6 Manfaat Pohon Kaliandra

Pohon kaliandra memiliki nama ilmiah calliandra callothyrsus Meissen. Pohon cantik ini berasal dari guetamala, dan memiliki bunga yang indah dengan warna pink. Pohon kaliandra ini bisa mencapai tinggi maksimal 12 meter. Namun pada umunya tinggi pohon kaliandra ini sekitar 2 sampai dengan 5 meter. Pohon ini memiliki akar tunjang dan penuh dengan serabut – serabut. Selain itu pohon kaliandra ini juga mudah tumbuh di saat musim kemarau dan sedikit sulit tumbuh di musim penghujan. Sedangkan untuk datarannya sendiri pohon kaliandra bisa tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi.

Jenis pohon kaliandra ini sangat mudah ditemui di tepi – tepi sungai karena banyaknya gulma yang ada disana. Pohon kaliandra ini termasuk kedalam pohon yang memiliki beragam manfaat antara lain adalah sebagai berikut ini :

1.Menahan erosi

Pohon kaliandra memiliki manfaat dan tahan untuk menahan erosi. Erosi merupakan pengikisan lapisan tanah yang terjadi akibat longsor dan banjir. Umumnya erosi terjadi di dataran tinggi dan terjun bebas ke datara rendah. Selain itu erosi juga tergolong ke dalam jenis bencana alam meskipun erosi banyak disebabkan karena ulah tangan manusia. Adapun penyebab terjadinya erosi adalah pengundulan hutan yang dilakukan besar – besaran dan pada musim penghujan. Nah, untuk mencegah terjadinya erosi ini dapat memanfaatkan pohon kaliandra karena pohon ini mampu menahan erosi. Di balik bencana erosi ternyata terdapat juga beragam manfaat erosi salah satunya adalah untuk menciptakan dataran baru yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.

2. Makanan ternak

Selanjutnya manfaat pohon kaliandra sebagai makanan ternak. Manfaat peternakan bagi manusia adalah untuk memperoleh hasil daging atau telur dari ternak yang dipelihara. Dan melakukan pemeliharaan terhadap ternak bisa berjalan lancar dengan mencukupi kebutuhan ternak seperti makanan dan minuman. Makanan merupakan pokok perhatian yang wajib karena mereka membutuhkan makanan untuk keberlansungan hidup. Adapn pohon kaliandra dapat dijadikan sebagai makanan ternak adalah daunnya. Daun kaliandra mudah berguguran sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu sumber makanan ternak Anda.

3. Humus tanah

Manfaat tanah bagi manusia salah satunya adalah sebagai tempat untuk melakukan cocok tanam. Namun cocok tanam yang dilakukan harus diatas tanah yang subur. Manfaat tanah humus memiliki kandungan unsur hara yang baik untuk melakukan kegiatan bercocok tanam dan termasuk tanah yang subur. Dengan menanam tanaman di tanah yang subur dapat membantu tercapainya tanaman yang subur dan menghasilkan buah yang melimpah. Dan manfaat pohon kaliandra yang ketiga adalah untuk humus tanah. Daun kaliandra yang jatuh ketanah dan dibiarkan terurai secara alami dapat menjadi humus tanah yang baik bagi tanaman. Jadi tidak ada salahnya menanam tanaman dan memupuknya dengan menggunakan daun kaliandra.

4. Perbaiki struktur tanah

Struktur tanah yang baik dapat membantu pertumbuhan tanaman. Struktur tanah yang baik memiliki fungsi untuk membuat sebuah tanah menjadi lebih subur. Dan keberadaan pohon kaliandra ini sebagai salah satu tanaman yang ditanam diatas tanah menjadikan tanah yang berada dibawahnya menjadi baik, baik dalam struktur tanah sehingga membuat tanaman lain yang berada di sekitarnya menjadi tumbuh subur. Struktur tanah bisa berubah menjadi buruk jika tanah tersebut sebelumnya pernah mengalami erosi. Struktur tanah yang berubah juga bisa karena tanah yang gersang dan telah lama dibiarkan begitu saja. Jadi jika Anda memiliki ladang yang sudah lama tidak diolah ada baiknya menanam pohon kaliandra terlebih dahulu. Dan jika sudah cukup baru kemudian di ditanam dengan tanaman yang ingin Anda jadikan sebagai rangka bercocok tanam.

5. Memberantas tanaman liar

Manfaat pohon kaliandra yang kelima adalah untuk memberantas tanaman liar. Tanaman liar disini seperti rumput yang dapat menganggu pertumbuhan tanaman lainnya. Meskipun manfaat tanaman liar dapat dijadikan sebagai alang – alang. Namun pertumbuahn tanaman liar yang tidak terkendali dapat mengakibatkan terganggunya suatu ekosistem di tempat tersebut. Dan keberadaan pohon kaliandra ini diharapkan dapat membantu memberantas tanaman liar yang ada.

6. Tanaman hias

Tanaman hias yang keenam berperan untuk tanaman hias di perkarangan rumah. Tanaman hias disini bisa dijadikan sebagai tanaman di perkarangan sekolah, rumah dan kantor. Ini bisa menjadi pilihan Anda karena pohon kaliandra juga memiliki bunga yang indah. Dan jika sudah ada bunganya pohon kaliandra ini akan tampak sangat cantik sekali sehingga dapat membantu menjadikan perkarangan rumah enak di padang mata. Warna bunganya merah dan memiliki bentuk menyerupai kapas putri raja.

Nah, itulah beberapa manfaat yang diperoleh dari pohon kalindra ini. Jika Anda ingin memanfaatkan pohon ini sangatlah baik karena untuk menanamnya tidak diperlukan halaman atau tanah yang luas. Perkarangan rumahpun bisa dijadikan sebagai tempat untuk menanam pohon ini. Ditambah pohon ini mudah untuk dirawat dan dijaga.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan