11 Manfaat Minum Teh Tawar Hangat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Teh sudah menjadi salah satu minuman penting yang dikonsumsi sejak ribuan tahun lalu dan sudah menjadi budaya di beberapa negara dunia. Teh banyak dikonsumsi karena rasanya yang nikmat namun juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh terutama jika diminum tanpa tambahan gula dan dalam keadaan hangat. Teh mengandung sumber antioksidan sangat tinggi dan mengandung kafein lebih sedikit dibandingkan dengan kopi sehingga tidak terlalu keras untuk organ dalam tubuh. Ada begitu banyak kandungan di dalam teh yang sangat berguna bagi tubuh seperti katekin, flavanol, karbohidrat, substansi pektin, alkaloid kafein, klorofil, protein, asam amino, asam organik, substansi resin, substansi mineral, enzim dan beberapa jenis vitamin seperti manfaat vitamin C, K, A, B1, B2 dan E. Begitu banyak kandungan dalam teh tersebut yang membuat manfaat minum teh tawar hangat juga sangat berlimpah seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

  1. Mencegah Diabetes

Dari beberapa bukti yang diperoleh dari penelitian terungkap jika minum teh tawar hangat sangat baik untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2 sehingga sangat disarankan menjadi minuman harian tidak hanya untuk penderita diabetes namun juga sebagai pencegahan diabetes. Selain itu, dalam teh juga mengandung catechin dan polisakarida yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah.

  1. Mencegah Radang Sendi

Minum teh tawar hangat juga sangat baik dilakukan oleh wanita dewasa lebih tua yang 60% lebih memungkinkan mengembangkan rheumatoid arthritis dibandingkan dengan wanita yang tidak minum teh. Untuk itu minum teh sangat disarankan untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi karena radang sendi, asam urat dan berbagai jenis peradangan lainnya.

  1. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Meski kopi dan juga teh memiliki efek yang sama untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, namun dalam teh tawar hangat memberi tambahan berupa H2O murni sehingga minum teh hangat tanpa ditambahkan dengan gula bisa mengganti hilangnya cairan dalam tubuh karena berkeringat yang tentu juga menjadi solusi kecantikan kulit karena bisa menghidrasi kulit anda.

  1. Menurunkan Risiko Kanker dan Tumor

Dari berbagai penelitian juga menunjukkan jika minum teh tawar hangat yang dilakukan secara rutin juga sangat baik diminum sebagai solusi kanker seperti kanker paru paru, kanker payudara dan juga kanker prostat sehingga pastikan anda setidaknya minum satu cangkir teh tawar hangat setiap hari untuk pencegahan kanker.

  1. Menguatkan Kekebalan Tubuh

Minum satu cangkir teh tawar hangat setiap hari juga sangat baik untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam penelitian membandingkan aktivitas kekebalan terhadap peminum kopi dan juga teh terbukti jika seseorang yang minum teh tawar hangat memiliki daya tahan tubuh yang lima kali lipat lebih banyak dari peminum kopi.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Jika anda memiliki metabolisme tubuh yang lambat sehingga juga menghambat proses penurunan berat badan anda, maka minum teh tawar hangat bisa dijadikan solusi terbaik seperti yang diberikan manfaat teh daun sukun. Minum teh bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga anda bisa membakar antara 70 hingga 80 kalori lebih banyak per hari dibandingkan jika tidak minum teh.

  1. Melindungi Tulang

Dalam penelitian di Australia dibuktikan jika seseorang yang minum teh tawar hangat dengan teratur akan memiliki tulang lebih kuat sehingga bisa menurunkan risiko osteoporosis karena kandungan katekin dalam teh yang sangat tinggi. Selain itu dalam penelitian yang berbeda juga dibuktikan jika minum teh dengan teratur bisa membantu meningkatkan pembentukan tulang yang sehat.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Minum teh tawar hangat tidak hanya bisa membantu anda tetap terjaga, namun ternyata juga bisa meningkatkan fungsi otak sehingga anda bisa lebih pintar. Kandungan kafein dalam teh dikenal sebagai stimulan yang meski tidak sebanyak kopi namun sudah cukup untuk meningkatkan respon tanpa perlu menyebabkan efek gelisah yang biasanya terjadi ketika minum terlalu banyak kafein. Kandungan kafein dalam teh nantinya akan memblokir neurotransmiter penghambat bernama adenosine sehingga konsentrasi norepinefrin dan dopamine bisa meningkatkan fungsi otak, memperbaiki mood, meningkatkan kewaspadaan dan juga memori.

  1. Meningkatkan Pembakaran Lemak

Apabila anda lebih memperhatikan daftar bahan yang bisa ada di suplemen penambah lemak, maka sebagian suplemen tersebut menggunakan teh sebagai bahan dasarnya sebab teh sudah terbukti ampuh untuk meningkatkan pembakaran lemak sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh. Dalam sebuah studi bahkan dibuktikan jika minum teh tawar hangat juga bisa menambah sumber energi dalam tubuh sehingga proses pembakaran lemak juga semakin banyak.


  1. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Katekin dalam manfaat teh tawar hangat bisa membunuh banyak bakteri dan menghambat virus seperti influenza sekaligus berguna untuk menurunkan risiko infeksi. Minum teh tawar hangat yang dilakukan secara teratur bisa membunuh bakteri berbahaya pada mulut bernama strepticoccus penyebab pembentukan plak dan salah satu penyebab utama dari gigi berlubang.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke merupakan penyakit penyebab kematian terbesar di dunia. Dalam sebuah studi memperlihatkan jika kandungan dalam teh bisa menurunkan risiko kedua penyakit berbahaya ini termasuk menurunkan kolesterol tinggi dan trigliserida. Minum teh hangat tanpa tambahan gula secara dramatis bisa meningkatkan sumber antioksidan dalam tubuh sehingga bisa terlindungi dari kolesterol jahat karena oksidasi yang menjadi penyebab utama dari penyakit jantung.

Dapatkan manfaat minum teh tawar hangat setiap hari dengan cara setidaknya minum satu cangkir teh setiap hari yang memiliki banyak efek positif untuk tubuh anda. Jadikan teh ini sebagai minuman sehari hari anda mengingat begitu banyak manfaat yang ditawarkan dalam teh dan bahkan jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan minum kopi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Minuman
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.