8 Manfaat Padi Ungu Sebagai Bahan Pangan

Padi ungu atau dikenal juga dengan nama padi Black Madras adalah varian padi asal Jepang yang daun dan batangnya berwarna ungu tua. Varietas padi ini sangat berbeda dengan yang biasa ditanam oleh petani seperti IR, Inpari, Ciherang atau Kebo, padi varietas lokal. Padi ini pertama kali dibudidayakan di daerah Madras, India sebagai hasil persilangan padi Basmati dan padi hitam lokal India. Padi ini kemudian berkembang pesat di Korea dan Jepang sebagai padi penghasil nasi sehat. Pada awalnya padi tumbuh berwarna hijau seperti biasa, tetapi pada umur tanam dua minggu sampai 40 hari warnanya berubah menjadi ungu. Masa panennya sama saja dengan padi varietas lain, begitu juga dengan cara perawatannya tidak ada yang berbeda.

Keunggulan Padi Ungu

Ciri padi Black Madras bisa dilihat dari daun dan batangnya yang berwarna ungu kehitaman, daun benderanya tegak, bulir padi hijau dengan beras berwarna putih kilap, tumbuh di daratan setinggi 20 m – 1000 m diatas permukaan laut (mdpl). Tinggi tanamannya sekitar 75 – 110 cm, dan tidak mudah patah tetapi rasa nasinya tawar dan kurang pulen. Kelebihan dari padi ungu yaitu:

  • Manfaat padi ungu Black Madras bisa didapatkan karena ketahanannya terhadap penyakit kresek atau yang dikenal dengan hama klowor kerdil rumput. Ketahanan padi ungu ini terhadap serangan mencapai tahap biotip 2.
  • Padi ungu juga mudah ditanam dan dirawat karena tahan dari berbagai jenis hama terutama hama wereng yang enggan memangsanya karena aroma serta warnanya yang berbeda. Padi juga tahan dari hama burung karena warna daunnya yang ungu tua dan daun benderanya yang tegak melindungi dari serangan burung. Begitu juga terhadap hama tikus yang tidak mau mendekati padi tersebut.
  • Kelebihan varietas ini untuk pertanian juga merupakan varietas yang tidak membutuhkan banyak biaya bagi perawatannya karena memerlukan penggunaan pupuk yang sangat minim. Contohnya, menanam padi ungu di Banyumas hanya menggunakan 75 persen NPK dan tanpa urea bisa menghasilkan 6,65 ton per hektar, diatas rata – rata produksi padi pada umumnya. Di daerah yang bukan sentra produksi padi tersebut, biasanya produksi padi hanya berkisar 4 ton per hektar.
  • Manfaat padi dan kelompoknya dari padi ungu bisa didapatkan dari kadar gula buah atau fruktosa yang rendah dan mengandung vitamin B1, B2, B12 serta vitamin C tinggi yang baik untuk kesehatan. [AdSense-B]

Kegunaan Padi Ungu

Padi ungu ini sebenarnya sudah cukup lama ditanam oleh para petani di Indonesia, tetapi rasanya tidak pulen seperti varietas lainnya dan tidak termasuk kategori padi unggulan sehingga tidak disukai kebanyakan orang. Tetapi ada beberapa manfaat padi ungu tersendiri yang dapat menambahkan nilai pada varietas ini.

  1. Manfaat padi ungu bisa digunakan sebagai sumber energi yang bagus dengan kandungan karbohidrat yang lumayan tinggi dan cocok untuk kebutuhan harian. Kandungan kainnya seperti mneral, vitamin dan unsur gizi lainnya yang akan mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh sebagaimana manfaat padi hitam.
  2. Selain untuk pertanian padi ini juga dikembangkan sebagai tanaman hias. Jika ditanam di pekarangan, padi ini sangat baik untuk dijadikan hiasan rumah sebagaimana di luar negeri yang menjadikan manfaat padi ungu sebagai tanaman hias berharga mahal.
  3. Padi ungu kaya akan kandungan antioksidan serta vitamin A dan C yang berperan penting sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Serat yang dihasilkan beras dari padi ungu juga dapat melindungi dari kanker usus dan kanker kolorektal.
  4. Manfaat beras ungu mengandung kandungan minyak dedak beras sehingga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ada juga manfaat jamur jerami padi dan manfaat abu sekam padi.
  5. Beras ungu juga dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan masker wajah untuk meremajakan kulit, mengelupas kulit mati, dan mendinginkan luka radang.
  6. Manfaat padi ungu juga berasal dari kandungan fenolik, senyawa flavonoid, vitamin C dan A yang sangat berperan untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus dan bakteri.
  7. Padi ungu ini mengandung zat amilase yang rendah sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Dengan kadar glikemik yang rendah, beras yang dihasilkan cocok untuk penderita obesitas dan diabetes.
  8. Padi ungu berkadar serat tinggi sehingga bisa membuat cepat kenyang. Manfaat sungai bagi petani dan manfaat air dalam bidang pertanian sangat penting sebagai sumber pengairan yang akan membantu panen padinya berhasil. [AdSense-C]

Manfaat padi ungu sudah mulai banyak ditanam antara lain di Banyuwangi dan Indramayu serta di daerah Jawa Tengah seerti Kabupaten Purworejo. Namun pemerintah kurang menyarankan para petani untuk menanamnya karena konon produktivitas yang dihasilkan masih rendah dan rasa beras kurang enak. Padi ungu ini digunakan untuk pembatas pada area penelitian dan menjadi sumber genetik untuk pemuliaan, tetapi belum diperuntukkan untuk tanaman konsumsi. Karena itulah varietas padi ungu sebenarnya belum direkomendasikan sebagai tanaman konsumsi berdasarkan rekomendasi pemerintah, sehingga benihnya tidak dirilis ke pasaran. Walaupun demikian, tindakan petani menanam padi ungu sudah tentu tidak mendapatkan larangan dan hanya diberikan edukasi mengenai seluk beluk padi ungu tersebut.