11 Manfaat Ampas Almond Untuk Tubuh

Almond (kernel, drupe) yang biasa digunakan sebagai campuran bahan makanan sebenarnya merupakan biji dari pohon almond (Prunus dulcis). Tumbuhan ini disebut juga badam dan berasal dari wilayah Timur Tengah. Pohon almond yang tumbuh secara liar dikenal beracun karena mengandung glikosida amigladin. Senyawa ini dapat bereaksi menjadi hidrogen sianida apabila biji almond dikonsumsi. Meskipun demikian, almond yang dibudidayakan dan diperjualbelikan tidak mengandung senyawa ini.

Artikel terkait:

Pemanfaatan

Almond biasa digunakan sebagai campuran bahan makanan. Rasa almond yang gurih sangat cocok dipadukan dengan es krim atau puding. Bukan hanya sebagai campuran saja, almond juga bisa langsung dimakan. Tepung almond juga dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam kue. Dengan mencampurkan beberapa biji almond dengan air dan menghaluskannya, kita akan mendapatkan susu almond yang baik untuk kesehatan. Ampas almond dari pembuatan susu almond juga dapat digunakan untuk membuat cookies yang enak dan bergizi tinggi.

Kandungan 

Ampas almond sebagai hasil pembuatan susu almond juga masih memiliki nilai gizi yang tinggi. Meskipun beberapa kandungan almond terlarut dalam susu almond tetapi beberapa kandungan masih tertinggal dalam ampasnya. Diantaranya adalah vitamin E yang merupakan vitamin yang sulit larut dalam air. Asam lemak tak jenuh dalam almond juga sangat baik bagi tubuh. Asam lemak ini mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu ampas almond juga kaya akan mineral penting seperti mangan, kalium, kalsium, selenium, magnesium, zat besi dan zinc.

Artikel terkait:

Manfaat Ampas Almond

Beberapa manfaat ampas almond bagi tubuh antara lain:

1. Sebagai Sumber Vitamin E
Ampas almond memiliki kandungan vitamin E sebanyak 25 mg per 100 gram nya. Nilai ini setara dengan 170% dari AKG yang disarankan. Vitamin E bermanfaat untuk kesehatan kulit juga menjaga bentuk membran sel. Artikel terkait: manfaat vitamin E untuk kesuburan

2. Sebagai Sumber Energi
Ampas almond memiliki kandungan asam lemak jenuh yang cukup tinggi. Manfaat lemak salah satunya adalah menjadi sumber energi bagi tubuh.

3. Sebagai Sumber Antioksidan
Vitamin E dalam ampas almond berperan sebagai antioksidan yang berperan mengurangi radikal bebas dalam tubuh.

4. Membantu Penyerapan Vitamin
Lemak tak jenuh yang ada dalam ampas almond dapat membantu pencernaan vitamin larut lemak yaitu vitamin A, D, E dan K.

5. Meningkatkan Fungsi Enzim Tubuh
Enzim membutuhkan kofaktor agar dapat berfungsi. Fungsi kofaktor dilakukan oleh vitamin B kompleks seperti riboflavin, tiamin, niasin, folat dan vitamin B6. Ampas almond kaya akan vitamin ini. Artikel terkait: manfaat riboflavin – manfaat vitamin B6


6. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Ampas almond kaya akan lemak tak jenuh yang membantu mengurangi LDL atau kolesterol jahat.

7. Menurunkan resiko terkena penyakit jantung, seperti jantung koroner, stroke dan sebagainya.

8. Baik untuk menurunkan berat badan

9. Menjaga kelembaban dan kekencangan kulit

10. Meningkatkan metabolisme tubuh

11. Membantu penyerapan nutrisi tubuh

Demikian uraian penjelasan manfaat ampas almond bagi tubuh. Ternyata bukan hanya ampas almond masih memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang baik. Oleh karena itu sebaiknya gunakan ampas almond sebagai campuran makanan atau snack untuk memenuhi kebutuhan gizi harian anda. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan