5 Manfaat Akar bagi Manusia

Akar merupakan saah stau bagian dari tanaman yang biasanya terletak di paling dasar tanaman. Akar merupakan bagian vegetative dari tanaman selain daun dan batang. Keberadaan akar dalam tanaman ini sangat penting karena akar merupakan penopang utama tumbuhan berdiri sehingga tumbuhan bisa tetap tegak dan tumbuh. Setidaknya terdapat tiga fungsi utama dari akar tumbuhan, yaitu:

  1. Pertama, akar sebagai jangkar utama dalam tanaman yang membantu tumbuhan berdiri kokoh dan tegak di atas tanah. akar tanaman akan menancap ke dalam tanah dengan kuat sehingga meskipun terdapat beberapa rintangan misalnya seperti angin kencang, banjir dan ancaman longsor, tanaman mampu mempertahankan dirinya karena akar ini. bentuk akar yang masuk ke dalam tanah terdapat dua jenis yaitu akar tunggang dan akar serabut. Akar tunggang adalah akar yang tunggal yang langsung menancap ke dalam tanah dengan kuat sedangkan akar serabut adalah akar yang tidak terlalu besar namun banyak jumlahnya dan menyebar ke berbagai penjuru di dalam tanah. akar tunggang lebih kuat dibandingkan dengan akar serabut. Pohon-pohon kuat seperti jati, sengon, beringin, dan lainnya biasanya memiliki akar tunggang. Sedangkan akar serabut biasanya hanya dimiliki oleh tanaman yang kurang bisa bertahan lama seperti tebu, jagung, pepaya dan kelapa.

 artikel terkait manfaat akar:

  1. Ke dua, fungsi akar selanjutnya adalah sebagai alat absorbisi atau alat yang akan menyerap segala unsure hara yang ada di dalam tanah. unsure hara ini merupakan sumber makanan bagi tanaman. Akar akan menyerap air, mineral serta berbagai zat lainnya yang dibutuhkan oleh tanaman di dalam tanah. akar juga memiliki bagian lainnya seperti akar primer, akar sekunder dan akar tertier yang bentuknya hanya serabut kecil saja. namun keseluruhan akar ini fungsinya sama yaitu mencari makanan bagi tanaman. Jadi jika tidak ada akar maka tanaman akan mustahil bisa tumbuh dan berkembang.
  1. Ke tiga, fungsi akar yang ketiga adalah sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan. Ya bukan hanya di pohon saja cadangan makanan bisa diproduksi oleh tanaman namun ada beberapa jenis tanaman yang menyimpannya di dalam akar. Hal ini disebabkan karena di dalam akar terdapat jaringan parenkim yang berfungsi sebagai alat fotosintesis tanaman dan biasanya menghasilkan karbohidrat. Contoh dari makanan yang disimpan dalam akar misalnya singkong, kacang brol, ubi jalar, wortel dan lainnya.

Ternyata fungsi akar ini sangatlah penting ya bagi tanaman. So, jangan suka mencabut tanaman jika tidak ingin tanaman anda mati.

artikel terkait: manfaat rebusan daun kemangimanfaat kulit durian8 manfaat ketela pohon bagi kesehatan tubuh dan pengobatan

Manfaat akar bagi manusia

Setelah sebelumnya membahas apa saja manfaat akar bagi tanaman kemudian mungkin anda bertanya-tanya apakah ada manfaat dari akar tanaman ini untuk manusia? Tentunya ada dong, simak selengkapnya berikut ini.

  1. Sebagai penyedia makanan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu fungsi tanaman adalah sebagai tempat dibentuknya cadangan makanan. Cadangan makanan yang disimpan dalam akar biasanya lebih banyak mengandung karbohidrat. Akar bisa melakukan fotosintesis karena adanya jaringan parenkim dalam tanaman tersebut sehingga bisa membentuk makanan meskipun ada di dalam tanah. tentu saja akar jenis ini sangat mengunungkan bagi kehidupan manusia bukan karena manusia dapat mendapatkan makanan dari akar jenis ini.

Contoh jenis akar yang mampu memberikan persediaan makanan bagi manusia diantaranya adalah ubi, singkong, wortel, jahe, laos, lobak, ubi jalar, kentang dan masih banyak lainnya. tanaman yang memiliki akar sebagai makanan juga sangat mudah ditemukan terutama di Indonesia karena Indonesia sudah terkenal akan kesuburan tanahnya dan anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan bahan makanan lebih banyak untuk kehidupan anda dan keluarga.

artikel terkait: manfaat jamu daun pepayamanfaat jamu brotowali

  1. Sebagai obat herbal

Akar tanaman juga bisa dimanfaatkan oleh manusia sebagai obat herbal. Sudah dikenal sejak zaman dahulu bahwa ada beberapa jenis akar yang bisa menyembuhkan dan mengatasi berbagai jenis penyakit. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Akar aren, akar dari pohon aren yang biasanya niranya digunakan sebagai bahan pembuat gula jawa dan manisan bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit infeksi saluran kencing dan permasalahan pada kandung kemih. Hal ini disebabkan karena akar aren mengandung zat silikat dan kalium tinggi sehingga bisa melancarkan buang air kecil. Untuk mengolah akar aren ini anda bisa membuat ramuan rebusan akar aren yang sudah terkenal sejak dahulu. (artikel terkait: manfaat aggarilusmanfaat afiafit)
  • Akar pepaya, hampir seluruh bagian dari pohon pepaya memiliki manfaat untuk kesehatan manusia mulai dari daun, buah, biji, batang bahkan akarnya. Tentu saja anda juga pasti sudah tidak asing lagi dengan pohon pepaya bukan karena pepaya biasa tumbuh sendiri di pekarangan rumah. di dalam akar pepaya mengandung kandungan kalium, pepayatin, daram, apalna, tasin dan lainnya yang mampu membasmi bakteri jahat dan cacing dalam usus yang merugikan tubuh karena mengganggu proses penyerapan nutrisi dari makanan ke dalam tubuh. (artikel terkait: manfaat pepaya untuk asam lambungmanfaat pepaya untuk diet)
  • akar pule, mungkin anda agak sedikit asing dengan nama pohon pule karena memang tidak terlalu familiar. Namun akar dari pohon pule ini sangat baik untuk pengobatan tekanan darah tinggi atau hipertensi karena di dalamnya mengandung alkaloida agnalima dan alkaloida serpentine. Konsumsi secara rutin tiap pagi dan malam hari sebanyak 100 hingga 400 mg akan menurunkan tekanan darah anda menjadi normal dan tentu saja menghindarkan anda dari berbagai komplikasi penyakit tekanan darah tinggi lainnya yang lebih serius. (artikel terkait: manfaat buah naga untuk diabetesmanfaat kulit manggis untuk diabetes)
  1. Sebagai penguat tanah

Nah manfaat akar yang satu ini mungkin sudah tidak begitu dipahami oleh sebagian orang tertentu. Hal ini terbukti dengan banyaknya penebangan pohon yang dilakukan secara asal tanpa memandang kesehatan lingkungan. Salah satu fungsi akar adalah sebagai penguat tanah. akar terutama pada pohon besar dan kuat akan masuk ke dalam tanah untuk mencari makanan. Namun selain itu akar juga berpegangan erat dengan tanah sehingga tanah menjadi lebih kuat. Jika tanah kuat maka akan terhindar dari berbagai bahaya bencana lingkungan seperti menahan tanah supaya tidak longsor, menyerap air supaya tidak banjir, dan lainnya. jadi jika saat ini sudah banyak bencana tanah longsor dan banjir maka bisa disimpulkan keberadaan pohon saat ini juga semakin sedikit. Bijaklah mulai dari sekarang untuk selalu mananam pohon ya demi kebaikan kehidupan manusia bersama.

artikel terkait: manfaat pohon pisangmanfaat pohon enau

  1. Sebagai bahan bakar kayu

Manfaat lainnya yang ada di dalam akar tanaman adalah dapat digunakan sebagai bahan bakar. Ya untuk pohon yang ditebang dan sudah seharusnya ditebang anda bisa mengambil bagian akarnya untuk digunakan sebagai bahan bakar kayu. penggunaan akar sebagai bahan bakar kayu ini tidak ada bedanya dengan menggunakan batang pohonnya. Jadi anda tidak perlu khawatir hasilnya akan berbeda. Dari pada menggunakan batangnya yang bisa digunakan sebagai bahan bangunan atau perabot lebih baik menggunakan akarnya saja bukan?

artikel terkait: manfaat pohon arenmanfaat pohon karet

  1. Sebagai hiasan

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan hiasan yang terbuat dari akar. Berbagai hiasan saat ini sudah banyak yang terbuat dari akar baik itu dalam ukuran kecil maupun besar baik itu dari akar tunggang atau serabut. Salah satu jenis akar yaitu akar wangi bahkan bisa dijadikan sebagai aroma terapi alami bagi ruangan dan sensasinya akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks dan nyaman.

artikel terkait: manfaat pohon kelapamanfaat pohon damar

Demikian ulasan mengenai manfaat akar bagi manusia. Untuk mendapatkan manfaat dari akar lebih banyak maka anda juga harus menanam pohon lebih banyak. Selalu bijak dalam lingkungan akan memberikan manfaat yang tak terkira kepada anda dan kehidupan di dunia ini. terima kasih, semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan