17 Manfaat Cuka Kurma bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Cuka merupakan salah satu bahan makanan yang sangat mudah ditemukan di dapur. Ada banyak sekali manfaat cuka yang juga sama banyaknya dengan jenis cuka. Jenis cuka yang sering sekali Anda temui atau konsumsi terutama oleh masyarakat Indonesia yang berwarna putih bening dengan bau yang menyengat ternyata merupakan cuka sintetis yang terbuat dari zat kimia asam asetat yang dilarutkan dalam air. Jika Anda memilih untuk hidup lebih alami mungkin memilih jenis cuka yang terbuat dari bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan atau buah-buahan bisa menjadi alternatif yang lebih baik dan salah satunya adalah cuka kurma.

Manfaat Cuka Kurma bagi Kesehatan

Apa itu cuka kurma? Tentunya Anda sudah bisa menebak yaitu jenis cuka yang terbuat dari hasil fermentasi buah kurma. Kurma sendiri sudah terbukti memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan mulai dari mengontrol berat badan, mengontrol gula darah sampai baik untuk jantung jika dikonsumsi secara teratur. Namun apakah manfaat yang dikandung buah kurma sama dengan manfaat cuka kurma? Daftar manfaat berikut akan membeberkan beberapa fakta tentang manfaat cuka kurma bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Cuka kurma baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan karena mengkonsumsinya secara teratur dapat membantu mengontrol nafsu makan dan membuat Anda kenyang lebih lama.

  1. Dapat Mencegah Penyebaran Sel Kanker

Cuka kurma mengandung antioksidan aktif yang memiliki potensi untuk mencegah penyebaran sel kanker. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa kandungan antioksidan aktif pada cuka kurma dapat membunuh sel kanker.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Ada banyak sekali kondisi jantung bagi Anda yang berjantung lemah mengkonsumsi cuka kurma dapat membantu memperkuat jantung sekaligus mencegah stroke dan serangan jantung.

  1. Memudahkan Proses Persalinan

Beberapa kandungan aktif pada cuka kurma dapat membantu memudahkan proses persalinan. Tak hanya itu mengkonsumsinya secara teratur dapat memperkuat uterus dan mencegah terjadinya pendarahan saat proses persalinan.

  1. Melancarkan Haid

Tak hanya untuk ibu hamil bagi Anda yang mengalami masalah haid seperti sakit ketika haid dan haid tidak lancer dapat mengatasinya dengan cara mengkonsumsi cuka kurma secara teratur.

  1. Melancarkan Produksi Asi

Bagi ibu menyusui mengkonsumsi cuka kurma secara teratur juga dapat membantu melancarkan produksi asi sehingga ibu bisa memberikan asi secara eklusif kepada sang buah hati selama minimal 6 bulan.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Mengkonsumsi cuka kurma secara teratur dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh sehingga secara otomatis membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh.

  1. Membantu Mengatasi Gejala Anemia

Menurut penelitian cuka kurma mengandung beberapa mineral seperti zat besi dan potassium. Kedua jenis mineral tersebut mampu meningkatkan kadar haemoglobin dalam darah sehingga dapat mengatasi gejala anemia secara alami.

  1. Mengobati Batuk

Batuk mungkin merupakan salah satu penyakit yang paling umum ditemukan dan penyebabnya pun bermacam-macam. Namun mengkonsumsi satu sendok makan cuka apel bisa membantu mengurangi gejala batuk.

  1. Mengurangi Gejala Sakit Kepala

Selain mengobati batuk, cuka apel juga sering digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi gejala sakit kelapa karena kandungan potasiumnya yang cukup tinggi.

  1. Tinggi Kandungan Mineral

Seperti yang telah disebutkan di beberapa poin di atas bahwa cuka kurma mengandung dua jenis mineral yang sangat penting bagi kesehatan tubuh yaitu zat besi dan potasium.

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Jika Anda ingin sistem metabolisme Anda bekerja secara maksimal pastikan fungsi dan sistem pencernaan Anda juga bekerja secara optimal. Mengkonsumsi cuka kurma mampu meningkatkan kesehatan pencernaan.

  1. Membantu Mengatasi Masalah Kelelahan

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang mudah sekali merasa kelelahan salah satunya ketika tubuh kekurangan mineral untuk menghasilkan sel darah merah yang cukup. Seperti sudah disebutkan di atas cuka kurma kaya akan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Bisa Digunakan untuk Detox

Kemampuan cuka kurma dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh membuat jenis cuka ini sering digunakan sebagai solusi detox yang memiliki fungsi sangat baik bagi kesehatan mulai dari meningkatkan sistem imun sampai menjaga kesehatan beberapa organ.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Osteoporosis menjadi salah satu jenis penyakit yang paling sering ditemui sekarang ini. Mengkonsumsi cuka kurma secara teratur ternyata mampu membantu menjaga kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Menjaga pola makan yang baik serta mengkonsumsi cuka kurma secara teratur ternyata mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Cuka kurma kaya akan potassium dan antioksidan yang tak hanya dapat menjaga kesehatan kulit tapi juga mencegah terjadinya penuaan dini.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat cuka kurma bagi kesehatan namun mungkin tidak terdokumentasi dengan baik oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengkonsultasikan penggunaan cuka kurma kepada dokter pribadi Anda jika memang ingin menggunakan cuka kurma sebagai salah satu solusi kesehatan dalam mengatasi berbagai penyakit yang Anda derita seperti yang sudah disebutkan di atas.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan