18 Manfaat Selada Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Selada merupakan sayuran yang kerap kali hanya dijadikan sebagai sayuran pelengkap saja. Selada memiliki rasa yang netral dan tidak menyengat sehingga sangat cocok dijadikan sebagai sayuran yang disajikan secara segar atau mentah. Biasanya selada sering ditemukan di dalam burger atau dijadikan salad. Rasanya yang segar membuat banyak orang menyukainya. Bahkan untuk orang indonesia pun sering menjadikannya sebagai lalapan pendamping makan.

artikel terkait:

Namun selada ini tidak banyak orang yang mau memakannya terutama karena dimakan secara mentah dan lebih senang menjadikannya sebagai sayuran hiasan makanan saja padahal jika dilihat dari nutrisinya, selada ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Saat ini juga telah berkembang jenis varietas baru dari selada yaitu selada merah yang tak kalah bergizinya dengan selada hijau pada umumnya.

Kandungan selada merah

Sebenarnya daun selada tidak hanya bisa disajikan secara segar mentah saja namun juga bisa diolah terlebih dahulu seperti direbus atau dibuat jus. Selada merah merupakan varietas baru yang banyak dikembangkan oleh para petani selada karena permintaannya semakin meningkat. Ini tentu saja tidak terlepas dari kandungan yang ada di dalam selada merah yang sangat baik, apa saja itu? Simak selengkapnya berikut ini.

  • Selada merah mengandung vitamin kompleks yang cukup lengkap dianntaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin K
  • Zat lutein
  • Kaya protein
  • Beta karoten
  • Kalium
  • Zat besi
  • Asam folat
  • Kolin
  • Alkaloid
  • Serat
  • Kalori rendah
  • Beberapa kandungan zat lainnya yang bermanfaat bagi tubuh

Selain bergizi tinggi, selada merah ini juga bisa lho anda jadikan sebagai sayur baru bagi keluarga anda supaya menu yang ada di meja makan lebih bervariasi.

artikel terkait: manfaat temulawak untuk lambung

Manfaat selada merah

Keuntungan dari mengonsumsi selada merah secara langsung atau yang masih mentah adalah anda akan mendapatkan nutrisinya lebih lengkap karena tidak terbuang kemanapun. Anda juga tidak perlu khawatir dengan rasanya karena tetap enak dan segar. Namun jika akan mengolahnya menjadi masakan pun tidak apa-apa dan anda akan tetap mendapatkan khasiatnya. Lalu apa sajakah manfaat dari daun selada merah ini? Berikut ulasannya :

  1. Mengoptimalkan pertumbuhan

Masa pertumbuhan pada anak-anak hingga remaja merupakan masa yang sangat berharga. Pada masa itulah tubuh akan berkembang lebih cepat sehingga sebaiknya anda tidak kehilangan masa yang satu ini. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan mengonsumsi selada merah. Di dalam selada merah terdapat kandungan zat besi, kalium, vitamin K dan vitamin C serta protein tinggi yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi secara optimal.

artikel terkait: manfaat tokoferol

  1. Mengatasi anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah ditandai dengan beberapa gejala seperti lesu, lemah, lunglai, tidak nafsy makan dan lainnya. Untuk membantu mengatasi anemia yang apabila tidak diatasi akan menjadi penyakit serius maka anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi selada merah. Manfaat selada merah ini memiliki kandungan gizi yang lengkap dan mumpuni dalam proses pembentukan sel darah merah.

  1. Mengatasi sariawan

Meskipun banyak orang menyepelekan penyakit yang satu ini namun jika tubuh mengalami sariawan pasti seluruh tubuh juga akan merasakan tidak enak karena tidak bisa makan dan minum seperti biasanya. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam selada merah mampu membantu mengatasi sariawan. Anda bisa mengonsumsi selada merah atau dengan berkumur air rebusan daun selada merah.

artikel terkait: manfaat teladak

  1. Mengatasi diabetes

Diabetes merupakan penyakit dimana terjadi kelebihan kadar gula dalam darah. Ini sangat berbahaya karena dapat menganggu kinerja organ tubuh seluruhnya. Saat ini penyakit diabetes semakin banyak penderitanya terutama disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Nah, bagi anda yang memiliki diabetes sebaiknya mengonsumsi selada merah ini karena di dalamnya tidak mengandung gula sehingga aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes meskipun dalam jumlah yang banyak. Selada merah juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah secara optimal.

  1. Mengatasi insomnia

Padatnya aktivitas pekerjaan bisa jadi tidak dapat membuat anda tidur nyenyak malah membuat anda susah tidur atau insomnia. Hal ini disebabkan karena hormon adrenalin bekerja terlalu keras sehingga tubuh dan pikiran tidak dapat tenang. Di dalam selada merah terdapat kandungan yang bernama lactucarium dimana zat ini sangatlah unik karena memiliki manfaat sebagai penenang secara alami. Jadi, jika anda mengalami masalah sulit tidur tidak ada salahnya untuk mengonsumsi selada merah saat makan malam supaya pikiran lebih tenang.

artikel terkait: manfaat sayur lalapan

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu yang membuat tubuh menjadi mudah sakit adalah karena kurangnya sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh ini diproduksi secara alami oleh tubuh sebagai penangkal berbagai radikal bebas seperti debu, polusi dan lainnya. Untuk membuat tubuh tetap sehat maka bisa dibantu dengan mengonsumsi selada merah ini setiap hari ya.

  1. Membantu diet

Bagi anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan atau diet mungkin sudah mencoba berbagai cara namun mungkin belum optimal. Saat ini banyak orang yang melakukan diet namun salah karena biasanya mereka ingin mendapatkan hasil instan. Ini tentu saja tidak baik karena justru dapat memebuat tubuh sakit. Konsumsilah selada merah ketika sedang dalam proses diet, karena selada merah mengandung serat tinggi. Serat ini berfungsi untuk melancarkan pencernaan sehingga menjadi lebih sehat dan tidak ada penumpukan lemak dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat daun andewi


  1. Meningkatkan kesehatan janin

Bagi anda yang sedang hamil juga disarankan untuk mengonsumsi daun selada merah ya. Hal ini karena selada merah memiliki kandungan zat besi tinggi yang sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil demi pertumbuhan janin di dalam perut. Namun sangat disarankan bagi anda ibu hamil untuk tidak memakan selada merah dalam keadaan mentah karena ditakutkan masih ada bakteri atau telur cacing yang kemungkinan dapat menginfeksi janin. Lebih baik konsumsi selada merah yang sudah direbus terlebih dahulu.

  1. Mengatasi sakit kepala

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa di dalam daun selada merah ini memiliki kandungan zat yang unik yang bersifat menenangkan. Hal ini mampu mengatasi sakit kepala yang anda rasakan dan membuat anda menjadi tenang sehingga anda pun lebih rileks.

artikel terkait: manfaa cabai hias

  1. Mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang saat ini sedang banyak ditakuti karena muncul secara tiba-tiba tanpa ada gejala yang pasti sebelumnya. Kanker biasanya terdeteksi ketika sudah parah dan untuk pengobatannya harus ekstra. Oleh karena itu tidak ada salahnya bagi anda untuk mencegah penyakit tersebut. Salah satu diantaranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya vitamin C seperti selada merah ini ya.

  1. Memulihkan otot dan syaraf

Ketika kegiatan sudah begitu memaksa tubuh untuk terus bekerja terkadang tubuh juga memberikan respon untuk berhenti namun tetap tidak diindahkan. Otot dan syaraf yang kaku dapat diatasi dengan mengonsumsi selada merah lho. Selain memberikan efek rileks dan tenang namun juga memberikan energi yang besar pada tubuh lho sehingga anda tetap bisa bekerja dan tubuh tetap sehat.

artikel terkait: manfaat hidroponik


  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, sakit perut dan lainnya tentu sangat menyiksa tubuh bukan? Pencernaan yang lancar juga menjadi salah satu indikator hidup sehat. Nah, untuk mendapatkan pencernaan yang sehat dan lancar anda bisa mengonsumsi selada merah ya. Di dalam nanfaat selada merah terdapat kandungan serat tinggi yang akan melancarkan pencernaan sehingga tidak ada penumpukan kotoran dalam tubuh yang mungkin akan menjadi lemak.

  1. Mencegah rambut rontok

Rambut adalah mahkota bagi semua orang terutama wanita. Namun kerap kali wanita mengalami berbagai masalah pada rambut salah satunya adalah rambut rontok. Rambut rontok ini tentu saja sangat menjengkelkan bukan karena selain tidak sehat juga dapat mengotori sekitar anda. Konsumsi selada merah secara rutin untuk mencegah rambut rontok dan membuatnya lebih kuat.

artikel terkait: manfaat cabe rawit

  1. Menetralkan racun

Gaya hidup modern yang semakin tidak sehat membuat banyak racun masuk ke dalam tubuh. Dengan mengonsumsi selada merah dapat membantu menetralkan racun karena selada merah mengandung air cukup banyak.

  1. Menyehatkan organ hati

Kesehatan organ hati atau liver sangatlah penting dan harus dijaga. Makanlah selada merah supaya organ hati tetap sehat.

  1. Menurunkan kolesterol

Kandungan serat dan air yang melimpah dalam selada merah mampu menurunkan kolesterol yang melekat pada pembuluh darah. Seperti yang diketahui bahwa kolesterol ini mampu membunuh tubuh secara perlahan-lahan.

artikel terkait: manfaat bunga turi

  1. Menangkal radikal bebas

Berbagai ancaman radikal bebas yang ada saat ini dapat dihindari dengan mengonsumsi makan makanan sehat seperti selada merah. Pastikan selalu ada selada merah di menu harian anda ya.

  1. Detoksifikasi tubuh

Detoksifikasi atau proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh merupakan kegiatan yang harus dilakukan supaya tubuh tidak mudah sakit.

artikel terkait: manfaat kembang kol

Itulah manfaat dari selada merah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Setelah membacanya tentu saja anda tidak ingin melewatkan menu istimewa dari selada merah bukan? Terima kasih dan semoga bermanfaat

,
Oleh :
Kategori : Sayuran