8 Manfaat Daun Salam dan Sereh Untuk Segala Macam Penyakit

Daun salam dan sereh sudah sangat sering digunakan dalam berbagai masakan Indonesia yang bisa menambah citarasa masakan semakin lezat. Kedua bumbu dapur ini sama sama memiliki bau harum yang khas dan tentunya memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Dalam daun salam mengandung minyak atsiri, eugenol, tanin, flavonoid, metil kavikol, vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium dan juga mangan. Sedangkan dalam sereh mengandung minyak atsiri seperti kamfen, sabinen, felandren, dipenten, limonen dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak nutrisi yang ada dalam daun salam dan sereh, maka tidak mengherankan jika kombinasi kedua rempah ini memiliki kegunaan yang sangat banyak untuk menjaga kesehatan dan juga menyembuhkan penyakit seperti beberapa manfaat daun salam dan sereh yang akan kami bahas berikut ini.

  1. Pencegahan Kencing Manis

Kegunaan pertama dari daun salam dan sereh adalah mencegah kencing manis yang merupakan penyakit awal dari diabetes ataupun sebaliknya. Tidak hanya kencing manis yang bisa dicegah dengan mengkonsumsi rebusan daun salam dan sereh namun juga beberapa penyakit yang berhubungan seperti membantu penderita diabetes tipe 2, menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol dan juga trigliserida. Untuk hasil terbaik, anda bisa mengkonsumsi air rebusan ini selama 30 hari secara rutin.

  1. Menurunkan Asam Urat

Gejala seperti nyeri yang ditimbulkan dari asam urat memang terasa sangat mengganggu dalam beraktivitas. Asam urat ini bisa terjadi karena tingginya kadar purin dalam tubuh sehingga gejala asam urat bisa terjadi. Untuk mengatasi gejala asam urat dan mengurangi rasa sakit ini bisa dengan mudah diatasi dengan merebus beberapa lembar daun salam bersama sereh sampai mendidih dan kandungan air berkurang hingga setengah bagian dan diminum secara teratur sebanyak 2 kali sehari.

  1. Mengatasi dan Menurunkan Kolesterol

Sumber antioksidan yang terkandung dalam sereh dan daun salam juga sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh yang menjadi penyebab berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Untuk menurunkan kadar kolesterol juga bisa diperoleh dengan cara mengkonsumsi air rebusan daun salam dan sereh sebanyak 2 kali sehari dengan teratur.

  1. Mengatasi Penyakit Jantung Koroner

Pada saat indeks tubuh meningkat, maka bisa meningkat risiko penyakit jantung koroner yang disebabkan karena penumpukan plak di arteri koroner yang akhirnya menghambat aliran darah menuju jantung dan timbul serangan jantung. Kandungan dalam daun salam dan sereh ini sangat baik digunakan untuk mencegah penumpukan plak di arteri tersebut.

  1. Mencegah Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik merupakan sekumpulan faktor yang menjadi penyebab berbagai penyakit kronis seperti stroke, diabetes, jantung dan penyakit lainnya. Ada beberapa penyebab dari sindrom metabolik ini yakni kegemukan, kadar trigliserida, HDL atau kadar kolesterol baik yang rendah, diabetes dan juga hipertensi. Campuran dari daun salam dan sereh yang direbus ini sudah dibuktikan keampuhannya dalam mencegah sindrom metabolik sehingga baik dikonsumsi dengan teratur.

  1. Mengobati Sleep Apnea

Sleep apnea merupakan gangguan pernapasan yang terjadi saat seseorang sedang tidur. Gangguan pernapasan ini terjadi karena terlalu banyaknya lemak yang menumpuk di area leher sehingga akan mempersempit saluran pernafasan. Untuk menyembuhkan sleep apnea sekaligus mengatasi lelah yang ditimbulkan, minum air rebusan daun salam dan sereh yang terbukti ampuh meluruhkan penumpukan lemak di area leher.


  1. Menurunkan Risiko Kanker

Rebusan daun salam dan sereh juga merupakan ramuan herbal solusi kanker yang sangat ampuh seperti kanker usus besar, endometrium, kantung empedu dan juga kanker payudara dengan cara yang mudah yakni minum air rebusan ini secara teratur setidaknya 2 kali dalam seminggu.

  1. Mencegah Obesitas Hipoventilasi Syndrome

Obesitas hipoventilasi syndrome adalah salah satu jenis gangguan pernafasan buruk yang terjadi karena kandungan karbondioksida dalam tubuh lebih tinggi dari oksigen dan bahaya paling besar adalah bisa menyebabkan kematian. Untuk mencegah penyakit pernafasan ini juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi campuran daun salam dan sereh.

Sesudah melihat apa saja manfaat daun salam dan sereh seperti yang sudah kami ulas diatas, kami harapkan bisa menambah pengetahuan anda tentang khasiat dari berbagai rempah yang mudah ditemukan di Indonesia. Semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal