23 Manfaat Timun dan Jeruk Nipis yang Penting Diketahui

Manfaat timun dan jeruk nipis bagi kesehatan maupun kecantikan sudah menjadi rahasia umum. Berbagai kandungan vitamin pada keduanya mampu memberikan efek yang cukup baik jika digunakan sebagai pengobatan maupun perawatan kulit. Bisa dibilang bahwa timun dan jeruk nipis merupakan bahan alami yang tidak banyak mengandung efek samping dan mudah ditemukan sebagai alternatif pengobatan tradisional dan terbukti mampu memberikan efek yang baik dibuktikan dengan penggunaan bahan bahan tersebut sebagai salah satu produk kosmetik.

Timun  (Cucumis sativus L.) ialah tumbuhan yang menghasilkan buah, dimana buah ini mengandung banyak air dan cukup untuk menghidrasi tubuh agar tidak kekurangan cairan. Timun selain dimakan secara langsung juga sering dijadikan sebagai bahan kosmetik dan kecantikan seperti masker meskipun begitu banyak  mengkonsumsi timun secara berlebihan juga tidak diperkenankan karena dapat menyebabkan keputihan bagi wanita. Sedangkan Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan juga menjadi salah satu solusi dalam menurunkan berat badan atau diet sehat.

Berbagai manfaat mentimun dan jeruk nipis ialah:

1. Menurunkan dan Menstabilkan Kadar kolesterol

Kandungan vitamin pada timun dan jeruk nipis mampu menurunkan kadar kolesterol, seperti yang telah kita ketahui bahwa kadar kolesterol normal pada tubuh adalah kurang dari 200 mg/dL pada HDL,LDL dan trigliserida. Selain vitamin kandungan flavonoid  yaitu hesperidin pada jeruk nipis juga mampu menurunkan dan menghambat produksi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida . Jeruk nipis merupakan buah yang paling tinggi mengandung flavonoid. Anda dapat mengkonsumsi jeruk nipis maupun mentimun secara bergantian, konsumsilah ketika anda sedang dalam kondisi kolesterol tinggi, lakukan hingga kadar kolesterol anda kembali normal.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Timun dan jeruk nipis juga berperan sebagai sumber antioksidan dalam tubuh, serta kaya akan vitamin C serta kandungan flovanoid yang tinggi pada jeruk nipis mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh serta mencegah dan melawan berbagai penyakit dan resiko terkena kanker. Berbeda dengan manfaat belimbing Hal ini juga disebabkan kandungan liminoid yang ada pada jeruk nipis mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga mampu menurunkan berbagai resiko penyakit seperti leukimia, kanker lambung dan kanker usus besar.

3. Mengatasi Asam Urat

Kandungan vitamin A, B dan mineral seperti folat, kalium dan magnesium pada mentimun mampu meringankan nyeri astritis sedangkan kandungan asam sitrat pada jeruk nipis mampu melarutkan secara alami kadar asam urat dalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Gigi dan Kesegaran Bau Mulut

Kandungan air pada mentimun mampu menghilangkan bakteri yang  ada pada mulut dan gusi, cukup mengunyah mentimun seperti biasa perlu diketahui juga bahwa beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri juga dapat disembuhkan dengan timun salah satunya pyorrea, Sedangkan asam dan natrium bikarbonat yang terkandung dalam jeruk nipis mampu menyeimbangkan pH di dalam mulut, Selain itu gigi kuning juga dapat diatasi dengan jeruk nipis karena mengandung antibakteri yang mencegah gigi berwarna kuning. Gunakan perasan jeruk nipis sebagai obat kumur atau campurkan dengan sedikit garam dan oleskan pada seluruh bagian gigi.

5. Membantu Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan merupakan salah satu masalah yang paling banyak dialami oleh wanita, sebenarnya berat badan seimbang merupakan pilihan terbaik, dimana tidak terlalu gemuk maupun tidak terlalu kurus. Berat badan ideal akan mendorong perilaku hidup sehat dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung gizi seimbang. Selain itu obesitas juga dapat menyebabkan beberapa penyakit mudah menyerang seperti stroke dan penyakit jantung, hal ini dikarenakan sebagian besar gula darah dalam tubuh akan tinggi dan tingkat kolesterol yang juga tinggi.  Mentimun memiliki serat yang tinggi serta rendah kalori sehingga konsumsi timun dapat menjaga berat badan ideal sedangkan jeruk nipis memiliki fungsi membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh dan memperlancar saluran cerna sehingga penyerapan energi dan asupan makanan kedalam tubuh lancar. metabolisme sendiri merupakan proses kimia yang sangat penting guna mengubah makanan yang masuk kedalam tubuh menjadi energi, megkonsumsi perasan jeruk nipis setiap hari akan membantu menjaga berat badan tetap ideal.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Jeruk nipis membantu hati dalam memproduksi empedu dan meringankan gejala sakit perut dan memperlanacar saluran cerna membawa dan memproses makanan. Gerakan peristaltik dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi jeruk nipis, sehingga memperlancar Buang Air Besar (BAB). Kandungan serat pada mentimun mampu memperlancar saluran pencernaan dimana serat larut membantu pergerakan makanan dan mengakibatkan pencernaan lancar dan mampu menjaga kesehatan pencernaan.

7. Mengobati Penyakit Kulit

Berbagai jenis penyakit kulit tentu sangat mengganggu, baik itu penyakit yang paling berat hingga paling ringan. Salah satu penyakit kulit yang dapat mengurangi percaya diri adalah panu apalagi jika panu muncul dibagian wajah dan tempat terbuka lain. Berbagai solusi alami tentunya di coba guna menyembuhkannya. Seperti diketahui bahwa jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang tinggi dimana senyawa ini merupakan antioksidan yang kuat. Antioksidan inilah yang membantu tubuh mencegah radikal bebas yang menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Secara umum manfaat buah-buahan Selain flovanoid,  kandungan vitamin C pada jeruk nipis juga mampu menghilangkan panu. Gunakan perasan jeruk nipis dan cmpurkan dengan belerang yang juga mampu membantu membasmi virus akibat jerawat, dan panu karena adanya zat keratolitik. Camprurkan perasan jeruk nipis dan belerang kemudian usapkan pada panu , tunggu hingga mengering kemudian bilas.

8. Meringankan Akibat Jerawat

Gunakanlah mentimun dan jeruk nipis sebagai masker. Seperti halny adengan manfaat jeruk limau kandungan antioksidan dan tonik yang alami pada keduanya mampu mengurangi berbagai efek dari jerawat seperti flek hitam, dan luka yang membekas. Jadikan keduanya sebagai masker lakukan secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

9. Mencerahkan Wajah

Pembentukan kolagen yang normal dibantu oleh kandungan vitamin C yang cukup, kolagen sendiri merupakan zat penyusun kulit. Keduanya mampu menghilangkan sel-sel kulit mati. Antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis dan mentimun mampu membentuk kolagen yang merupakan unsur penting pada kulit. Anda dapat menggunakan masker campuran jeruk nipis dan mentimun, usapkan ke wajah dan balurkan secara merata, tunggu hingga kering kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Pengangkatan sel sel kulit mati mampu membuat wajah cerah, sehat dan kencang. Zat kolagen mampu memelihara kesehatan kulit, meminimalisir kerutan dan berfungsi mengencangkan kulit wajah.

10. Mengobati Rontok dan Ketombe

Rambut rontok biasa diakibatkan oleh masalah yang terjadi pada akar rambut. Layaknya manfaat daun sirsak untuk kesehatan rambut dan kulit Jeruk nipis memiliki kandungan anti jamur yang mampu mencegah kerontokan pada rambut juga mengatasi ketombe yang berlebihan dan mengganggu.

11. Mencegah Parkinson

Jeruk nipis memiliki kandungan phytonutrient yang unik. Hal ini mampu menjaga dan melindungi sel-sel otak dan mencegah terjadinya penyakit parkinson.


12. Meningkatkan Mood Positif

Sebuah penelitian menyebutka bahwa pemberian suplemen vitamin C mampu memberikan rasa bahagia atau mood yang baik pada pasien dibanding yang tidak diberikan suplemen vitamin C. Jeruk nipis kaya akan vitamin C sehingga mengkonsumsi dalam jumlah cukup dapat meningkatkan rasa bahagia.

13. Mengurangi Nyeri Saat Peradangan

Jeruk nipis secara alami mampu mengurangi asam urat pada persendian, sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi nyeri saat terjadi inflamasi.

14. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Jeruk nipis dan timun memiliki kandungan vitamin C yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati pada daerah bibir. Iriskan lemon dan usap pada bibir tunggu 5 menit kemudian bilas, gunakan secara rutin untuk menghindari bibir pecah-pecah.

15. Menjaga Kesehatan Hati

Proses detoksifikasi atau menghilangkan cairan racun dalam tubuh sangat penting. Fungsi ini dilakukan oleh organ hati. asam sitrat yang terdapat pada Jeruk nipis berfungsi memaksimalkan proses detoksifikasi dengan cara mengaktifkan fungsi enzim yang berperan dalam produksi empedu, membuang racun dalam tubuh dan melarutkan asam urat.

16. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Jeruk nipis dan timun mengandung kalium yang sangat baik dalam fungsi mengurangi tekanan darah tinggi.

17. Mengatasi Mata Panda

Gunakan potongan timun dan letakkan pada mata sebelum tidur, hal ini sangat berfungsi untuk menyegarkan kondisi mata yang lelah akibat debu dan aktivitas sehari-hari, lakukan secara teratur untuk menghilangkan lingkar hitam di area sekitar mata.

18. Menghilangkan Komedo

Jeruk nipis juga berfungsi sebagai perawatan wajah, jika anda mengalami rasa tidak percaya diri akibat komedo, hal itu dapat diatasi dengan jeruk nipis dan mentimun. Gunakan keduanya dan jadikan sebagai masker alami, balurkan pada wajah dan biarkan hingga kering kemudian bilas dengan air hangat.


19. Menjaga Kesehatan Jantung

Timun mengandung kalium, magnesium dan serat dimana mineral ini berfungsi untuk menyeimbangkan darah pada tubuh. Kalium merupakan elektrolit yang mengandung muatan positif yang sangat berguna untuk berinteraksi dengan sodium dalam rangka transmisi kontrol saraf, otot dan fungsi jantung.

20. Mengurangi Bau Badan

Jeruk nipis memiliki kandungan falvonoid dan vitamin C serta asam sitrat yang memiliki fungsi mengurangi bau badan, berbeda dengan manfaat buah lontar gunakan jeruk nipis seperti menggunakan deodoran gunakan secara rutin setelah mandi agar bau badan benar-benar hilang.

21. Meringankan Efek Radang Tenggorokan

Jika sedang dalam kondisi radang tenggorokan , anda bisa mengkonsumsi perasan jeruk nipis dan sedikit campurkan madu, konsumsi 2 kali sehari, lakukan hingga kondisi radang membaik

22. Menjaga Kesehatan Ginjal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya,Lain hal dengan manfaat buah markisa jeruk nipis mengandung asam sitrat yang berfungsi mencegah pengikatan terhadap mineral lain yang dilakukan oleh kalsium, mengkonsumsi perasan jeruk nipis juga mampu mengurangi gejala terjadinya penyakit batu ginjal.

23. Mengatasi Sesak Nafas

Berbeda dengan manfaat soda untuk paru-paru Kandungan vitamin C mampu mengurangi resiko mengalami sesak napas. Karena pada dasarnya kondisi tubuh yang cukup kandungan vitamin C dapat mengurangi gejala sesak nafas.

 

Berbagai manfaat timun dan jeruk nipis diatas dapat anda praktekan karena bahan-bahan tersebut sangat mudah untuk ditemukan. Penggunaan bahan-bahan alami akan mengurangi efek samping dari pengobatan, tetap konsultasikan kesehatan secara rutin guna mencegah terjadinya gejala yang lebih serius. Semoga Bermanfaat.

 

 

 

 

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan