6 Manfaat Nangka untuk Cacar Air yang Penting Diketahui

Manfaat nangka untuk cacar air mungkin sudah banyak diketahui masyarakat. Nangka sendiri diyakini merupakan buah yang berasal dari India tepatnya Ghats bagian barat meskipun saat ini pertumbuhannya telah menyebar di Asia Tenggara. Nangka berwarna kuning ketika sudah matang. Meskipun begitu nangka juga dapat dikonsumsi ketika masih mentah dapat dijadikan sebagai sayur makan.

Nangka (Artocarpus heterophyllus) memiliki ukuran tinggi samapi 30 meter. Hampir sperti buah karet jika disayat atau digores seluruh bagian batang akan mengeluarkan getah pekat berwarna putih. Buah nangka yang sudah matang dapat dijadikan berbagai olahan seperti dodol nangka, selai, keripik nangka dll. Selain itu biji nangka juga dapat dimanfaatkan dan berfungsi sebagai sumber karbohidrt tambahan dikonsumsi dengan cara direbus, di kukus maupun digoreng.

Berbagai daerah di Indonesia memiliki olahan nangka yang berbeda, jika di jogyakarta nangka dapat dijadikan gudeg, berbeda halnya dengan di sumatera dapat dijadikan sebagai gula dan masih banyak olahan lain yang dapat dibuat dari nangka. Berbeda dengan manfaat timun dan jeruk nipis Selain buahnya batang nangka juga dapat dijadikan sebagai konstruksi bangunan meskipun tidak sepopuler kayu jati maupun sengon.

Nangka memiliki kandungan yang sangat baik bai kulit beberapa manfaat nya adalah mengatasi jerawat, kulit kering, keriput, komedo dan bekas luka. Penggunaannya sebagian besar mengoleskannya dibagian tubuh yang diperlukan dan dibilas hingga bersih, digunakan selama 15-20 menit.

Selain berbagai fungsi diatas nangka juga sangat bermanfaat guna mengobat cacar air, hal ini dikarenakan kandungan fruktosan dan sukrosa ketika sudah matang. Lebih lengkapnya sebagai berikut:

1. Antioksidan Tinggi

Buah nangka mengandung antioksidan tinggi dari vitamin C. Berbeda dengan manfaat daun cakar ayam Mengkonsumsi buah yang kaya akan kandungan vitamin C dapat membantu mengurangi gejala alergi, infeksi dan membantu tubuh untuk mempertahankan diri dari berbagai radikal bebas. Sumber antioksidan tinggi juga membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun) dari serangan berbagai penyakit.

2. Sumber Vitamin A

Kandungan vitamin A pada buah nangka yang belum matang dapat dikategorikan sedikit. Sedangkan diketahui bahwa kandungan pigmen flavonoid yakni karoten, xanthin, lutein dan cryptoxanthin dimana beberapa senyawa ini dapat berperan menjaga integritas selaput lendir dan kulit. Selain itu mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin A dan karoten mampu melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.

3. Tinggi Serat

Nangka kaya akan kandungan serat. Lain hal dengan manfaat daun sirsak untuk wanita Serat memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, mulai dari slauran cerna, rambut hingga kulit. Seperti diketahui bahwa kandungan serat pada buah nangka dapat memperlambat tanda penuaan dimana kandungan antioksidan dapat membantu dalam pembentukan kolagen protein dan mengembalikan elastisitas kulit. Selain itu serat juga bermanfaat dalam mengatasi maslah kulit kering dan berjerawa

4. Kaya Kandungan Vitamin B- Kompleks

Salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin B-kompleks salah satunya adalah buah nangka. Berbeda halnya dengan manfaat daun nangka kuning jumlah vitamin B6 (phridoxine), B2 (ribloflavin) , asam folat dan B3(niacin). Seperti kita ketahui bahwa selain vitamin E, vitamin B sangat baik guna fungsi kesehatan kulit dan rambut. Karena vitamin B juga berperan penting dalam mestimulasi pertumbuhan sel-sel sehat dalam tubuh. Vitamin B6  berfungsi mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh, menjaga hidrasi pada kulit dan mengatasi retensi cairan dan juga berfungsi dalam produksi sel darah merah. Vitamin B2 membantu menjaga kulit terhidrasi. Kandungan niacin yang juga dikenal dengan vitamin B3 sangat ampuh guna menjaga kelembaban sel-sel kulit sehingga sangat cocok untuk kulit kering selain itu vitamin ini juga berperan dalam proses oksigenasi dimana juga memiliki sifat anti-inflamasi yang berguna untuk menengkan kulit yang teriritasi akibat cacar air.


5. Mengandung Mineral

Buah nangka mengandung berbagai sumber mineral yang baik bagi kesehatan, seperti kalium, magnesiun, besi dan mangan. Jika vitamin merupakan senyawa organik, mineral merupakan senyawa anorganik yang tersedia dalam bentuk yang lebihh sederhana. Kandungan magnesium pada buah nangka mampu meningkatkan elastisitas dan kekenyalan pada kulit pasca terjadinya cacar air dan mempercepat proses penyembuhan .

6. Sumber Protein

Kekurangan protein dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan keriput. Protein berfungsi untuk meregenerasi sel kulit dan sebagai pendukung proses penyembuhan luka.

Itulah berbagai manfaat buah nangka yang dapat anda terapkan. Semoga Bermanfaat.

,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan