12 Manfaat Bunga Krisan Bagi Kesehatan

Manfaat bunga krisan atau bunga Chrysanthemu  yang memiliki nama latin Chrysanthemum indicum L telah banyak diketahui masyarakat. Bunga Chrysanthemu memiliki berbagai varian warna yang cantik dan memiliki berbagai fungsi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Bunga krisan merupakan bunga yang sangat populer di Asia Timur memiliki kandungan Zat Besi, Kalium, Kalsium, magnesium,  Vitamin A, Vitamin B seperti folacin yang berguna untuk stimulasi regenerasi sel, kolin yang berperan dalam metabolisme lemak, riboflavin yang menekan pertumbuhan jaringan abnormal, dan niacin yang dibutuhkan oleh pencernaan dan saraf. dan Vitamin C yang mengandung antioksidan  yang sering digunakan sebagai obat herbal dan dikonsumsi dalam bentuk teh bunga krisan.

Bunga krisan  dikonsumsi dalam bentuk teh herbal yang salah satu manfaatnya sebagai perawatan pada masa pemulihan jerawat dimana teh bunga krisan pertama kali digunakan sebagai obat herbal pada masa dinasti song dan kemudian terus berkembang hingga sampai saat ini guna penyembuhan berbagai masalah kesehatan.

Berikut ini 12 manfaat lain bunga krisan yang perlu anda ketahui, diantaranya:

1. Merawat Kesehatan Jantung

Penyumbatan pada arteri jantung dapat dihindari dengan meminum ramuan teh herbal bunga krisan berbeda jika anda melihat manfaat  air rebusan jahe dan sereh, kandungan zat besi didalamnya dapat mencegah penyumbatan tersebut. Resiko penyakit jantung juga dapat dihindari dengan meminum ramuan teh herbal bunga krisan. Gunakan sebagai minuman kesehatan seperti teh herbal.

2.Melindungi dari Infeksi Bakteri

Bakteri yang terdapat pada lingkungan secara tidak sadar mampu menginfeksi kita kapan saja. Kandungan antispirochete yaitu antimikroba yang terkandung dalam bunga krisan mampu mengobati penyakit sifilis.

3. Memelihara Kesehatan Mata  dan Telinga

Kandungan Vitamin A  pada bunga krisan bisa membantu anda dalam menjaga fungsi mata dan telinga guna mencegah iritasi atau kemerahan pada mata.  Mengkonsumsi bunga ini dengan menjadikannya sebagai minuman herbal dapat membantu dalam meningkatkan fungsi pendengaran dan membantu dalam masalah penglihatan.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan herbal pada bunga krisan mampu berperan sebagai stimulan dan dapat merangsang cara kerja otak. Hal ini akan membantu dalam meningkatkan kewaspadaan. Sifat stimulan dan kandungan niacin pada bunga krisan  juga sangat baik untuk menjaga kesehatan otak dan saraf, sehingga memperkuat daya ingat anda untuk tetap merasa waspada.

5. Menyeimbangkan Kadar Kolesterol

Manfaat bunga air mata ibu berbeda dengan manfaat teh bunga krisan yang dapat digunakan dalam menyembangkan kadar kolesterol. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit. agar tetap menjaga tubuh tetap sehat menjaga pola makan merupakan hal yang sangat sangat penting . Kadar kolesterol yang tinggi tidak baik bagi kesehatan tubuh terutama kerja jantung. Bunga krisan dapat digunakan sebagai salah satu ramuan herbal yang bermanfaat bagi kesehatan pembuluh darah dengan mengkonsumsinya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam aliran darah.

6. Detoksifikasi Racun dalam Hati

Hati merupakan organ yang vital bagi tubuh, teh herbal bunga krisan mampu menetralisir berbagai racun pada hati. Selain itu usahakan selalu mengkonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan fungsi hati seperti bawang putih, wortel, dan berbagai sayuran hijau lain.

7. Meringankan Stress

Mengkonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara dalam menghilangkan stress karena tidak mengandung kafein serta melihat manfaat lari bagi wanita. Kandungan herbal dalam teh krisan mampu membantu dalam merilekskan pikiran dan mengurangi kadar stress dalam diri anda. Usahakan untuk selalu berpikiran positif dna tidur cukup guna menghindari stress.

8. Mengatasi Perut Kembung

Kandungan niacin yang terdapat pada bunga krisan mampu meningkatkan fungsi pencernaan, bunga krisan digunakan dengan cara ditumbuk  atau dicincang, tambahkan minyak kelapa secukupnya. Gosokkan pada perut kembung, biarkan selama 6 jam atau semalaman.

9. Mengatasi Batuk

Batuk merupakan penyakit umum yang menyerang masyarakat tetapi harus tetap diwaspadai. Gunakan bunga krisan untuk mengatasinya dengan cara rebus semangkuk bunga dan daun krisan kering bersama dua gelas air sampai mendidih. Biarkan selama 15 menit, minum airnya selagi hangat.

10. Meringankan Gangguan Pernapasan

Pilek dan nyeri akibat sinusitis mampu diatasi teh krisan berbeda jika melihat manfaat kayu manis untuk diabetes. Hal ini karena kandungan vitamin C dan manfaat antioksidan pada bunga krisan yang mampu melawan virus dan efektif dalam penyembuhan sakit flu.

11. Mengatasi Sakit Kepala

Seperti manfaat daun iler demam disertai sakit kepala mampu diatasi dengan teh krisan , teh krisan ini memiliki sifat pendingin yang mamu mengontrol suhu tubuh saat demam ataupun panas.

12. Melancarkan Peredaran Darah

Teh krisan mampu melancarkan peredaran darah hal ini dibuktikan dengan pengobatan herbal yang sering dilakukan di barat dengan menggunakan teh krisan sebagai pengobatan varises dimana diakibatkan oleh aliran darah yang terganggu.

Berbagai manfaat bunga krisan diatas semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu melakukan pengobatan dan cek kesehatan secara rutin guna mendeteksi berbagai kelainan penyakit yang ada dalam tubuh.