5 Manfaat Tepung Rumput Laut dalam Kehidupan

Manfaat tepung rumput laut sebagai tambahan produk makanan mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat hal ini disebabkan hasil olahan produknya yang memang belum banyak dipasarkan di Indonesia. Tepung sendiri adalah bahan baku alternatif sebagai produk olahan yang dapat digunakan dalam hampir semua aspek kehidupan. Sedangkan rumput laut merupakan salah satu hasil tanaman laut perairan di Indonesia yang cukup melimpah.

Pada dasarnya rumput laut mengandung karbohidrat, protein, lemak dan serat, rumput laut juga mengandung enzim, asam nukleat , asam amino, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E dan  vitamin K dan makro mineral seperti nitrogen, oksigen, kalsium dan selenium serta mikro mineral seperti zat besi, magnesium dan natrium. Rumput laut juga protein (5,4%), air (27,8%), karbohidrat (33,3%), lemak (8,6%) serat kasar (3%) dan abu (22,25%). Berbeda dengan manfaat tepung garut, Kandungan asam amino, vitamin dan mineral rumput laut mencapai 10 sampai 20 kali lipat dibandingkan dengan tanaman yang ada darat dan memiliki manfaat juga untuk mencegah gejala osteoporosis, Mengurangi tekanan darah tinggi serta makanan diet sehat serta serat yang  tinggi pada rumput laut sangat baik bagi kesehatan. .

Produk olahan rumput laut salah satunya ialah tepung rumput laut memiliki banyak manfaat dari sebagai bahan tambahan makanan hingga dimanfaatkan untuk minuman, permen obat-obatan hingga pasta gigi. Tepung rumput laut tidak dijadikan sebagai bahan langsung makan, melainkan dicampurkan dengan produk olahan lain dengan tidak mengubah cita rasa pada produk aslinya. Dalam kaitannya manfaat tepung mocaf memiliki banyak kegunaan. Tepung rumput laut dapat disebut juga karagenan tidak memiliki nilai nutrisi tapi dapat dimanfaatkan untuk produk tambahan dari olahan makanan lain. Lain halnya dengan manfaat tepung aren Karagenan  di ekstraksi dari protein dan lignin rumput laut dan digunakan dalam industri pangan karena memiliki karakteristik yang dapat berbentuk geli, bersifat mengentalkan, dan mampu menyeimbangkan serta menstabilkan material utamanya.   Karagenan sendiri tidak dapat dimakan oleh manusia dan tidak memiliki nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Terdapat tiga jenis tepung rumput laut di alam yakni iota, kappa dan lambda dalam prosesnya terdiri atas 3 langkah yaitu ekstraksi, penyaringan dan pengendapan.

Berikut ini berbagai manfaat dari tepung rumput laut, diantaranya ..

1. Manfaat dalam Produk Makanan

Tepung rumput laut dapat dimanfatakan sebagai bahan pelengkap dalam proses pembuatan olahan makanan seperti nugget, sosis, kornet dll. Sedangkan manfaat tepung beras merah  memiliki banyak fungsi bagi tubuh tepung rumput lain dalam hal ini memiliki fungsi sebagai alternatif mengurangi penggunaan bahan baku utama kemudian, dapat memperbaiki tekstur daging asli dari produk olahan tersebut, mampu memperbaiki kekenyalan sehingga tidak hancur saat proses pemotongan, memperpanjang masa kadaluarsa dengan mengikat kadar air pada produk olahan, sebagai sumber tambahan serat karena terbuat dari bahan alami yaitu rumput laut.

2. Manfaat dalam Produk Minuman

Pada olahan minuman bir tepung rumput laut dapat dimanfaatkan untuk mempercepat waktu fermentasi dan  proses pendidihan, tepung rumput laut juga digunakan  untuk menambahkan kejernihan bir itu sendiri tanpa mengubah rasa pada rasa aslinya.

3. Penambah Rasa pada Es Krim

Penggunaan tepung rumput laut dalam es krim selain dapat menambha rasa enak pada cita rasanya juga digunakan agar es  krim tidak mudah mencair. Selain itu tepung rumput laut juga dapat digunakan untukm mengentalkan saus pada olahan sarden.


4. Pengharum Ruangan

Tidak sama dengan  manfaat tepung gandum tepung rumput laut Dapat digunakan sebagai pengharum ruangan dengan tekstur seperti gel kering dan padat

5. Produk Pasta Gigi

Tepung rumput laut dapat dimanfaatkan juga untuk membuat pasta gigi tidak mudah kering dan mengeras.

Manfaat tepung rumput laut sendiri masih jarang di publikasikan meskipun begitu terdapat beberapa merk tepung rumput laut yang telah tersebar. Semoga Bermanfaat.

 

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan