Manfaat Makan Kencur Mentah Tiap Hari Yang Belum Banyak Diketahui

Kesehatan merupakan salah satu harta paling berharga dari tubuh manusia yang harus selalu dijaga setiap saat. Hal ini dikarenakan kesehatan yang baik dapat menjadikan setiap aktivitas yang dijalani tubuh berlangsung dengan lancar dan adanya permasalahan kesehatan dapat menyebabkan produktivitas seseorang berkurang bahkan kondisi tertentu bisa mengancam nyawa. Menjaga kesehatan belakangan ini menjadi salah satu trend yang mulai disadari melalui aktivitas pola hidup sehat.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dalam membantu menjaga kondisi kesehatan mulai dari olahraga, konsumsi makanan sehat dan bergizi, menjaga pola tidur, hingga memanfaatkan beberapa ramuan herbal yang melimpah disekitar kita. Salah satu jenis herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tersebut adalah kencur. Berikut penjelasan mengenai manfaat makan kencur mentah tiap hari yang perlu diketahui setiap orang dalam penjelasan dan uraian di bawah ini.

Mengenal Kencur

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat kencur yang dikonsumsi dalam keadaan mentah setiap hari maka lebih baik memahami terlebih dahulu terkait apa itu kencur dan kandungan di dalamnya. Pemahaman terkait kencur ini perlu untuk diketahui agar lebih mudah memahami manfaat kesehatan yang ada. Kencur merupakan salah satu jenis bumbu dapat yang dapat dengan mudah diperoleh dan seringkali sangat mudah ditemui di dapur berkelompok bersama dengan rempah rempah lainnya.

Meskipun mudah untuk ditemukan, kencur sering kali sulit dibedakan dengan empon empon lain seperti kunir dan jahe, maupun temu putih. Tanaman kencur dimanfaatkan sebagai salah satu stimulan karena kandungan minyak atsiri dan alkaloidnya. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Kaempferia galanga L. dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah maupun pegunungan. Selain mengandung minyak atsiri seperti sineol, asam anisat, borneol, dan lainnya, ada juga beberapa kandungan senyawa kimia penting lain di dalam kencur diantaranya seperti pati, mineral, dan gom.

Manfaat Makan Kencur Mentah Tiap Hari

Dari penjelasan yang disampaikan diatas, ada beberapa kandungan penting di dalam kencur yang memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Bahkan beberapa orang mengkonsumsi kencur setiap hari untuk memperoleh manfaat yang lebih baik. Konsumsi kencur secara mentah setiap hari dapat dilakukan dan tidak menimbulkan efek samping berarti selama dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Berikut ini beberapa manfaat makan kencur mentah tiap hari yang diantaranya seperti :

  1. Menjaga kualitas suara

Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari konsumsi kencur mentah setiap hari adalah membantu menjaga kualitas suara. Manfaat kencur untuk suara ini dipercaya dan dilakukan oleh banyak penyayi ternama di Indonesia dan telah diakui oleh mereka seperti Fatin dan Ita Purnamasari. Kedua penyanyi tersebut menyatakan bahwa kualitas dari suara merdu yang dimilikinya tidak berubah dan tetap terjadi ketika mengkonsumsi kencur mentah setiap hari bahkan untuk Ita sebagai penyayi yang sudah cukup berumur menyatakan bahwa suaranya tidak berubah sejah dulu hingga sekarang.

  1. Menjaga kesehatan tubuh

Konsumsi kencur mentah setiap hari juga dapat membantu menjaga kualitas kesehatan tubuh serta meningkatkan kemampuan daya tahan atau imunitas tubuh. Kencur juga dipercaya mampu mengatasi beberapa jenis gejala penyakit yang sering kali diderita diantaranya seperti :

  • Batuk, kandungan minyak atsiri di dalam kencur dapat membantu dalam mengatasi batuk sebagai salah satu gejala penyakit yang sangat sering dialami oleh setiap orang. Kencur dapat membantu melegakan kondisi tengorokan dan memang sudah menjadi salah satu pengobatan traditional yang sudah dikenal sejak dulu. Efek positif ini sama dengan manfaat kunyit untuk batuk.
  • Diare, diare merupakan kondisi dimana seseorang mengalami buang air besar dengan frekuensi yang lebih banyak dan konsistensi yang lebih cair. Diare dapat disebabkan oleh infeksi bakteri dan salah satu sifat kencur adalah herbal antibakteri yang dapat membantu mengasi kondisi diare tersebut.
  • Pilek, pilek juga termasuk salah satu jenis gejala penyakit yang dapat dibantu pengatasanya dengan ramuan kencur maupun kencur mentah.

  1.  Menghilangkan stres

Kandungan kencur yang memilik banyak minyak atsiri di dalamnya memiliki manfaat yang berhubungan dengan kondisi psikologis seseorang. Minyak atsiri tersebut dapat memberikan efek stimulan yang akan menjadi salah satu cara dalam mengatasi stres. Selain itu, beberapa minyak atsiri tersebut juga memiliki sifat antidepresan yang dapat memberikan kondisi relaksasi pada sistem saraf untuk dapat lebih menenangkan kondisi seseorang yang stres sama seperti manfaat kelengkeng.

  1. Menjaga stamina

Manfaat lainnya yang dapat diperoleh ketika mengkonsumsi kencur mentah setiap hari adalah membantu dalam menjaga kondisi stamina. Dengan konsumsi kencur tersebut maka seseorang tidak akan mudah lelah dan lebih kuat dalam menjalani setiap aktivitas yang terjadi sepanjang hari. Efek positif ini sangat berhubungan dengan manfaat wedang asem.

Itulah beberapa manfaat makan kencur mentah tiap hari yang perlu diperhatikan dan diketahui oleh setiap orang dalam kaitannya mendukung kondisi kesehatan. Adanya manfaat yang disebutkan tersebut menjadikan beberapa public figure melakukan aktivitas konsumsi kencur setiap hari.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal