5 Manfaat Minyak Tanah Untuk Kulit yang Tidak Banyak Orang Tahu

Di zaman dahulu semua jenis bahan yang ada di rumah bisa digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, termasuk minyak tanah yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Di samping minyak tanah digunakan untuk mendapatkan manfaat kompor untuk kehidupan, minyak tanah dahulu dipercaya sebagai obat kulit.

Bahkan hingga sekarang di beberapa daerah masih ada yang mempercayai dan menggunakan minyak tanah untuk mengobati penyakit yang dideritanya. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat minyak tanah untuk kulit yang tidak banyak diketahui orang, yaitu:

1. Membantu mengurangi rasa gatal

Salah satu khasiat dari minyak tanah yang bisa dimanfaatkan adalah seperti manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan kulit, yaitu untuk membantu mengatasi gatal-gatal di kulit. Gatal bisa disebabkan karena gigitan serangga, kondisi lingkungan atau lainnya dipercaya bisa diatasi dengan mengoleskan secara tipis dan merata minyak tanah pada bagian kulit yang gatal secara teratur sampai gatal mereda.

2. Meredakan peradangan kulit

Kulit yang meradang biasanya akan terasa panas dan memerah, yang bisa disebabkan karena efek iritasi atau alergi terhadap lingkungan dan lain sebagainya. Minyak tanah yang memiliki efek panas bisa membantu meredakan radang karena memiliki sifat anti inflamasi atau anti radang. Untuk menggunakanmanfaat minyak tanah untuk kulit ini dapat dioleskan pada kulit yang muncul kemerahan atau tanda lainnya tipis saja.

3. Menghilangkan kotoran membandel di kulit

Saat melakukan pekerjaan berkaitan dengan bahan-bahan seperti lem atau harus memegang angus atau kerak hitam gosong, noda bisa melekat di kulit dan susah dihilangkan dengan air atau sabun saja. Seperti halnya dengan manfaat minyak kelapa bagi kesehatan, minyak tanah bisa digunakan untuk membantu membersihkan kulit dari noda lem atau angus yang susah dihilangkan dengan mudah. Gunakan untuk menggosok bagian kulit secukupnya, sebelum dibilas dengan air dan sabun sampai bersih.

4. Menyamarkan bekas luka di kulit

Memiliki noda bekas luka tentunya bisa mengurangi kecantikan kulit, apalagi jika berada di bagian kulit yang mudah dilihat bisa sangat mengganggu penampilan. Sama dengan manfaat minyak zaitun untuk kecantikan, minyak tanah dapat membantu memudarkan bekas luka secara alami. Cara ini sejak dulu sudah digunakan, yaitu dengan mengoleskan minyak tanah pada bekas luka sambil dipijit pelan dengan gerakan memutar secara teratur.

5. Mengurangi pembengkakan kulit

Dengan sifat anti inflamasinya, minyak tanah tidak hanya meredakan peradangan namun juga bisa membantu mengurangi pembengkakan di kulit. Minyak tanah jika dioleskan pada kulit bengkak yang bisa disebabkan karena keseleo atau lainnya secara tipis merata, perlahan bisa mengurangi besarnya bengkak. Dengan khasiat ini, minyak tanah bisa menenangkan jaringan di bawah kulit yang menyebabkan bengkak secara efek perlahan bisa mengurangi besarnya bengkak. Dengan khasiat ini, minyak tanah bisa menenangkan jaringan di bawah kulit yang menyebabkan bengkak secara efektif tif.

Di samping beberapa manfaat minyak tanah untuk kulit yang bermasalah, orang di zaman dahulu di samping menggunakan manfaat minum air hangat juga sering meminum minyak tanah untuk menyembuhkan sakit perut dan lain sebagainya. Nah, sebaiknya hindari metode ini, karena manfaat ini tidak terbukti secara ilmiah dan bisa mengancam kesehatan bahkan nyawa jika terus dilakukan. Untuk kulit sebaiknya juga digunakan tipis saja, karena jika dipakai berlebihan juga bisa menimbulkan iritasi kulit lainnya. Demikian informasi mengenai berbagai manfaat dari penggunaan minyak tanah untuk meredakan masalah kulit.

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan