10 Manfaat Pohon Trembesi Bagi Lingkungan dan Kesehatan

manfaat pohon trembesiPohon trembesi memiliki bentuk batang yang besar dan bisa berumur mencapai ratusan tahun. Albizia zaman adalah nama dalam bahasa latinnya. Pohon trembesi ini merupakan pohon yang berasal dari amerika dan telah tersebar lebih banyak ke seluruh penjuru dunia, termasuk negara Indonesia. Karakteristik pohon trembesi ini memiliki batang yang besar dan tinggi mencapai ukuran 20 sampai dengan 30 meter. Untuk akar dari pohon ini besar dan menyebar hingga dapat merusak jalanan jika akar timbul diatas permukaan tanah. Daun pohon trembesi ini memiliki ciri yang unik jika diperhatikan satu setengah jam sebelum matahari terbenam, daunnya akan mengkerut dan kembali seperti semula saat matahari terbit.

Pohon trembesi juga memiliki bunga dan menjadikannya indah pada bulan mei dan juni. Bunga pohon ini bewarna putih dan merah muda. Bunganya menghasilkan nektar untuk penyerbukan bagi serangga.

Untuk Lingkungan

Manfaat penghijauan bagi lingkungan manusia dengan menanam pohon trembesi diantaranya adalah :

1.Untuk peneduh

Pohon trembesi banyak di jadikan sebagai pohon peneduh yang di tanam di tepi jalan. Saat cuaca panas jika melintasi jalan yang di tumbuhi pohon ini akan terasa sejuk dan segar. Pohon ini dijadikan peneduh karena ukurannya yang besar dan daunnya yang rindang.

2.Banyak menyerap karbon dioksida

Karbon dioksida adalah senyawa yang beracun bagi tubuh jika di hirup secara berlebihan. Jumlah karbon dioksida saat sekarang semakin bertambah salah satunya karena banyaknya pengendara motor. Asap knalpot yang berasal dari motor mengandung karbon dioksida dan pohon trembesi memiliki fungsi untuk menyerap karbon dioksida di udara lebih banyak dan lebih baik dari pohon – pohon lainnya. Baca juga : (Manfaat karbon dioksida)

3. Kaya akan oksigen

Setiap pohon mengeluarkan oksigen hasil dari fotosintesis mereka. Manfaat oksigen bagi manusia adalah untuk bernafas. Begitupun juga dengan pohon trembesi ini mengeluarkan banyak oksiden sehingga saat berada di dekat pohon ini tubuh akan merasa lebih segar dari pada biasanya.

4. Menyerap Air

Saat musim hujan datang salah satu dampaknya adalah banjir yang mengenang di suatu kawasan. Banjir dapat terjadi karena aliran sungai yang tidak lancar yang disebabkan oleh sampah yang berserakkan. Pohon trembesi sangat cepat dalam menyerap air sehingaa saat musin hujan banjir dapat diatasi.

Bidang Kesehatan

Pohon trembesi juga memiliki manfaat di bidang kesehatan untuk mengobati penyakit tertentu, Berikut ini manfaat pohon trembesi di bidang kesehatan :

1. Penyakit paru – paru

Biji pohon trembesi dapat dijadikan sebagai makanan ringan seperti manfaat kuaci. Biji pohon ini juga mengandung manfaat untuk kesehatan yaitu untuk membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit paru – paru.

Artikel terkait :

2. Untuk membersihkan darah kotor

Membersihkan darah kotor dapat dilakukan dengan cara merendam biji dari pohon trembesi ke dalam air untuk direbus. Setelah mendidih saring untuk mendapatkan airnya, minum air dari biji trembesi secara teratur. (Baca juga : Manfaat jamu bersih darah)

3. Mengobati flu ringan

Manfaat di bidang kesehatan lainnya dari trembesi adalah untuk mengobati flu ringan seperti pilek dan batuk.

Artikel terkait :

4. Sakit Kepala

Jika anda mengalami sakit kepala baik sakit kepala sebelah ataupun sakit kepala total makan biji trembesi dapat anda gunakan untuk meredakan sakit kepala yang dialami.

Artikel terkait :

5. Mencegah kanker kulit

Kanker kulit dapat disebabkan karena sinar ultraviolet yang menembus kulit secara berlebihan pada saat siang hari. Itu karenanya banyak ahli kulit yang menyarankan pemakaian tabir surya untuk melindungi kulit. Selain menggunakan tabir surya akar dari pohon trembesi dapat digunakan untuk mencegah kanker kulit. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Ambil akar pohon terembesi cuci sampai bersih.
  • Setelah itu rebus akar dan gunakan airnya untuk mandi.

Rutinlah dalam melakukannya untuk pencegahan dari penyakit kanker kulit.

Artikel terkait :

Cara Penanaman Pohon Trembesi

Penanaman pohon trembesi sudah banyak digalakkan oleh pemerintah khususnya daerah ibukota karena memang manfaatnya yang banyak untuk lingkungan sekitarnya. Untuk menanam pohon trembesi ini ada beberapa langkah yang harus diperhatikan mulai dari pemilihan biji, manfaat tanah untuk menanam, penanaman dan merawatnya. Berikut ini penjelasannya :

1. Pemilihan biji

Cara melakukan pemilihan biji pohon trembesi adalah

  • Pilih biji yang bagus
  • Rendam biji di dalam air 800 cc selama 2 menit.
  • Kemudian keringkan dan rendam kembali kali ini menggunakan air hangat antara suhu 400 c selama 24 jam.

Pertumbuhan akan tampak setelah 3 sampai 5 hari dengan pengelupasan biji yang mulai menumbuhkan bibit untuk penanaman. Bibit pohon trembesi yang siap ditanam memiliki tinggi sekitar 30 cm dan panjang akar 10 cm. Bibitnya lebih tahan dengan air hujan.

2. Lahan

Sebelum menanam bibit pohon trembesi maka lahan yang diperlukan adalah lahan yang cukup luas dan memang untuk jangka panjang. Karena pertumbuhan pohon ini bisa mencapai ratusan tahun diharapkan lahan yang akan ditanami pohon ini tidak akan mengalami perubahan dengan menjadikannya kawasan lain.

3. Penanaman 

Pohon trembesi dapat tumbuh di lingkungan yang mendukung faktor pertumbuhannya. Pohon trembesi membuat kawasan sekitarnya menjadi teduh dan rindang karena pohonnya yang besar dan daunnya yang rindang. Penanaman bibit pohon haruslah sesuai dengan lahannya. Jika lahan yang di pilih berada di tepi jalan besar maka pilihlah pohon yang buahnya kecil – kecil, daunnya jarang berguguran dan membuat nyaman pengendara yang melintasi jalan. Untuk pohon yang memiliki buah yabg besar makan sediakan lahan seperti kebun untuk penanamannya.

4. Perawatan

Setelah melakukan penanaman tugas kita belumlah selesai. Masih ada lagi satu tahap yang sangat penting yaitu perawatan. Bibit yang telah di tanam jika tidak mendapatkan perawatan akan mati dan itu akan merugikan sekali. Jadi perawatan yang dapat dilakukan untuk bibit trembesi adalah saat ditanam lepaskan polybag dengan hati – hati. Kemudian beri peyanggah untuk bibit pohon trembesi dengan menggunakan bambu agar berdiri tegak.

Setelah ditanam maka bibit pohon ini perlu dirawat dari rumput – rumput liar yang menganggu dan dari tangan – tangan yang tidak bertanggung jawab. Nutrisi untuk bibit pohon ini juga diperlukan untuk pertumbuhannya yang lebih cepat. Beri bibit pohon pupuk dari bahan alamai. Perawatan bibit ini dapat dilakukan selama umur dua tahun. Setelah umur dua tahun pohon trembesi akan menyesuaikan sendiri pertumbuhannya dan akarnya sudah mulai bisa mencari makanan untuk tumbuh.

Dampak Negatif dari Pohon Trembesi

Pohon trembesi memang memiliki banyak manfaat tapi di sisi lain juga memiliki kekurangan. Dampak negatif dari pohon ini adalah sebagai berikut :

  • Pohon trembesi termasuk pohon yang agresif yang mana pohon ini menghambat jenis pohon lain untuk dapat hidup berdampingan dengannya.
  • Akar pohon ini juga sering muncul ke permukaan tanah sehingga menimbulkan kerusakan pada aspal dan badan jalan. Baca juga : (Manfaat akar bagi manusia)
  • Ketersediaan air juga akan terganggu jika pohon ini ditambah di wilayah padat penduduk karena pohon ini menyerap air untuk kebutuhannya dengan lebih banyak. Padahal air berguna, salah satunya untuk menghasilkan manfaat air putih bagi kehidupan.

Dari dampak yang ditimbulkan oleh pohon trembesi ini, maka dianjurkan untuk menanam pohon ini di area yang memang dikhususkan sebagai taman dengan ukuran yang luas dan jauh dari pemukiman penduduk.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 16th, June 2016 / 05:48 Oleh :
Kategori : Tumbuhan