5 Manfaat Sahur dengan Kurma Saat Bulan Ramadhan

Kurma memiliki nama latin phoenix dactylifera. Kurma merupakan buah yang berasal dari teluk persia dan banyak tumbuh di padang pasir. Tinggi batang kurma sendiri bisa mencapai 15 sampai dengan 25 meter dan daunnya memiliki lebar 3 sampai dengan 5 meter. Kurma sendiri memiliki beragam jenis dan yang paling terkenal adalah kurma nabi yang disebut juga dengan kurma ajwa.

Buah kurma memiliki warna hitam jika sudah matang dan siap untuk dimakan. Sedangkan yang masih mudah memiliki warna hijau dan dikenal juga sebagai kurma muda. Kurma muda bisa juga dikonsumsi dan dianjurkan untuk pasangan pengantin yang ingin segera memiliki anak. Buah kurma memiliki rasa manis yang pas. Itu kenapa buah ini juga dianjurkan oleh nabi untuk dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa.

Sebagai salah satu buah musiman yang banyak diburu pada bulan ramadhan, kurma memang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan karena kandungan yang terdapat didalam buah itu sendiri. Kandungan didalam buah kurma antara lain adala sebagai berikut ini :

  • Karbohidrat, manfaat karbohidrat sendiri adalah sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh.
  • Protein, manfaat protein untuk memelihara sel sel dalam tubuh.
  • Gula yang juga memiliki peran bagi tubuh.
  • Vitamin c, dimana manfaat vitamin c untuk kesehatan adalah untuk mencegah sel kanker.

Itulah beberapa manfaat kurma untuk kesehatan tubuh. Adapun sahur adalah suatu rutinitas sebelum berpuasa sepanjang hari dengan minum dan makan sebagai salah satu sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhamad SAW. Dimana sahur juga termasuk memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Kurma dapat dijadikan sebagai cemilan saat sahur. Berikut ini penjelasan mengenai manfaat sahur dengan kurma antara lain :

1.Melancarkan pencernaan

Manfaat sahur dengan kurma yang pertama adalah untuk melancarkan pencernaan. Ini karena manfaat serat yang terkandung didalam kurma. Serat dipercaya mampu melancarkan pencernaan sehingga tidak menyebabkan sembelit. Salah satu upaya untuk melancarkan pencernaan dengan kurma adalah mengonsumsi 7 butir kurma pada saat sahur. Waktu sahur yang baik adalah beberapa menit sebelum imsak. Dan saat sahur jangan lupa untuk membaca niat sahur akan melaksanakan puasa pada hari ini.

2. Terasa kenyang lebih lama

Kurma termasuk buah yang kaya akan kalori sehingga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Maka mengonsumsi kurma saat sahur dapat membuat rasa kenyang lebih tahan lama yang tidak lain adalah manfaat kalori itu sendiri. Bagi Anda yang suka kurma dan mengonsumsi kurma saat sahur maka ini kabar baiknya. Jika Anda merasa kenyang lebih lama tentu energi Anda lebih banyak dan ini menunjang sekali untuk menjalankan aktifitas sehari – hari. Anda bisa mengerjakan tugas dengan lancar dan tanpa hambatan dan bisa pulang tepat waktu terutama di bulan Ramdhan.

3. Menormalkan gula darah

Gula darah penting bagi tubuh namun berubah menjadi masalah bagi kesehatan jika kadar gula dalam darah tinggi. Salah satu masalah kesehatan yang mengidentifikasi gula darah tinggi adalah diabetes. Namun dengan mengonsumsi kurma secara teratur dan tidak berlebihan justru dapat menormalkan kadar gula dalam darah. Itu sebabnya bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes tidak perlu takut dengan kurma karena buah ini aman sekali untuk dikonsumsi asalkan dalam jumlah yang tidak berlebihan juga. Dalam kadar normal manfaat glukosa dalam darah bagi tubuh manusia  dapat membantu sebagai sumber energi yang digunakan untuk melakukan aktifitas sehari – hari.

4. Mengontrol berat badan

Manfaat kurma berikutnya untuk sahur adalah mengontrol berat badan. Nah, itu cocok sekali untuk perempuan yang sedang program menurunkan berat badan karena selain menjalankan ibadah juga mendapat bonus untuk penampilan yaitu mendapat berat badan yang ideal. Cara kurma dapat membantu menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi kurma saat berbuka sebanyak tiga butir setelah itu sholat. Jika sudah sholat baru kemudian makan nasi. Dan saat sahur maka Anda juga dapat mengonsumsi kurma sebanyak tiga butir baru kemudian makan nasi.

5. Energi yang banyak

Sumber energi yang utama juga banyak terdapat dalam buah kurma. Kurma juga dapat membuat energi Anda lebih stabil jika dikonsumsi saat sahur. Ini karena kurma memiliki kandungan kalori yang tinggi. Sehingga saat menjalankan puasa energi tidak begitu terkuras yang dapat menyebabkan Anda merasa mudah lelah. Ini cocok sekali untuk Anda yang merasa mudah lelah untuk mengonsumsi beberapa butir kurma sebagai sumber energi yang utama. Konsumsi kurma sebanyak tujuh butir setiap hari sudah membuat energi Anda lebih terjaga dan membuat Anda menjadi lebih produktif untuk melakukan kegiatan sehari – hari.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat Anda rasakan dari manfaat sahur pada bulan ramadhan dengan memasukkan kurma sebagai salah satu menu buah yang wajib untuk dicoba.