4 Manfaat Daun Afrika untuk Kolesterol yang Belum Diketahui

Bagi sebagian besar orang, obat herbal merupakan salah satu pilihan efektif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga kronis berbeda jika anda melihat manfaat sayur tomat untuk kulit, obat herbal menjadi pilihan karena selain sangat mudah didapatkan jug memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari tidak menimbulkan efek samping hingga memiliki harga yang murah menjadi alasan banyak orang memilihnya. Salah satu bahan dasar pembuatan obat herbal yang memiliki banyak sekali manfaat yaitu daun afrika.

Daun afrika sendiri merupakan salah satu jenis tumbuhan herbal berasal dari wilayah afrika dan pertama kali dikenal di Cina dengan nama Fei Shu. Secara ilmiah, daun afrika memiliki nama Vernonia amygdalina dan seiring berkembangnya IPTEK serta era perdagangan, daunafrika sudah banyak ditemui di Indonesia. Adapun ciri dari daun afrika yang berbeda jika dibandingkan dengan tumbuhan herbal lainnya. Daun afrika memiliki warna cenderung hijau tua dari daun yang masih muda hingga tua dengan bentuk tulang daun menyirip dan tumbuh secara vertical. Seperti jenis herbal pada umumnya, daun afrika memiliki rasa yang pahit, sehingga apabila ingin mengkonsumsinya maka anda harus mengolahnya terlebih dahulu agar pahitnya hilang.

Untuk mengolahnya pun cukup mudah dan sederhana, anda tidak perlu melakukan hal yang susah. Caranya anda tinggal memetik daun afrika tua yang sehat dan tidak cacat ataupun terkena hama, selanjutnya bersihkan dan cuci menggunakan air bersih. Untuk membuat daun afrika menjadi minuman herbal berbeda dengan manfaat sayur terong hijau, anda bisa menjemurnya terlebih dahulu dan menyeduhnya seperti teh ataupun mencampurkannya dengan beberapa macam buah dan menjadikannya jus. Selain itu, daun afrika memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan zat yang sangat baik terutama untuk anda yang memiliki gangguan kolesterol.

Kandungan Nutrisi Daun Afrika

  • Protein
  • Serat
  • Abu
  • Natrium
  • Kalium
  • Zat besi
  • Zinc
  • Fitat
  • Tanin
  • Antioksidan
  • Polivenol
  • Vitamin A, B1, B2, C, dan E

Dari banyaknya kandungan nutrisi di atas yang berbeda dengan manfaat sayur bit, ada berbagai manfaat daun afrika yang bisa anda dapatkan terutama bagi anda yang memiliki gangguan kolesterol. Dan bagi anda yang penasaran dengan apa saja manfaat dari daun afrika untuk kolesterol, berikut merupakan penjelasan singkatnya.

Manfaat Daun Afrika untuk Kolesterol

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bagi anda yang memiliki masalah kolesterol terlebih sulit untuk menurunkannya walaupun sudah melakukan diet dan berbagai cara, anda bisa melakukan tips berikut. Konsumsilah daun afrika dengan cara mengeringkannya terlebih dahulu dan menyeduhnya setiap hari sebanyak 1 hingga 2 gelas. Secara efektif ini akan membantu untuk menurunkan kolesterol dengan cepat. Selain itu jika anda mengkonsumsi air seduhan daun afrika  setiap hari, ini akan membantu sistem metabolisme tubuh anda lebih baik.

  1. Menjaga Kestabilan Kadar Kolesterol

Tidak hanya mampu menurunkan kadar kolesterol saja, daun afrika juga mampu menjaga kadar kolesterol anda agar tetap stabil. Caranya sangat mudah berbeda dengan manfaat sayur lobak, untuk menjaga kestabilan kolesterol anda hanya perlu menyiapkan daun afrika sebanyak 5 hingga 7 helai dan membersihkannya. Lalu rebuslah air sebanyak 500 cc dan masukkan daun ke dalam air yang mendidih selama kurang leboh 5 menit. Tuang ke dalam 2 buah gelas dan minumlah selagi hangat saat pagi dan malam hari sebelum tidur.

  1. Membersihkan Darah Dari Kolesterol

Kolesterol jika terlalu tinggi dapat menyebabkan kerak dan penyumbatan pada pembuluh darah, jika dibiarkan terlalu lama tentunya ini tidak baik bahkan bisa memicu penyakit jantung koroner. Untuk itu anda bisa melakukan pembersihan khususnya untuk darah agar bersih dari kerak dan kolesterol. Caranya sangat mudah, anda bisa mengkonsumsi daun afrika secara berkala. Ini juga bisa berlaku bagi anda yang sering mengalami kesemutan dank ram. Dengan begitu selain bersih, peredaran darh juga akan lebih lancar lagi.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Tingginya kadar kolesterol dalam darah tentunya sangatlah berbahaya berbeda dengan manfaat propolis untuk mata, ini dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang sering timbul karena tingginya kadar kolesterol yaitu penyakit jantung. tidak hanya rentan dengan serangan jantung mendadak saja, banyak orang menderita jantung koroner karena kolesterol. Untuk itu anda bisa menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung anda bisa mengkonsumsi daun afrika secara berkala setiap minggu sekali.

Itulah berbagai manfaat dari daun afrika untuk kolesterol yang bisa kami sampaikan, konsumsilah daun afrika secara rutin dan teratur untuk menjaga kesehatan anda. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda.