memiliki bentuk yang unik dengan gerigi di sekitar kulitnya bewarna hijau dan lembek saat sudah matang.

Sirsak saat ini mudah sekali ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Sirsak dapat dijadikan berbagai olahan minuman, salah satunya adalah jus sirsak. Sirsak memiliki kandungan vitamin dan serat yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Buah sirsak mampu memberikan efek kenyang yang cukup lama hal ini dikarenakan kandingan serat yang terkandung didalamnya.

Berbagai manfaat sirsak dapat dirasakan langsung maupun secara perlahan. Berbeda dengan manfaat kopi untuk otak, sirsak juga berfungsi menjaga ion tubuh guna mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan. Selain itu sirsak juga dapat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi resiko penyakit kanker, menjaga kadar kolesterol seimbang, menjaga kesehatan pencernaan, mengontrol gula darah, menjaga tekanan darah normal, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu proses penyembuhan luka, menangkal radikal bebas.

Beberapa manfaat buah sirsak untuk diet diantaranya, ialah:

1. Kaya Serat

Kandungan serat pada sirsak selain mampu menjaga gerakan pencernaan pada usus juga sangat berguna untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Seperti halnya dengan manfaat daun sirsak untuk diet , kandungan seratnya juga mampu mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama dan dapat membantu dalam menjaga berat badan dalam proses diet yang dilakukan.

2. Rendah Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama dalam tubuh, dimana kandungan karbohidrat pada buah sirsak cenderung lebih sehat dibandingkan karbohidrat pada soda maupun kue yang cenderung memicu kenaikan pada gula darah. Berbeda hal dengan manfaat minum madu hangat sebelum tidur,  menghindari konsumsi karbohidrat berlebih merupakan salah satu cara dalam menurunkan berat badan , orang dewasa membutuhkan karbohidrat sekitar 300-400 gram. Jika dalam sedang kondisi diet konsumsi karbohidrat dapat dikurangi jumlahnya menjadi setengahnya sekitar 150-200 gram. 1 gram karbohidrat mengandung 4 kalori. Seperti diketahui bahwa kadar kalori pada pada secangkir jus sirsak adalah sekitar 38 gram. Konsumsi sirsak dapat menjadi salah satu selingan kebutuhan konsumsi karbohidrat.

3. Tinggi Kandungan Kalium

Salah satu fungsi kalium adalah meningkatkan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Berbeda dengan manfaat nangka untuk cacar air ,metabolisme ialah proses yang dilakukan oleh tubuh guna mendapatkan sumber energi. Metabolisme merupakan proses dari dalam tubuh guna menyerap gizi yang berasal dari makanan untuk menjadi energi yang digunakan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Metabolisme berperan membakar kalori yang masuk kedalam tubuh dan secara tidak langsung membantu proses penurunan berat badan disamping didukung oleh pola diet sehat dan olahraga maupun aktivitas fisik tubuh.

4. Mengandung Air

Air juga membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Terdapat 138 gram air dalam secangkir buah sirsak. Dengan kadar air yang tinggi buah sirsak juga mampu mencegah terjadinya dehidrasi. Berbeda dengan manfaat timun dan jeruk nipis, konsumsi air dalam jumlah cukup juga mampu menjaga dan mengontrol asupan makanan yang masuk dalam tubuh karena kondisi tubuh dalam kondisi kenyang.


5. Mengandung Vitamin C

Vitamin C dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Arizona State University dalam penelitiannya mengungkapkan bahwa seseorang yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang rendah tidak mampu menghilangkan lemak seefektif orang yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah  cukup.  kemudian dalam jurnal Advances in Pharmacological Sciences ditemukan bahwa vitamin C memiliki kemampuan menurunkan kadar gula darah puasa (GDP) sehingga dapat mengontrol Indeks Massa Tubuh tetap berada pada batas normal.

Berikut ini aturan konsumsi buah sirsak guna menjaga berat badan ideal dan mendukung aktivitas diet sehat ialah dengan mengonsumsinya 4 jam sebelum melakukan olahraga, dalam Journal of the American College of Nutrition oleh Johnston, C.S diungkapkan bahwa kandungan vit C yang cukup pada tubuh seseorang mampu membakar lemak 30% lebih banyak saat melakukan olahraga. Sehingga dapat disimpulkan bahwa olahraga akan lebih efektif dalam membakar lemak apabila tubuh dalam keadaan cukup kandungan vitamin C. Tetapi perlu diingat bahwa kandungan vitamin C bukan digunakan sebagai suplemen diet, melainkan sebagai pendukung proses pembakaran lemak dari berbagai aktivitas fisik yang dilakukan. Semoga Bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan