8 Manfaat Minum Madu Hangat Sebelum Tidur

Madu sudah sejak lama dikonsumsi masyarakat seluruh dunia dari 2500 tahun yang lalu karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan digunakan juga untuk pengobatan serta kecantikan seperti manfaat madu untuk kulit. Madu memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin seperti kalsium, vitamin C, zat besi, memiliki sifat anti inflamasi, anti mikroba dan berbagai kandungan bermanfaat lainnya. Selain itu, manfaat minum madu hangat sebelum tidur ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan tidak seperti banyak anggapan yang beredar jika mengkonsumsi madu sebelum tidur bisa menyebabkan berat badan meningkat. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika anda mengkonsumsi madu secara teratur sebelum pergi tidur.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi madu hangat sebelum tidur bisa memberikan efek luar biasa yakni membantu dalam menurunkan berat badan. Madu bisa membakar lemak lebih cepat sekaligus meningkatkan fungsi organ hati khususnya jika anda mengganti gula dengan madu yang juga akan menurunkan kadar gula darah dan kolesterol tinggi dalam tubuh. Perlu diketahui jika organ hati membutuhkan banyak bahan bakar sepanjang waktu sehingga disaat sedang tidur dan tidak mengkonsumsi apapun, maka kadar glikogen bisa menjadi rendah dan otak akan mengaktifkan hormon stres dalam tubuh sehingga menimbulkan banyak masalah sekaligus membuat tubuh semakin gemuk.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mengkonsumsi 1 sendok teh madu hangat sebelum tidur juga sangat baik untuk memperbaiki kualitas tidur. Jika kualitas tidur memburuk, maka bisa menyebabkan berbagai masalah seperti hipertensi, diabetes tipe 2, stroke, arthritis, jantung dan banyak penyakit lain yang bisa terjadi karena kualitas tidur buruk. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk minum madu hangat sebelum tidur yang tidak hanya membantu tidur semakin nyenyak namun juga meningkatkan kadar insulin meski hanya sedikit yang bisa membantu tryptophan untuk dilepaskan pada otak. Triptofan tersebut nantinya akan berubah menjadi serotonin dan akan diubah kembali menjadi melatonin untuk mempromosikan tidur yang lebih nyenyak.

  1. Meningkatkan Fungsi Organ Hati

Organ hati membutuhkan banyak bahan bakar ketika malam hari waktu tidur. Tubuh bisa tidak berfungsi dengan baik ketika organ hati tidak mendapatkan bahan bakar yang cukup. Untuk memenuhi sumber energi organ hati, maka mengkonsumsi 1 sendok teh madu hangat menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan glukosa yang sangat dibutuhkan otak dan juga organ hati. Bahkan, para atlet juga selalu mengkonsumsi madu sebelum tidur yang bisa mengendalikan nafsu makan mereka semakin baik.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

1 sendok teh madu hangat yang dikonsumsi sebelum tidur juga bisa menurunkan risiko terkena diabetes karena bisa menurunkan kadar glukosa darah dalam waktu singkat. Selain itu, sangat disarankan juga untuk mengkonsumsi madu hangat yang ditambahkan dengan bubuk kayu manis untuk pencegahan diabetes lebih baik.

  1. Mencegah Alergi

Lebah yang berpindah dari satu bunga ke bunga lain untuk mengumpulkan serbuk sari nantinya bisa menyebabkan alergi dan juga infeksi. Namun dengan mengkonsumsi madu hangat sebelum tidur, maka sudah cukup ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sangat baik untuk menghindari anda dari alergi serbuk sari tersebut.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Madu mentah merupakan sumber antioksidan yang sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga bisa mencegah berbagai macam penyakit dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu hangat juga kaya akan polifenol yakni antioksidan penting untuk mencegah kanker dan penyakit jantung yang bahkan bisa mengobati flu dan juga infeksi saluran pernapasan.


  1. Menyediakan Energi

Madu juga dikenal sebagai pemberi energi alami sehingga tidak hanya baik dikonsumsi sebelum dan sesudah berolahraga, namun juga bisa menjadi penyedia energi organ tubuh ketika tidur. Madu mengandung 80% karbohidrat sehingga anda bisa bangun setiap hari dalam keadaan segar dan siap untuk beraktivitas.

  1. Menyembuhkan Batuk

Untuk solusi batuk, madu mentah yang sudah dihangatkan juga baik dikonsumsi sebelum tidur yang tidak hanya menyembuhkan namun juga mengatasi gejala batuk seperti sakit tenggorokan dan gatal.

Dari ulasan diatas bisa dibuktikan jika ada begitu banyak manfaat minum madu hangat sebelum tidur yang tidak hanya sekedar berguna untuk meningkatkan kualitas tidur, namun juga menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh bahkan untuk membantu menurunkan berat badan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Minuman