19 Manfaat Melon Golden Untuk Kesehatan, Ibu Hamil dan Pria

Melon merupakan buah yang masuk ke dalam jenis labu labuan dengan citarasa segar dan kaya akan air. Ada cukup banyak varietas buah melon yang tersebar di seluruh dunia seperti contohnya Sky Rocket dengan daging buah tebal, tahan penyakit dan manis, Action 434 yang sangat manis dan tahan lama, New Action yang merupakan jenis buah melon baru dan manis, Early Dew yang besar dan manis serta Golden Melon dengan warna kuning pada bagian kulit dan daging dengan rasa yang sangat manis dan cukup populer di Indonesia. Untuk kesempatan kali ini, secara khusus kami akan mengulas manfaat melon golden yang sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, ibu hamil dan masih banyak khasiat lainnya dari buah melon golden.

Artikel terkait:

  1. Menyembuhkan Penyakit Ginjal

Dalam buah melon golden memiliki sifat diuretik yang sangat baik untuk proses penyembuhan penyakit ginjal sehingga sangat baik dikonsumsi setiap hari khususnya saat pagi sehingga kesehatan ginjal bisa tetap terjaga dengan baik.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Berbagai masalah pencernaan yang terjadi di dalam usus bisa diatasi dengan mengkonsumsi melon golden. Melon golden memiliki kandungan air yang sangat tinggi sehingga akan melancarkan gerakan usus halus serta melancarkan buang air besar. Sedangkan kandungan mineralnya berguna untuk menghilangkan tingkat keasaman tinggi yang sering menjadi penyebab masalah pencernaan khususnya pada organ perut.

  1. Memproduksi Energi

Melon golden ini juga mengandung vitamin B yang cukup tinggi. Vitamin B ini memiliki peran sebagai sumber produksi energi dalam tubuh. Vitamin B dalam melon golden nantinya akan digunakan untuk mengolah gula dan juga karbohidrat dari asupan makanan anda sehingga akan menjadi sumber energi tinggi untuk aktivitas sehari hari.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan karotenoid tinggi yang terdapat dalam melon golden sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit ganas yakni kanker seperti menurunkan resiko kanker paru paru. Mengkonsumsi melon golden secara teratur sangat efektif dalam mencegah dan membunuh bibit kanker yang menyerang tubuh anda.


  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Melon golden mengandung antikoagulan yang dinamakan adenosine. Kandungan ini berguna untuk menghentikan pembekuan sel darah yang menjadi penyebab stroke dan penyakit jantung lainnya. Melon golden akan menurunkan resiko penyakit jantung dengan cara memperlancar dan mengencerkan darah di dalam tubuh. Sementara kandungan air tinggi dalam buah ini akan memberikan efek menenangkan yang berguna untuk mengurangi rasa mulas.

  1. Menurunkan Berat Badan

Salah satu jenis buah yang sangat baik dikonsumsi dalam program menurunkan berat badan adalah melon golden. Jenis melon ini memiliki kandungan sodium dan kalori yang rendah serta bebas kolesterol serta lemak. Kandungan air didalamnya akan membuat perut kenyang lebih lama sementara rasa manis alaminya akan mengontrol keinginan anda untuk mengkonsumsi makanan yang manis.

Artikel terkait:

  1. Menyehatkan Kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi beberapa penyakit, namun melon golden juga mengandung kolagen yang berguna untuk menjaga integritas struktur sel pada semua jaringan ikat termasuk pada kulit. Mengkonsumsi melon golden akan mempercepat proses penyembuhan luka sekaligus mempertahankan kesehatan kulit seperti masalah kulit kasar dan kering.


  1. Anti Penuaan Dini

Salah satu jenis melon ini juga akan meratakan warna kulit sekaligus sebagai anti penuaan dini karena kandungan vitamin A, vitamin B dan juga vitamin C. Selain dikonsumsi, anda juga bisa menggunakan melon golden sebagai masker yakni dengan cara meletakkan irisan buah pada wajah dan leher lalu diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Melon golden merupakan sumber beta karoten yang kemudian akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan proses pertumbuhan rambut. Sedangkan kandungan vitamin B yakni asam folat serta inositol berguna untuk mencegah kerontokan rambut sekaligus menguatkan rambut anda.

  1. Mengurangi Rasa Mual dan Muntah

Wanita dalam masa kehamilan seringkali tidak merasa nyaman pada trimester pertama karena tubuh akan mengalami proses perkembangan hormon alami untuk menjaga kesehatan janin sehingga seringkali menimbulkan rasa mual khususnya di pagi hari. Wanita hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi melon golden sebanyak 1 iris setiap hari sehingga bisa mencegah rasa mual dan muntah.

  1. Mencegah Dehidrasi

Kandungan air tinggi dalam melon golden akan sangat berguna untuk menunjang proses metabolisme di dalam tubuh. Untuk anda yang senang berolahraga atau wanita dalam masa kehamilan akan mengalami kekurangan cairan dalam tubuh. Kandungan air sehat di dalam buah ini akan menggantikan air mineral yang sudah hilang sehingga dehidrasi bisa dicegah.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Dalam setiap 100 gram buah melon golden mengandung 15 mg kalsium yang sangat penting untuk menunjang proses pembentukan tulang serta gigi. Dengan mengkonsumsi buah ini setiap hari, maka kesehatan tulang dan gigi bisa tetap terjaga dengan baik.

  1. Mencegah Diabetes

Diabetes bisa terjadi disaat seseorang terlalu banyak makan makanan yang manis dan merupakan salah satu penyakit genetik atau turunan. Namun, meskipun anda tidak memiliki riwayat keluarga yang menderita diabetes, bukan berarti anda akan terhindar dari diabetes. Kandungan air dan juga gula dalam melon golden sangat baik untuk menyeimbangkan kandungan berbahaya dalam asupan makanan anda sekaligus membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Artikel terkait:

  1. Sumber Likopen

Selain tomat, melon golden juga menjadi sumber likopen tinggi. Likopen merupakan senyawa aktif yang sangat baik dalam membunuh sel kanker sekaligus menurunkan resiko kanker serta hati sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi sesering mungkin.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Dalam melon golden juga mengandung antioksidan flavonoid seperti beta karoten, zea xanthin, lutein dan juga cryptoxhantin yang akan melindungi sel dan struktur tubuh dalam menangkal radikal bebas berbahaya. Antioksidan tinggi dalam buah ini akan mencegah berbagai jenis kanker seperti usus, payudara, prostat, hati dan juga paru paru sehingga sangat baik dikonsumsi setiap hari.

  1. Menyembuhkan Sakit Perut

Sakit perut umumnya terjadi karena makanan yang dikonsumsi. Melon golden bisa menjadi solusi nikmat untuk menyembuhkan sakit perut tersebut karena kandungan airnya sebanyak 90 persen. Selain meredakan sakit perut, melon golden juga berguna untuk mengatasi masalah pada lambung.

  1. Menjaga Tekanan Darah Normal

Melon golden mengandung banyak kalium yang berguna untuk menjaga tekanan darah supaya tetap normal. Kandungan alami dalam melon golden ini akan membantu dalam pencegahan kerusakan sistem tekanan darah di dalam tubuh anda.

  1. Mencerahkan Wajah

Jenis buah melon ini sangat baik dikonsumsi khususnya untuk wanita sebab bisa memberikan tampilan wajah cerah secara alami karena kandungan tinggi air didalamnya. Selain itu, melon golden juga akan membersihkan sisa sel kulit mati pada wajah dan tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi dalam bentuk smoothies, jus dan berbagai jenis olahan lainnya.


  1. Mencegah Impotensi

Dari penelitian yang dilakukan di Inggris memberikan bukti jika melon golden memiliki kandungan asam amino bernama citruline yang akan menghasilkan arginin. Arginin ini nantinya akan berguna untuk melancarkan aliran darah ke organ seksual pria. Arginin akan bekerja sebagai stimulator untuk melancarkan peredaran darah sehingga akan terhindar dari disfungsi ereksi yang dikenal dengan nama impoten.

Artikel terkait:

Salah satu jenis buah melon dengan kulit berwarna kuning cerah dan daging buah berwarna kuning pucat ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik di konsumsi anak anak sampai dewasa baik itu pria dan juga wanita. Perbanyak konsumsi buah ini supaya bisa mendapatkan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh sehari hari.

, , ,
Post Date: Sunday 24th, September 2017 / 07:29 Oleh :
Kategori : Buah Buahan