7 Manfaat Kendaraan Bermotor

Semakin berkembangnya jaman, manusia menciptakan beragam kendaraaan untuk menunjang kualitas hidup dan membantu aktivitas sehari-hari. Karena hal tersebut, Industri otomotif bersaing dalam meproduksi kendaraan sesuai fungsi dan permintaan pasar. Kendaraan bermotor merupakan peralatan teknik yang menggerakan benda dengan klasifikasi tertentu yang digunakan sebagai sarana transportasi. Beragam peralatan teknik yang terdapat dalam kendaraan tersebut adalah piranti utama supaya kendaraan dapat berfungsi dengan baik.

 Bagaimana Cara kerja kendaraan bermotor?

Teknik pembakaran dalam merupakan teknik yang digunakan untuk menggerakan kendaraan tersebut. Tetapi seiring dengan kemajuan industri otomotif, teknik pembakaran dalam juga dapat diganti dengan tenaga listrik untuk menggerakkan mesin. Kendaraan yang menggunakan tenaga listrik tersebut adalah kendaraan listrik hibrida dan kendaraan hibrida plug in.

Jenis kendaraan yang bersumber dari tenaga listrik tentunya tidak menggunakan bahan bakar minyak karena digerakkan oleh dinamo dan akumulator. Keuntungan yang didapat dengan menggunakan sepeda motor listrik ini yakni terhindar dari kelangkaan bahan bakar minyak dan isu pemanasan global atau global warning.

Nah, untuk menghindari dari kemacetan, banyak pengguna kendaraan bermotor yang menggunakan motor untuk bekerja serta keperluan lainnya, karena dianggap lebih cepat dan untuk menghindari dari kemacetan.

Kendaraan bermotor juga memberikan manfaat bagi pengguna yang menggunakan kendaraan bermotor yaitu :

1. Dapat Mengoptimalkan Kinerja Manusia

Pada beberapa jenis pekerjaan membutuhkan pengerjaan yang cepat dengan efisiensi yang dapat diandalkan. Oleh karena itu, pengerjaan secara manual tanpa bantuan mesin akan membuat kinerja kurang optimal dan sesuai harapan. Dengan berbagai modifikasi kendaraan bermotor yang disesuaikan pada fungsinya dapat meringankan kinerja manusia dalam menangani suatu pekerjaaan.

2. Dapat Menunjang Karir

Kinerja yang didukung dengan bantuan mesin tersebut pasti akan memperoleh hasil yang lebih optimal dibandingkan pekerjaan yang dilakukan secara manual atau murni menggunakan tenaga manusia. Dengan begitu karir akan meningkat seiring kinerja yang baik.

3. Dapat Mempercepat Jarak Tempuh Perjalanan

Bagi masyarakat modern, kecepatan dan ketepatan waktu merupakan hal yang sangat penting. Jarak tempuh perjalanan yang sebelumnya memerlukan tenaga dan waktu yang banyak kini dapat teratasi dengan bantuan kendaraan bermotor. (baca : manfaat menggunakan pertamax )

4. Membuat Anda Lebih Hemat

Anda akan memperoleh keuntungan dengan memiliki kendaraan bermotor sendiri karena pengeluaran relatif lebih sedikit dibandingkan anda menggunakan transportasi umum. Akan tetapi memilih jenis kendaraan yang sesuai fungsi dan masuk pada kategori hemat juga perlu anda pikirkan terlebih dahulu.

5. Sebagai Tolak Ukur Keberhasilan

Kepemilikan beberapa jenis kendaraan bermotor nyatanya dipandang sebagai sebuah tolak ukur seberapa suksesnya seseorang. Fenomena ini memang sudah ada pada pandangan masyarakat terhadap karir.

6. Menunjukan Status Pemiliknya

Selain melihat dari segi fungsi dan kebutuhan dari pemilik kendaraan, nyatanya jenis kendaraan bermotor juga sangat diperhatikan dari segi harga dan nilai estetika didalamnya. Kendaraan yang mewah tentu hanya dimiliki oleh beberapa kalangan dengan status tertentu.

7. Prestise dan Ajang Sosialisasi

Kendaraan bermotor akan menimbulkan rasa bangga bagi pengendara atau pemiliknya. Selain itu terdapat juga komunitas yang terbentuk dari pemilik kendaraan bermotor tertentu. Klub atau komunitas ini merupakan sekumpulan orang yang mempunyai minat dan rasa suka pada jenis kendaraan bermotor tertentu. Hal ini tentu saja bisa menjadi ajang sosialisasi yang menyenangkan.

Nah setelah kita tau mengenai manfaat kendaraan bermotor. Masih banyak juga informasi mengenai kendaraan bermotor yang tak banyak di ketahui oleh semua manusia. Berikut adalah penjelasannya :

Dampak Negatif Penggunaan Bermotor

Kendaraan bermotor merupakan terobosan masyarakat modern yang dimanfaatkan untuk membantu aktivitas manusia. namun disisi lain kendaraan bermotor ini juga mempunyai dampak negatif dari segi ekonomi pemicu isu pemanasan global dalam waktu dekat ini. Berikut beberapa dampak negatif dari sebuah kendaraan bermotor : 


1. Asap kendaraan bermotor dan polusi udara

Segala jenis kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar minyak pada mesin pembakaran dalam pasti akan menimbulkan asap. Knalpot nantinya akan mengeluarkan asap yang dapat membuat udara terkontaminasi. Selain itu, polusi yang terhirup akan menumpuk zat negatif bagi tubuh. Setelah kadar ambang batas polusi yang mengendap didalam tubuh meningkat maka hal tersebut akan memicu munculnya penyakit tertentu.


2. Meningkatnya angka kematian akibat kecelakaan

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan kendaraan bermotor juga menjadi penyebab utama meningkatnya angka kematian. Kecelakaan ini dapat disebabkan oleh human error (kesalahan manusia) atau pelanggaran lalu lintas. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya gunakan kendaraan bermotor dengan bijak dan taati peraturan lalu lintas yang ada.


3. Kendaraan Bermotor Penyebab Kesenjangan Sosial

Kepemilikan dari suatu atau beberapa jenis kendaraan bermotor tentu saja meningkatkan prestise pemiliknya. Namun disisi lain terdapat kesenjangan bagi kalangan yang tidak mampu untuk memiliki kendaraan bermotor tersebut karena terhalang faktor ekonomi. Bahkan akibat kesenjangan sosial dan rasa prestise tersebut, marak terjadi aksi kriminal seperti pencurian yang sangat meresahkan belakangan ini.


4. Efek Negatif nya Terhadap Lingkungan

Dari segi kesehatan tentu saja polusi yang berasal dari asap kendaraan bermotor dapat membahayakan kesehatan tubuh. Berikut dampak dari asap kendaraan bermotor :

  1. Asap yang terhirup akan mengganggu sistem pernafasan dan kesehatan paru – paru
  2. Ancaman pemanasan global akibat lapisan ozon yang semakin menipis
  3. Proses fotosintesis tumbuhan menjadi terganggu
  4. CO yang berasal dari asap kendaraan bermotor akan membuat kadar oksigen di bumi menjadi semakin menurun.


Fungsi Kendaraan Bermotor dari Aspek Otomotif

Kendaraan bermotor mempunyai fungsi sebagai sarana berpindah dari satu tempat ketempat lain dan digunakan untuk mengangkut manusia bahkan barang sesuai kebutuhan. Seperti yang kita ketahui bahwa otomotif merupakan bagian dari kendaraan yang mempunyai jumlah roda sesuai klasifikasinya tersendiri. Terdapat beberapa bagian dari aspek otomotif seperti mesin yang berfungsi sebagai body kendaraan dan sumber tenaga untuk menggerakkan kendaraan nantinya. Selanjutnya pada bagian body atau badan kendaraan juga dibagi lagi menjadi dua bagian yakni :

  • Bagian Interior – Bagian interior merupakan bagain yang terdapat didalam kendaraan nantinya. Didalam bagian ini meliputi ruang kemudi, ruang perlengkapan, dan ruang penumpang.
  • Bagian Eksterior – Bagian eksterior merupakan bagian yang terdapat diluar kendaraan bermotor pada klasifikasi tertentu.

Jenis dan Klasifikasi Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor merupakan rangkaian peralatan teknik yang dapat menggerakan mesin tersebut sehingga dapat berfungsi secara maksimal. Setiap kendaraan bermotor mempunyai roda yang dapat berjalan di darat. pada umumnya rupa atau bentuk dari kendaraan bermotor ini mempunyai wujud yang sangat mirip bahkan sama. Hanya saja dalam hal klasifikasi dari kendaraan bermotor ini sangat bervariasi dan tergantung pada kebijakan negara tertentu. Pada umumnya jenis kendaraan bermotor diklasifikasikan menjadi tiga golongan, yaitu : 


1. Kendaraan Ringan atau KR

Kendaraan Ringan merupakan jenis kendaraan yang mempunyai empat roda pada posisi depan, belakang, kanan, dan kiri masing – masing satu roda. Jenis kendaraan ini pada umumnya berupa beragam mobil pribadi, mobil sport bahkan kendaraan yang digunakan sebagai pengangkut penumpang deengan kapaasitas sedang seperti bus, mikro, oplet, pick – up, angkot, bahkan truk mikro. (baca : manfaat roda)


2. Kendaraan Berat atau KB

Pada umumnya kendaraan jenis berat ini digunakan sebagai sarana transportasi dengan kapasitas penumpang yang banyak. Selain digunakan sebagai sarana transportasi bagi penumpang, kendaraan berat ini juga biasa digunakan untuk membawa atau mengangkut barang dengan kapasitas yang besar. Jenis kendaraan yang diklasifikasikan sebagai kendaraan berat yakni bus tingkat dan truk besar.


3. Sepeda Motor

Kendaraan jenis ini mempunyai dua roda pada posisi depan dan belakang yang dapat bergerak dengan tenaga mesin. Sepeda motor merupakan jenis kendaraan yang paling terjangkau dari segi biaya karena harganya yang murah dibandingkan dengan jenis kendaraan lainnya. Selain itu, biaya operasional dan perawatan mesinnya juga relatif sedikit. Beberapa faktor tersebut menyebabkan sepeda motor sangat diminati oleh masyarakat sebagai sarana transportasi.


Kategori Kendaraan Bermotor di Indonesia

Berdasarkan peraturan yang ada dinegara Indonesia, kategori kendaraan bermotor dibagi sesuai fungsinya seperti berikut :

  •  Kendaraan Bermotor Kategori – Yakni kendaraan yang mempunyai roda kurang dari empat dengan klasifikasi tertentu. Kendaraan bermotor kategori L ini dibagi lagi menjadi L1, L2, L3, L4, dan L5.
  •  Kendaraan Bermotor Kategori M – Yakni kendaraan yang mempunyai empat roda atau lebih dan pada umumnya dimanfaatkan sebagai angkutan penumpang.
  • Kendaraan Bermotor Kategori N – Yakni kendaraan yang mempunyai empat roda atau lebih dan pada umumnya dimanfaatkan sebagai angkutan barang.
  • Kendaraan Bermotor Kategori T – Yakni kendaraan yang mempunyai dua sumbu roda dan pada umumnya dimanfaatkan untuk menarik, menekan, mendorong atau menggerakkan mesin dan peralatan tertentu.
  • Kendaraan Bermotor Kategori G – Yakni kendaraan yang mempunyai fungsi khusus jika dibandingkan dengan kendaraan bermotor kategori lain. Pada umumnya kendaraan ini merupakan kendaraan bermotor off road dengan persyaratan dan kualifikasi tertentu.

 Saran

Diatas telah dipaparkan mengenai kendaraan bermotor dari jenis, kualifikasi serta manfaatnya dalam menunjang kinerja manusia.Setiap individu atau kelompok pasti mengejar karir sesuai tujuan dan cara masing – masing, akan tetapi perlu diingat bahkan tenaga manusia merupakan jenis tenaga yang terbatas. Untuk mengatasi hal tersebut manusia perlu memanfaatkan tenaga mesin dalam pengerjaan suatu produk.

Selain mempercepat jarak tempuh perjalanan namun pada waktu dan kondisi tertentu justru kendaraan bermotor dapat menghambat aktivitas akibat terjebak kemacetan. Volume kendaraan bermotor yang sangat berlebih ini juga menyebabkan beberapa dampak negatif lainnya. untuk itu, sebaiknya kita menggunakan kendaraan bermotor dengan bijaksana dan sesuai dengan kebutuhan demi menghindari perilaku konsumstif yang memicu dampak buruk lainnya.

Nah berikut adalah penjelasan mengenai manfaat kendaraan bermotor serta informasi lainnya mengenai kendaraan bermotor. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. 

, ,
Oleh :
Kategori : Teknologi