30 Manfaat Daun Nangka Landa untuk Kesehatan

Manfaat daun nangka landa bagi kesehatan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Daun Nangka Landa juga dikenal dengan daun sirsak. Nangka landa dapat dimanfaatkan mulai dari buah, batang hingga daunnya. Nangka landa merupakan sebutan yang berasal dari bahasa jawa.

Nangka landa ( Anonna muricata L), daun nangka landa mengandung acetoginin, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, fruktosa dan karbohidrat. Daun nangka landa dapat dijadikan sebagai tanaman obat dan sangat bermanfaat sebagai obat dalam maupun obat luar.

Manfaat daun nangka landa untuk kesehatan diantaranya adalah:

1. Mengobati Asam Urat

Gejala nyeri yang diakibatkan oleh asam urat pada sendi-sendi di jari tangan, pergelangan kaki, jari kaki dan lutut dapat disembuhkan dan dikurangi dengan meminum rebusan daun nangka landa. Berbeda dengan manfaat nangka untuk cacar air Gunakan 15 lembar daun nangka landa dengan merebusnya  menggunakan 3 gelas air hingga menyisakan satu gelas air, minum secara rutin untuk membantu mengatasi nyeri akibat asam urat.

2. Mengatasi Sakit Pinggang

Lain hal dengan manfaat timun dan jeruk nipis terkadang sakit pinggang membuat aktivitas menjadi terganggu, sulitnya bergerak merupakan salah satu efek yang ditimbulkan. Gunakan daun nangka landa sebagai obat luar yakni dengan menumbuk daun nangka landa sebanyak 15-20 lembar kemudian campurkan dengan tumbukan bawang putih kemudian oleskan pada bagian yang sakit lakukan secara rutin untuk mengurangi rasa sakit.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan antioksidan pada manfaat belimbing madu juga dimiliki daun nangka landa dimana keduanya menghasilkan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Buat ramuan nya dengan menggunakan 5 lembar daun nangka landa direbus dengan empat gelas air hingga menyisakan satu gelas. Minum secara rutin setiap hari agar memperoleh hasil yang maksimal.

4. Mengatasi Infeksi

Infeksi dapat disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan parasit. Kandungan vitamin C pada daun nangka landa mampu menjadi antioksidan paling baik dan efisien dalam menghadapi berbagai resiko serangan virus maupun bakteri. Berbeda dengan manfaat air kelapa untuk darah tinggi vitamin C tidak diproduksi dalam tubuh, dimana kandungan vitamin C diperoleh dari asupan makanan yang dikonsumsi.

5. Mengatasi Rematik

Rematik memang tidak dapat disembuhkan, tetapi nyeri akibat sakit pada persendian dapat dikurangi dengan menggunakan bahan-bahan alami salah satunya ialah dengan mengkonsumsi air rebusan daun nangka landa.

6. Mengobati Eksim

Eksim merupakan penyakit kulit yang mengakibatkan pembengkakan, kemerahan pada kulit, hingga rasa gatal yang sangat mengganggu. Pada sebagian kasus, rasa gatal dan kemerahan pada eksim akan mengakibatkan luka mengalami lepuh dan mengeluarkan air, hal ini berarti eksim sudah mengalami iritasi. Gunakan daun nangka landa sebagai obat oles dengan menumbuk atau memblender 10 lembar kemudian usapkan pada bagian eksim biarkan hingga mengering lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

7. Mengobati Bisul

Bisul merupakan penyakit kulit. Berbeda dengan manfaat makan lidah buaya mentah mengobati bisul dapat dilakukan dengan mengoleskan daun nangka landa halus yang telah ditumbuk maupun di blender

8. Meredakan Nyeri

Meredakan nyeri pada persendian tubuh dapat dilakukakan dengan mengkonsumsi rebusan daun langka landa yang dikombinasikan dengan jahe.

9. Membasmi Parasit dalam Tubuh

Parasit merupakan salah satu sumber penyalit selain virus, bakteri dan jamur. Parasit dapat ditemukan dari berbagai jenis makanan kaleng. Berbeda dengan manfaat makan granola berbagai nutrisi yang diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi seharusnya dapat dicerna dengan baik oleh tubuh, akan tetapi parasit cacing akan mengambil nutrisi yang masuk kedalam tubuh tersebut, hal ini mengakibatkan tubuh kekurangan gizi dan nutrisi yang bermanfaat. Daun nangka landa dapat anda konsumsi sebagai rebusan guna mencegah serangan parasit, konsumsi secara rutin guna mempertahankan keseimbangan dan kesehatan tubuh.


10. Mengatasi Panas akibat Demam

Selain pengobatan yang ditangani oleh dokter dengan menggunakan bahan-bahan kimia seperti paracetamol dan ibuprofen , demam juga dapat diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami salah satunya ialah dengan mengkombnasikannya dengan bawang merah, tumbuk hingga tercampur rata dan oleskan keseluruh tubuh.

11. Meningkatkan Nafsu Makan

12. Mengatasi Kejang

13. Menghambat Tumor

14. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

15. Menjaga Kesehatan Jantung

16. Menghambat Penyebaran Virus

17. Merilekskan Otot Tubuh

18. Menjaga Tekanan Darah Tinggi

19. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

20. Mengatasi Inflamasi

21. Mengobati Wasir

22. Menstabilkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

23. Mengatasi Sesak Napas

24. Menstabilkan Kadar Gula Darah

25. Melancarkan Sirkulasi Darah

26. Menceagah Munculnya Mutasi Genetik

27. Mengurangi Sress

28. Meningkatkan Kesuburan

29. Menghilangkan Kutu Rambut

30. Membantu Meningkatkan Kadar ASI pada Ibu Hamil

Itulah berbagai manfaat buah nangka landa, anda dapat membuat ramuannya guna mengatasi berbagai masalah dan gejala penyakit yang menyerang, tetap konsultasikan kesehatan secara rutin guna menghindari kemungkinan penyakit yang lebih serius. Semoga bermanfaat.

,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan