6 Manfaat makanan pahit untuk Kesehatan Pencernaan

Manfaat makanan pahit sudah banyak diketahui masyarakat. Makanan pahit yang berasal dari sayur-sayuran dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan. Sebagian orang menghindari dan tidak menyukai makanan dengan rasa pahit. Makanan pahit yang sering kita jumpai diantaranya yaitu daun pepaya, bunga pepaya, daun sambiloto, pare, sawi, dan masih banyak yang lainnya . Meskipun memiliki rasa pahit sayur-sayuran tersebut juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berbagai manfaat makanan pahit yang dapat kita rasakan bagi tubuh diantaranya sebagai berikut :

1. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Di dalam tubuh kita memerlukan zat tertentu untuk memproses pencernaan makanan yang kita makan, zat tersebut dapaat di temukan dalam beberapa makanan yang berasa pahit. Berbeda dengan manfaat kecap ikan dengan memakan makanan pahit dapat membantu untuk meningkatkan produksi enzim yang ada di dalam tubuh untuk mencerna makanan sehingga makanan yang kita makan akan cepat diserap oleh tubuh kita.

2. Mencegah diabetes

Untuk makanan yang pahit khususnya pare mempunyai zat antidiabetes yang terdapat di dalam bijinya. layaknya manfaat bunga air mata ibu secara tidak langsung dapat mengobati dan mencegah penyakit diabetes.

3. Menurunkan berat badan

Makanan pahit yang dikonsumsi dapat membantu perempuan yang ingin melakukan diet, hal ini disebabkan karena rasa pahit yang terkandung dalam makanan tersebut menyebabkan rasa malas untuk mengkonsumsi makanan yang lainnya sehingga dapat berfungsi untuk menurunkan berat badan.

4. Mengandung mineral dan vitamin yang tinggi

Berbeda dengan manfaat belimbing madu yang manis, kandungan mineral dan vitamin yang terkandung di dalam makanan yang pahit lumayan banyak contohnya saja yang terdapat di dalam buah pare didalam buah pare terdapat vitamin C, vitamin A, vitamin K, magnesium kalium dan kalsium.

5. Detoksifikasi Racun pada Hati

Berbeda dengan manfaat daun nangka landa mengkonsumsi makanan pahit dapat membantu hati untuk menghilangkan racun di dalam tubuh atau detoksifikasi. Fungsi dari liver atau hati adalah membuang racun di dalam tubuh.dengan demikian dapat membantu kinerja hati untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh kita.

6. Kecantikan

Sebagian besar wanita menyukai hal hal yang berkaitan dengan kecantikan. Namun masih banyak yang belum mengetahui jika di sisi lain makanan pahit terdapat manfaat untuk kecantikan kulit dan tubuhnya. Misalnya saja makanan pahit yaitu buah pare dibalik rasanya yang pahit ternyata bisa membantu kita untuk menyembuhkan luka yang ada apada tubuh kita misalnya saja bekas luka kebakaran, bekas luka kecelakaan, bekas luka bekas cacar dan bekas luka yang lainnya.


Berbeda dengan pengolahan manfaat timun dan jeruk nipis cara menggunakan buah pare untuk mengobati bekas luka yang membandel yaitu dengan membersihkan pare terlebih dahulu, kemudian buah pare tersebut dihilangkan biji nya lalu dipotong kecil kecil atau sesuai selera selanjutnya diblender hingga halus, setelah halus baru kita saring buah pare tersebut untuk mendapatkan sari pare. Kemudian siapkan botol bekas, boleh botol bekas parfum atau yang lainnya lalu ambil kurang lebih setengah isi dari botol tersebut lalu kita tambahkan dengan minyak zaitun kurang lebih 2 sendok dan aloevera gel secukupnya. Selanjutnya kocok dan semprotkan ramuan tersebut setiap 2 kali dalam sehari.

Berbagai manfaat makanan pahit diatas semoga menjadi salah satu alasan tetap menyukai dan mengkonsumsinya sebagai solusi kesehatan yang alami, tetap konsultasikan kesehatan anda secara rutin untuk menghindari berbagai penyakit dikemudian hari. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan